Tips aman memotong kuku burung

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Umumnya ketika kuku burung sudah terlihat panjang, kita akan membiarkannya saja. Jika khawatir kuku panjang tersebut mengganggu aktivitas burung, atau untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan (misalnya kuku copot karena terkait jeruji / tangkringan sewaktu terbang atau melompat), Anda bisa melakukan pemotongan kuku. Namun harus dilakukan secara hati-hati, karena pada pangkal kuku terdapat jalur darah (hyponychium).

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

cara menggunting kuku burung
CARA MENGGUNTING KUKU BURUNG

Mengingat adanya jalur darah itulah, kita mesti hati-hati saat melakukan pemotongan kuku, terutama di bagian pangkal kuku. Bagian pangkal juga merupakan awal pertumbuhan kuku baru, sehingga sampai sampai ikut terpangkas, karena bagaimana pun kuku tetap berguna untuk burung.

Dengan perlakuan hati-hati, kita bisa melaksanakan pekerjaan sesuai tujuan (menghindari risiko cedera dan membuat burung lebih leluasa beraktivitas), sekaligus mencegah adanya pendarahan dan pembengkakan akibat kesalahan pemotongan kuku.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Berikut cara aman jika Anda ingin memotong kuku burung:

  1. Cuci dulu kedua kaki burung dengan sabun dan air bersih.
  2. Arahkan kuku burung di depan sumber cahaya. Dari situ nanti bisa kelihatan mana jalur darah yang berada di dalam kukunya tersebut.
  3. Dengan gunting kuku. atau gunting yang tajam, segera potong kuku panjang tersebut yang tidak teraliri jalur darah. Jadi carilah posisi beberapa milimeter (mm) dari jalur darah yang bisa kelihatan di bawah cahaya tadi.

Lalu bagaimana jika ingin memotong paruh burung? Masalah ini pernah ditulis omkicau.com, yang dikupas bersama dengan pemotongan kuku melalui metode lain. Silakan buka kembali artikelnya di sini.

Salam sukses dari Om Kicau.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

9 Comments

    • gak om. kalau kuku terlalu panjang justru merepotkan burung itu sendiri, selain resiko kaki bisa tersangkut atau tidak seimbang ketika bertengger karena kuku yang kepanjangan

  1. om mhn pncrahan’a dong.sya lg trnak KN skrng lg proses pengeraman cm sya bngung udh 4 hr mengerami ko bertelor lg pdhal udh d pshin dr jntan’a sjk prtma bertlor.yg mau sya tya klw d stuin tlor’a apa bs mntas & tdk pngaruh m yg lain soal’a yg trakhr bertlor’a tdk dlm srang’a om???

Komentar ditutup.