Kroto di kios burung kosong? Bobol saja tabungan dari penangkaran semut

Dalam beberapa hari terakhir ini kroto atau larva dan pupa semut rangrang (Oecophylla) sulit didapat di pasaran. Hal itu disebabkan hujan deras terus mengguyur wilayah Surakarta (Solo dan sekitarnya). Padahal di rumah ada 6 burung yang perlu mendapat suplai kroto minimal 3 kali sepekan. Ya, mau tidak mau saya membobol “tabungan” dari penangkaran semut di belakang rumah. Lumayan untuk suplai sementara menunggu tersedianya kroto di kios pakan burung.

kondisi kroto ketika sedang akan saya panen

Kondisi kroto di media penangkaran ketika sedang akan saya panen

Sebenarnya, saya masih sayang untuk memanen kroto di penangkaran semut rangrang yang saya tempatkan di sebuah ruangan di belakang rumah. Sebab, meski sudah beranak-pinak, semut di penangkaran itu masih harus saya kembangkan terlebih dahulu agar semakin banyak jumlah media penangkarannya. Minimal untuk mengisi media lain yang sudah saya siapkan tetapi belum saya isi bibit.

Tetapi karena tujuan saya memelihara atau menangkar semut memang untuk pasok pakan burung di rumah, meski masih sayang, saya panen juga beberapa media untuk pemenuhan kebutuhan burung-burung di rumah.

Kesulitan dalam mendapatkan kroto di pasaran naga-naganya tidak hanya terjadi di Solo dan sekitarnya. Hampir di semua wilayah Indonesia yang sudah mendapat guyuran hujan, kroto sulit didapat. Hal itu bisa dimengerti karena para pemetik kroto di hutan malas berangkat kalau harus berhujan-ria. Kroto yang didapat pun, kalau mereka berangkat, tentu kotor dan basah.

Kesegaran kroto basah hanya bisa bertahan beberapa jam saja. Dan tentunya pemetik kroto tidak mau menanggung risiko menyetorkan kroto basah dan kotor ke para pengepul kroto.

Jadi memang begitulah untungnya kalau kita menangkar sendiri semut di rumah. Hasil budidaya semut rangrang, atau penangkaran semut rangrang, adalah kroto yang kering dan bebas dari berbagai kotoran seperti putik bunga tanaman atau kaki belalang dan beragam kotoran lain sebagaimana sering kita temukan jika membeli kroto di kios pakan burung.

Anda tertarik menangkar sendiri?

Kalau Anda tertarik menangkar semut atau budidaya semut penghasil kroto, silakan Anda bergabung dalam pelatihan penangkaran semut.

Ya Anda bisa ikut pelatihan jarak jauh ataupun langsung penangkaran semut rangrang (Oecophylla) penghasil kroto di lahan sempit metode media transparan dan media semi gelap.

Efektif dan efisien:

  • Memperkenalkan dua metode penangkaran dengan tabung transparan dan tabung gelap.
  • Tidak memakan tempat (hanya dengan lahan 0,5 m x 1 m dan menggunakan rak bersusun) bisa menghasilkan kroto segar 500 – 1000 gram per hari.
  • Tidak perlu media pohon/tanaman.
  • Modal peralatan murah (bahkan bisa memanfaatkan barang bekas/ limbah)
  • Bisa melakukan pembibitan sendiri.
  • Bisa dipanen sesuai perencanaan/ tidak tergantung cuaca.
  • Menghasilkan kroto segar yang bersih.
  • BONUS: METODE PENANGKARAN SEMI ALAM (REKAYASA PENANGKARAN GABUNGAN METODE ALAMIAH DAN RUMAHAN).

Metode pelatihan:

  • Pada dasarnya, pelatihan ini bersifat online, yakni  para peserta akan dikirimi materi pelatihan berupa VCD penangkaran mulai dari media tangkar, pembibitan, perawatan dan pemanenan serta panduan tertulis yang mudah dipahami dan dipraktekkan. Sebelum itu, jika ada alamat email, akan dikirim juga panduan dalam bentuk word-document/PDF, serta link ke video penangkaran beserta password-nya.
  • Bisa datang mendaftar dan mengikuti kursus langsung di Griya Kicau, Ngabeyan RT 03 RW 02 Kartasura, Sukoharjo. Untuk memahami pembibitan sampai pemanenan hanya perlu waktu setengah hari.
  • Untuk praktek di rumah masing-masing peserta, bisa dilakukan konsultasi bimbingan melalui melalui email, SMS, atau telepun langsung dengan Om Kicau, admin krotosemut.com dan omkicau.com (Hobi Burung Kicauan, Penangkaran dan Agrobisnis).

Biaya:

Untuk pelatihan online dan/atau offline (langsung) ini dipungut kontribusi sebesar Rp. 390.000/peserta.

Cara mendaftar:

Pendaftaran bisa dilakukan melalui beberapa cara:

1. Melalui Transfer Bank

Transfer uang Rp. 390.000 ke Mandiri Kartasura a.n. Ardiastuty 138 000 7057 065 atau BCA KARTASURA A.N ARDIASTUTY 393 0266 174. Setelah itu SMS-kan informasi pengiriman ke nomor 0853 2728 6699 atau 085 727391224.

SMS berisi pemegang rekening pengirim, dikirim ke rekening apa (BCA atau Mandiri), kirim 390rb untuk pelatihan penangkaran semut, nama dan alamat lengkap peserta pelatihan.

Contoh format SMS: Mandiri a.n Gilang ke Mandiri Ardiastuty, kirim 390rb untuk pelatihan penangkaran semut, Gilang Ngabeyan RT 03 RW 02 No 09, Kartasura Sukoharjo 57165.”

2. Melalui setor tunai ke bank.

Setorkan uang Rp. 390.000 ke bank mana saja, untuk rekening Mandiri Kartasura a.n. Ardiastuty 138 000 7057 065 atau BCA KARTASURA A.N ARDIASTUTY 393 0266 174. Setelah itu SMS-kan pengiriman ke nomor 085 7273 91224 atau 0853 2728 6699.

SMS berisi waktu penyetoran, bank tempat uang disetor, nama penyetor, ke rekening apa (BCA atau Mandiri), jumlah uang dan untuk keperluan apa, nama dan alamat lengkap peserta pelatihan.

Contoh format SMS: “Senin 15/Des dari Bank Jateng oleh Gilang ke Mandiri Ardiastuty, 390rb untuk pelatihan penangkaran semut, Gilang Ngabeyan RT 03 RW 02 No 09, Kartasura Sukoharjo 57165.”

3. Melalui Kantor Pos/ Wesel Elektornik

Datang ke loket Kantor Pos, minta jasa pengiriman wesel elektronik, setorkan uang Rp. 390 rb plus ongkos wesel elektronik. Tuliskan nama penerima wesel “Ardiastuty, Ngabeyan RT 03 RW 04 Kartasura, Sukoharjo 57165″.

Anda akan diberi nomer PIN dan NTP wesel oleh Pihak Kantor Pos. Setelah itu SMS-kan pengiriman ke nomor 085 7273 91224 atau 0853 2728 6699.

SMS berisi nomer PIN dan NTP yang diberikan pihak Kantor Pos, keperluan pengiriman, nama dan alamat lengkap peserta pelatihan.

Contoh format SMS: “NTP.5768154097681 Pin: 123, 390rb untuk pelatihan penangkaran semut, Gilang Ngabeyan RT 03 RW 02 No 09, Kartasura Sukoharjo 57165.”

4. Datang langsung ke rumah

Duto Sri Cahyono, Ngabeyan RT 03 RW 02 Kartasura, Sukoharjo 57165. Alamat mudah dicapai karena dekat jalan raya utama, sekitar 100 m sebelah utara perempatan Pasar Kartasura (arah Bandara Adisumarmo). Dari arah selatan (perempatan timur Pasar Kartasura) pada sekitar 100 m di kiri (barat) jalan ada Gang Masjid Almakmur. Masuk mentok sampai halaman masjid, lalu belok kiri (selatan). Rumah kedua di kiri jalan (depan bengkel mobil) adalah rumah saya.

Syarat dan Ketentuan:

  1. Dengan mendaftarkan diri mengikuti pelatihan, peserta dianggap setuju untuk tidak menyebarluaskan metode penangkaran sebagaimana disampaikan selama mengikuti palatihan dan foto-foto atau materi lain yang disertakan di dalamnya, kecuali dengan pemberitahuan resmi kepada Tim Semut – Om Kicau.
  2. Dengan mendaftarkan diri, peserta dianggap setuju membayar denda sebesar Rp. 500 juta jika melalui penelusuran bersama pihak kepolisian/ aparat yang berwenang terbukti secara sengaja membocorkan materi yang disampaikan dalam pelatihan, baik untuk mendapatkan keuntungan materi ataupun pemberian secara sukarela kepada pihak lain.
  3. Hal-hal yang belum diatur, akan ditambahkan kemudian sesuai urgensi dan keperluan kelancaran pelatihan.

Pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan calon pendaftar dan penjelasannya:

1. Apakah ada biaya tambahan selain Rp. 390.000 ketika mendaftar?

Jawab: Tidak ada.

2. Berapa lama VCD dan panduan tulis akan dikirim setelah peserta mentransfer biaya pelatihan jarak jauh?

Jawab: Paling lambat sehari setelah transfer biaya dilakukan pada hari kerja. Jika transfer dilakukan Sabtu, VCD dan panduan tulis dikirim hari Senin.

3. Untuk pelatihan langsung di Kartasura, kapan bisa dilaksanakan?

Jawab: Setiap saat calon peserta menginginkan dan/atau disesuaikan dengan jadwal Tim Pelatihan.

4. Apakah biaya sebesar Rp. 390.000 termasuk bibit semut?

Jawab: Tidak. Peserta akan diberitahu cara/ metode melakukan pembibitan yang relatif mudah.

5. Apakah peserta bisa mendapatkan bibit semut dari Tim Pelatihan? Berapa harganya?

Jawab: Bisa, harga tergantung kondisi/umur bibit. Bisa dibicarakan ketika sudah menjadi peserta.

6. Jadi berapa modal untuk menangkarkan semut jika bisa melakukan pembibitan sendiri?

Jawab: Sekitar Rp. 200.000. Untuk jawaban lengkap, bisa dilihat di artikel ini: Berapa modal menangkar semut untuk hasilkan kroto 1-2.5 ons per hari? (klik saja)

7. Apakah ada jaminan bisa menangkarkan semut dan menghasilkan kroto setelah mengikuti cara-cara yang disampaikan melalui VCD dan panduan tertulis?

Jawab: Keberhasilan tergantung dari keseriusan peserta dalam menerapkan metode yang diberikan di dalam VCD dan panduan tertulis. Untuk metode penangkarannya sendiri, 100% valid dan teruji.

Sama seperti halnya menangkar jangkrik, burung, ayam dan sebagainya, yang metodenya sudah teruji, namun keberhasilan tergantung keseriusan peserta dalam menjalankan usaha penangkaran.

Ada yang berhasil, ada yang setengah berhasil, dan ada yang tidak berhasil dengan berbagai alasan, baik teknis (kesalahan dalam penanganan tahap demi tahap penangkaran) maupun non-teknis (kemalasan, keengganan, ketidaksabaran).

8. Apakah dalam pelatihan ini ada bantuan untuk pemasaran hasil kroto peserta?

Jawab: Tidak ada karena kebutuhan kroto di berbagai kota masih tidak bisa terpenuhi dan karenanya pemasaran kroto bukan hal sulit bagi penghasil kroto. Pada saat yang sama beberapa kota, dimulai dari Karanganyar, sudah melarang perburuan kroto/semut rangrang untuk konsumsi burung atau ikan.

Info dan pertanyaan lebih lanjut, silakan kirim SMS ke Om Kicau di 0853 2728 6699.

Pengumuman untuk peserta yang telah terdaftar

Diumumkan untuk para peserta yang telah terdaftar sebelum tanggal 22 Oktober 2011, saat ini Anda bisa melihat video terbaru penangkaran media transparan yang karenanya memudahkan kita mengontrol kondisi perkembangan semut di dalam media tersebut.

Link atau alamat URL untuk melihat video tersebut adalah http://omkicau.com/2011/05/15/video-penangkaran-semut/ dan dilindungi kata sandi. Untuk mendapatkan kata sandi, kirim SMS ke 085727391224 (bukan yang 085327286699) dengan menyebutkan nama dan alamat lengkap yang digunakan ketika mendaftar serta tulisan “password”.

Di dalam artikel itu juga ada sarana download panduan terbaru penangkaran semut dengan media transparan. Di dalamnya, disampaikan temuan dalam perkembangan penangkaran semut. Antara lain, wadah media berupa rak bersusun, masalah pencampuran semut dari koloni yang berbeda, pakan semut, kemudahan dalam pembibitan (lebih efektif dan efisien dibanding metode yang sudah pernah kami sampaikan); serta sekilas informasi tentang penangkaran semut semi alami.

Jika Anda menemui kendala teknis penangkaran, silakan Anda masuk mengikuti diskusi di link ini: Halaman Diskusi Peserta (klik saja). Halaman ini juga dilindungi password. Untuk mendapatkan pasword, lakukan hal yang sama dengan di atas, yakni kirim SMS ke 085727391224 (bukan yang 085327286699) dengan menyebutkan nama dan alamat lengkap yang digunakan ketika mendaftar serta tulisan “password”.

Kalau Anda berkenan bersilaturahmi sembari melihat penangkaran Om Kicau di Ngabeyan Kartasura, sangat-sangat dipersilakan. Tidak ada biaya tambahan. Namun ya mohon maaf kalau kami hanya bisa menyajikan sekadar air putih penghapus dahaga.

Kami tunggu semangat Anda untuk terus mencoba dan mengembangkan penangkaran semut yang telah Anda rintis.

Salam Hormat

Om Kicau

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

Cari cepat artikel di omkicau.com, silakan ketikkan kata kunci pada kolom pencarian di sini.

Cek artikel-artikel penting yang kami rekomendasikan:

Navigasi Utama:

Find us on Google+

About these ads

24 pemikiran pada “Kroto di kios burung kosong? Bobol saja tabungan dari penangkaran semut

  1. bos saya minat sama hasil kroto nya. per on berapa ? kalau cocok saya ambil berapapun sanggup. di tempat saya kroto hutan 13rb/ons. di tempat saya sentra ternak jalak suren. agus sriyana – jimbung, klaten

  2. 5f ,numpang cari ilmu
    cara menang karkan sirtug mana y , dan ukuran kandang y ukuran sederhana . Mohon pengamatan para ahli penangkaran burung.
    Trim’s

  3. klw di jakarta cuaca’y cocok gak bwt m’nangkar semut ini.trus krn pmukiman padat apakh nanti’y semut ini tdk silaturahmi ke kamar2 tetangga??? stiap hr sabtu-minggu pncinta burung sllu brebut kroto dg mancing mania.ane bosen jd pgawai, mudh2n aj bsa jd usaha sampingan bahkan pnghasilan utama.tlng pncerahannya om.syukron….

Om dan Tante, tanya masalah burung? Gunakan Halaman Curhat. Mohon maaf karena keterbatasan waktu dan ilmu jika banyak pertanyaan yang tidak/belum terjawab. Terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s