Permasalahan seputar telur dan piyik kenari

Penangkaran burung kenari bisa dijadikan mata pencaharian utama maupun sampingan. Namun, seperti halnya penangkaran jenis burung lainnya, diperlukan kesabaran dan keuletan dalam menjalankan usaha ini. Tidak sedikit penangkar kenari, khususnya pemula, yang akhirnya menghentikan usahanya karena merasa kesulitan melewati tahap awal, yaitu hatching dan nestling. Hatching berkaitan dengan telur dan pengeraman / penetasan telur. Adapun nestling terkait dengan piyikan atau anakan yang baru menetas.

kenari mengeram

INDUK KENARI SEDANG MENGERAMI TELURNYA

Berikut ini beberapa masalah yang yang sering dialami pemula dalam penangkaran kenari, terutama berkaitan dengan telur dan piyik, sekaligus mendeteksi penyebabnya:

.

.

+Burung tidak mau kawin / tidak mau berpasangan

Penyebab dari masalah tersebut antara lain :

  • Kedua induk yang dipasangkan kemungkinan berjenis kelamin sama: jantan x jantan atau  betina x betina. Jadi, pastikan dulu kedua induk masing-masing jantan dan betina. Bagi yang belum tahu, silakan baca kembali artikel Cara membedakan kenari jantan dan kenari betina.
  • Ada kemungkinan burung belum mencapai umur dewasa kelamin, baik salah satu atau kedua induk yang dipasangkan.
  • Salah satu atau kedua burung belum siap mental untuk kawin. Biasanya terjadi pada burung jantan yang usianya lebih muda daripada burung betina.
  • Merasa takut atau tidak nyaman akibat dari gangguan dalam pencahayaan kandang, lingkungan yang bising, dan sering dilalui orang (pengaruh eksternal)
  • Burung mengalami masalah gizi, baik gizi buruk maupun obesitas yang berlebihan.
  • Burung mengalami gangguan hormonal. Bisa burung betina (bisa diatasi dengan EstroBird), bisa juga terjadi pada burung jantan (bisa diatasi dengan TestoBird).
  • Burung dalam kondisi sakit.
  • Burung memiliki cacat fisik atau mengalami penyakit keturunan (hereditary).
  • Burung mengalami gangguan dalam sistem reproduksi selain faktor hormonal (amankan gangguan ini dengan BirdMature).
  • Terlalu sering dikawinkan dalam satu musim.

Jika kondisinya masih bisa diatasi, Anda bisa menggunakan solusi seperti disebutkan di atas. Tetapi pada beberapa kasus, misalnya cacat fisik, atau belum mencapai umur dewasa kelamin, solusi terbaik adalah mengganti burung bermasalah dengan burung baru.

Pastikan pula kondisi lingkungan kandang mendukung. Usahakan kandang tidak berada di ruang tertutup, dan suhu udara diusahakan relatif stabil. Di dalam kandang perlu disediakan bahan penyusun sarang agar burung terpacu untuk kawin.

Kembali ke MENU ARTIKEL

.

+Burung sudah kawin, tapi tidak kunjung bertelur

Penyebab dari masalah tersebut antara lain :

  • Kemungkinan burung bukan sepasang atau sama jenis kelaminnya. Ketika keduanya terlihat rukun dan akrab, Anda mengiranya jantan dan betina, tapi ternyata berjenis kelamin sama. Silakan cek kembali artikel mengenai ciri jantan dan betina.
  • Gairah kawin rendah, baik induk betina, induk jantan, maupun keduanya.
  • Burung betina yang mengalami gangguan dalam sistem reproduksinya.

Untuk dua kondisi yang disebutkan terakhir, Anda bisa menggunakan BirdMature (BMR), dan lihat efeknya sekitar 1-2 minggu kemudian. Fungsi utama BMR adalah meningkatkan fertilitas dan menormalkan fungsi reproduksi burung. Tetapi dampaknya juga dapat dirasakan oleh piyik yang dihasilkannya, karena anakan akan memiliki daya tahan tubuh yang jauh lebih bagus, menormalkan sistem kekebalan tubuh piyikan, serta menyempurnakan pertumbuhan bulu burung.

Kembali ke MENU ARTIKEL

.

+Burung sudah bertelur, tetapi infertil

Penyebab dari masalah tersebut antara lain :

  • Kualitas sel sperma burung jantan kurang baik, terutama pada burung yang baru beberapa pekan mencapai umur dewasa kelamin.
  • Ukuran tubuh salah satu burung terlalu besar untuk pasangannya, baik jantan maupun betinanya.
  • Kuku dari burung jantan mungkin terlalu panjang, sehingga menyakiti burung betina saat melakukan ritual kawin, sehingga betina selalu berontak. Bagaimana cara memotong kuku burung, silakan buka kembali artikel Tips aman memotong kuku burung.
  • Kloaka dari induk betina dan jantan tidak melekat dengan erat, akibat terhalang bulu-bulu kecil di sekitar kloaka mereka. Sebagaimana burung jantan pada umumnya, kenari tidak memiliki penis untuk mengawini betina. Saat kawin, jantan hanya menempelkan kloakanya ke kloaka betina. Saat itulah sperma pejantan masuk ke saluran reproduksi betina. Sel sperma bisa memancar dengan baik jika kloaka kedua induk saling menempel dengan rapat. Kloaka kedua burung tidak akan menempel rapat jika terlalu banyak bulu di sekitar kloaka jantan, atau betina, atau keduanya. Cobalah periksa kloaka dari kedua induk yang sudah dijodohkan. Jika banyak bulu-bulu halus, silakan pangkas hati-hati menggunakan gunting kecil.
  • Burung jantan yang dalam kondisi tidak sehat atau kekurangan gizi, sehingga menjadi kurang subur. Hal ini bisa diatasi dengan BirdMature (BMR).
  • Burung dalam kondisi mabung. Solusinya ya tunggu dulu sampai selesai mabung.

Kembali ke MENU ARTIKEL

.

+Telur fertil, tetapi gagal menetas

Penyebab dari masalah tersebut antara lain :

  • Ada kalanya telur yang gagal menetas adalah karena penangkar sering mengangkat burung betina dari sarangnya, atau selalu “mengganggu” betina saat mengerami telur-telurnya. Gangguan dari binatang lain seperti tikus, kucing, serangga, suara berisik (polusi suara), bau gas, atau bau yang tidak menyenangkan (polusi udara), atau adanya burung lain di sekitar sarang, juga harus dihentikan secepatnya. Khusus untuk serangga seperti kutu, nyamuk, semut, tungau maupun parasit lainnya bisa diatasi dengan FreshAves.
  • Telur kurang mendapat kehangatan selama masa inkubasi (pengeraman). Bisa karena jumlah telur yang dierami terlalu banyak, atau induk sering keluar dari sarangnya.
  • Kulit telur retak, misalnya karena tergores kuku burung yang panjang. Celah kecil pada kulit telur sudah bisa membunuh embrio di dalamnya. Selain retak, telur juga berpotensi pecah karena gerakan spontan dari induk saat kaget atau ketakutan.
  • Telur yang sudah terinfeksi bakteri dari luar. Beberapa jenis bakteri seperti Salmonella dapat menembus kulit telur hingga masuk ke dalam telur. Untuk menghindari kemungkinan buruk seperti ini, taburkan serbuk FreshAves di bawah sarang. Lakukan ketika induk sedang keluar dari sarang untuk makan atau minum.
  • Kesalahan dalam pemberian makanan, misalnya terlalu kering atau terlalu lembab.
  • Penyakit keturunan yang mempengaruhi perkembangan janin dalam telur.

Kembali ke MENU ARTIKEL

.

+Burung sudah bertelur, tetapi telur rusak

Telur yang rusak ada kalanya disebabkan oleh keracunan gas seperti karbondioksida (CO2) maupun gas beracun lainnya seperti hydrocarbon atau chlorinated. Gas-gas ini akan menempel dalam cangkang telur dan menyebabkan kerusakan di dalam telurnya.

Kembali ke MENU ARTIKEL

.

+Sebagian besar telur menjadi busuk

Telur busuk adalah proses di mana isi dari telur tersebut telah membusuk setelah masa inkubasi. Beberapa penyebab telur membusuk antara lain kurangnya masa inkubasi (pengeraman), embrio yang sudah mati di dalam telur karena terkena infeksi bakteri, kelainan genetik, ditelantarkan induk, makanan yang dikonsumsi induk kurang bergizi, dan beberapa sebab lainnya.

Kembali ke MENU ARTIKEL

.

+Sebagian besar embrio mati di dalam telur

Sudah dijelaskan dalam poin telur gagal menetas, telur rusak, dan telur busuk.

Kembali ke MENU ARTIKEL

.

+Anakan tidak bisa keluar dari cangkang telur

Penyebab dari masalah tersebut antara lain :

  • Kulit telur yang terlalu kering. Suhu rendah bisa menghambat penetasan. Anakan yang siap menetas tapi dalam kondisi lemah jelas  tidak dapat meretakkan cangkang telur dan  keluar pada waktunya, terutama jika cangkang terlalu tebal atau padat. Di sinilah Anda bisa memberikan bantuan dengan memecah cangkang telur, tapi harus hati-hati.
  • Adanya infeksi dan kekurangan gizi pada induknya.
  • Kepala anakan terjebak di bawah sayap kirinya, sehingga tidak bisa bergerak untuk menghancurkan kulit telurnya, dan akhirnya mati sebelum keluar dari telur.
  • Hal yang sama juga dialami oleh anakan yang kakinya berada di atas kepalanya.

Kembali ke MENU ARTIKEL

.

+Anakan lemah atau mati di dalam sarang

Penyebab dari masalah tersebut antara lain :

  • Kematian anakan bisa terjadi akibat kelalaian dari induknya, terutama induk muda yang masih belum berpengalaman.
  • Induk betina terkena penyakit atau mengalami sakit sehingga tidak merawat anak-anaknya sebagaimana mestinya.
  • Kesalahan dalam pemberian pakan.
  • Infeksi karena penyakit akibat kurang terjaganya kebersihan sarang.

Kembali ke MENU ARTIKEL

Itulah beberapa faktor penting yang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan penangkaran burung kenari, terutama pada tahap hatching dan nestling. Tapi jangan pernah pantang menyerah, bahkan penangkar yang sudah berpengalaman pun terkadang mengalami berbagai masalah dalam penangkarannya.

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, salam dari Om Kicau.

diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja).

Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini

There are 42 comments

  1. awa

    Numpang tanya 0m.minggu lalu kenari saya bertelur 4. Selang 3 hari saya liat telur nya pada gak ada 0m.bekans cangkangpun tak ada.kira2 knapa y

    1. Aries Munandi

      kemungkinan telur pernah terganggu oleh hewan lain misalnya cicak atau sarang yang terlalu sering dilihat jadi burung merasa terganggu sehingga mengabaikan telurnya, kemungkinan lain burung belum pengalaman (masih muda) dan masalah-masalah lain yang diluar dugaan om.

  2. didot88

    mau tanya ni om,, knapa kenariku ga mau bikin susuh di tarangan ya?? Padahal dia sdh bertelur di tarangan?? Apa penyebabnya ya om?? Terima kasih sblmnya….

  3. Atus kusdanarko

    Salam kicau om..
    kenari betina sy setelah mengeram selama 7hari telur fertil gagal menetas,, pertanyaan sy kapan waktu yg tepat/ selang berapa hari kenari betina dikawinkan lagi om,,? Terus apabila kenari betina kebanyakan kawin/ terlalu lama kawin bisa berpengaruh pada produksi betina?
    Mohon petunjuknya om…
    Terima kasih om kicau

  4. Atus

    Salam kicau om..
    kenari betina sy setelah mengeram selama 14hari telur fertil gagal menetas,, pertanyaan sy kapan waktu yg tepat/ selang berapa hari untuk dikawinkan lagi om,,? Terus apabila kenari betina kebanyakan kawin/ terlalu lama kawin bisa berpengaruh pada produksi betina?
    Mohon petunjuknya om…
    Terima kasih om kicau

  5. susanto

    om kico mu minta tolong ni ! Kenari saya udah nelor 5 biji trus sakit indukannya skrang dah sembuh sktar sebulan yg lalu ,knpa skrang gak mau bertelor lg ya om !

  6. Bela Ajja

    mau tanya ni om…
    kenari saya udah nelor , ada 3 telor…
    skrang sudah hari ke 16.. tetapi belum netes” juga om…
    itu knapa ya om.?? gagal apa tidak ya,, apa saya harus menunggu beberapa hari lagi..??
    kondisi betina setiap hari angkrem trus.. dalam 1 hari turun untuk makan bsa k’hitung,,
    itu knpa ya om.. ko gg netes”…? bingung abiss…
    mohon pencerahan’a om

  7. semut ireng

    om kn betina bisa dikawinkan lagi itu setelah anak kenari umur berapa hari, krn kn betina q sdh birahi / bikin sarang lagi ketika umur anaknya masih umur 20 hari…

    1. redaksiomkicau

      Setelah sapih anakan atau sekitar 1 bulanan, jika umur 20 hari sudah keluar sarang dan om bisa loloh anakannya tersebut malah bisa lebih bagus karena induka bisa segera produksi.

        1. redaksiomkicau

          umur 25 hari harusnya sudah bisa makan sendiri tapi tetap dipantau untuk memastikan apakah sudah bisa mandiri. Terapi jantan yang kurang ngisi bisa menggunakan Testo bird dan Birdmature.

  8. Arizky

    Ass kang sofyan slmt mlm, perkenalkan nm sy aris dr cipanas, sya termula-mula bgp kang numpang nanya mhn pncerahanya y kang. prtanyaanya
    1.kenari sy yg sdh akur 4hari dalam 1 kandang box ko blm kawin jg ya kang .(naikin betinanya) pdhl dri alat klamin kta sipeternak udah pda merah2 siapan. Trus sesekali sy mlihat mrka sdg kyak saling suap, trus brusan sya pisahkan sbntar untk d.jemur+d.mandikan sibetina kyk gelisah bgtpun jantan suara krilirik+gacor, pas sy satukan kembli mlh adem ayem, trus stelah d.msukan k.kandangya lg sy ksih bhan sarang sma sibetina gak d.bikin. Prtnyaan sy stu lg kang apa sya trus satukan trus sampai max 1 bulan dikandang boxnya gk mslh kan kang ?

  9. wernerbombom77

    Ijin tanya om.. Indukan knari sdh sring kawin dn perut sdh besar mtang bsa d blng ada isinnya tpi knpa tdk kunjung susun sarang om? Setiap d brikan sarang mlh d bongkar trus… Mohon blasannya om.. Mksih..

      1. lemot

        saya lemot, mau tanya om.. saya punya betina muda sudah bertelur dan menetas semua dua kali…tetapi setiap piyik usia 5 hari selalu mati…penyet ..solusinya bagaimana….om

    1. Hadi Pras

      Pengalaman Pribadi
      Memang indukan kenari setiap dibuatkan sangkar selalu di bongkar..
      tapi biarkan saja, nantinya jg pasti disusun sendiri & lebih bagus..
      karena punyaku sendiri seperti itu..
      buat master OM KICAU, kalau ada kesalahan mohon dibenarkan..
      TERIMA KASIH

  10. mas bond

    sorry om jika banyak tanya maklum pemula..
    om KN betina umur 8 blan sebaik’y di beri birdvit/birdmineral/birdmature untuk penangkaran (biar g mati lagi)…
    thanks om…

  11. Edi

    Waduh help me om .
    Saya mau tanya , telur kenari saya retak kayak titik tapi rada besar di cangkang nya kayak bolong sangat kecil. Telur sudah umur sembilan hari mau ke sepuluh hari. Dan embrio sudah kelihatan jelas sekali.
    Apakah. Akan menyebabkan kematian om pada embrio.
    ))waduh kalau sampai gagal saya nangis berat om..
    “om mohon di jawab om . Soal nya saya sudah sharing ke kicau mania yang lain gak ada yang di jawab om ..

    Trimakasih om.

Komentar ditutup.