REKENING BERSAMA

Om Dwi Lovebird

Banyaknya keluhan adanya tindak penipuan dalam jual beli burung secara online, mendorong teman-teman mengusulkan adanya rekening bersama. Usulan itu bisa dilihat pada komentar-komentar di halaman Pasar Burung OmKicau.Com.

Saya awalnya memang tidak pernah berpikir tentang hal tersebut. Sebab, saya sekadar memberi fasilitas iklan antar penghobi untuk berjual-beli burung secara online. Ketika hal itu mulai terpikirkan, saya juga tidak kepikiran siapa yang mau memegang rekening bersama tersebut. Kalau saya pribadi, jelas tidak sanggup. Akhirnya….

Beberapa hari lalu Om Dwi Lovebird Jogja (klik saja kalau mau kenalan via FB) menyatakan sanggup untuk memegang rekening bersama itu. Istilah rekening bersama hanyalah untuk memudahkan penyebutan. Intinya, jika terjadi deal secara online jual beli burung, maka si pembeli mengirimkan uang ke rekening yang ditunjuk Om Dwi. Setelah, itu Om Dwi menginformasikan kepada penjual, bahwa uang sudah diterima dan si penjual segera mengirimkan barang sesuai kesepakatannya dengan pembeli.

Jika pembeli sudah menerima barang, dia harus segera menginformasikan ke penjual dan juga kepada Om Dwi. Setelah itu, barulah Om Dwi mentransfer uang dari pembeli kepada penjual.

Tidak mengikat

Namun perlu ditegaskan bahwa penggunaan rekening bersama ini tidak mengikat siapapun yang menjalankan transaksi bisnis secara online melalu Pasar Burung OmKicau.Com. Mau menggunakan jasa rekening bersama atau tidak, terserah kepada kesepakatan penjual dan pembeli.

Manfaat

Manfaat rekening bersama ini tentu saja sangat besar. Bagi penjual yang memanfaatkannya, akan menambah kepercayaan calon pembeli dan masyarakat online Pasar Burung. Bagi pembeli, dia akan merasa tenang dan yakin bahwa burung yang dia beli akan sampai ke tangannya. Beli burung cacakrowo dapat cucakrowo, bukan dapat cucak jenggot hehehe (ini sekadar mengutip istilah yang berkembang ketika ada diskusi wacana rekening bersama).

Nomer Rekening

Nomer rekening bank yang digunakan Om Dwi untuk menjadi rekening bersama:

Rekening Bank BCA:

BCA KC YOGYAKARTA, 0372848535 atas nama ELISABETH YUSHANTI

Rekening Bank MANDIRI:

MANDIRI KCP SLEMAN YOGYAKARTA, 1370004115933 atas nama YUSTINUS DWI WAHYUDI

Nomer telepun Om Dwi Wahyudi: +6285729406875


SYARAT DAN KETENTUAN:

1. Pemegang rekening bersama TIDAK WAJIB MENERIMA KOMPLAIN KONDISI BURUNG YANG DITERIMA PEMBELI, selama:

a. Jenis burung yang dikirim sesuai dengan pemberitahuan pembeli dan/ atau penjual. Misalnya murai batu, ya murai batu. Soal asal habitat burung dan kondisi lain, apakah sakit, jantan atau betina dan sebagainya, akan diabaikan pemegang rekening bersama dan UANG AKAN DIKIRIM KE PENJUAL.

b. Jika memang terjadi hal yang pelik, maka akan dicarikan mediasi sejauh bisa dilakukan. Jika mediasi paling lama 7 hari tetap tidak diperoleh kesepakatan, UANG AKAN TETAP DIKIRIM KEPADA PENJUAL.

Oleh karena itu, PASTIKAN BAHWA PENJUAL DAN PEMBELI SUDAH MEYEPAKATI SEMUA TERKAIT JUAL-BELI ONLINE, TERMASUK SEGALA HAL IKHWAL KONDISI BURUNG.

2. Untuk penggunaan rekening bersama ini akan dikenakan “fee kerepotan” dengan besaran sebagai berikut:

Harga Burung (Rp) Prosentase Fee (%)
1. 0 ≥ 1 juta 10
2. >1 juta ≤ 2 juta 9
3. >2 juta ≤ 3 juta 8
4. >4 juta ≤ 5 juta 7
5. >5 juta ≤ 6 juta 6
6. >6 juta ≤ 7 juta 5
7. >7 juta ≤ 10 juta 4
8. >10 juta 3 atau dibicarakan secara tersendiri

Siapa yang menanggung “fee kerepotan” ini diserahkan pada kesepakatan penjual dan pembeli. Yang jelas, uang yang ditransfer kepada pemegang rekening bersama, akan dikirimkan kepada penjual setelah dipotong besaran fee.

Tips/saran:

  1. Kepada penjual: Jangan menceritakan kondisi burung dengan “dilebih-baguskan” kepada calon pembeli karena sebagus apapun burung yang akan dijual, akan mengalami drop kondisi selama proses transportasi / pengiriman.
  2. Kepada pembeli: Jangan terlalu tinggi mengekspektasi kondisi / keadaan burung yang hendak dibeli karena alasan yang sama dengan point di atas, bahwa burung tentu mengalami drop kondisi selama proses transportasi / pengiriman.
  3. Burung makhluk bernyawa, banyak yang berkondisi labil, mudah berubah dan berulah baik karena pengaruh lingkungan atau perubahan cuaca, pola pakan dan pola perawatan. Pastikan semua hal itu dibicarakan sebelum terjadi deal transaksi burung secara online.

Salam rekber, salam dari Om Kicau.

Tentang iklan-iklan ini

12 Comments »

  1. om gimana tuh kalo waktu burung yang kita terima dalam keadaan mati entah itu mati diperjalanan apa ada asuransi nya. gimana duit yang udah dikirim apa dikembalikan ke pembeli atau tetap dikirim ke penjual..cuma usul ni om kalo bisa penyedia layanan rekber sebelum burung dikirim jasa rekber harus tau kondisi dan spek burung yang akan di kirim dan sesudah burung sampai ke pembeli bisa kan bisa by video atau apa lah dan kalo burung yang dikirim tidak sesuai harus nya burung dan duit bisa dikembalikan. dan saya rasa wajar kalo melihat besaran fee yang diterima. dan ini juga agar pembeli merasa aman. trimaksih

    Suka

  2. oomm,,mau ngasih info aja nih. Supaya nggak repot-repot mungkin bisa pakai jasa rekber nya crowguard.com. Lebih aman dan lebih praktis aja sih, dapet poin pulaa. biar bisa bantu amankan transaksi juga siih

    Suka

  3. Saya sangat setuju Om Dwi, untuk menghadapi teknologi baru pembelian secara online shrsnya memang ada wadah khusus para kicaumania yg bs dipertanggungjawabkan..
    Yg pasti semua harus jelas, didaftarkan pula perijinannya di sertai nama dan alamat Mediator yg lengkap dan jelas identitasnya..
    ini akan sangat bermanfaat buat dunia kicauan kita bersama..
    salam sukses buat om dwi, trmksh..

    Suka

  4. Om, saya frans..saya telp k no om dwi kok gk Ãðª yang angkat telp y..sya mau pake fasilitas rekber..gmana caranya y pak…Ãðª no lain Ÿª♌g bisa d percaya..atau bagaimana enaknya ini…thx sebelumnya..

    Suka

  5. pengiriman y th selain lwt hornia itu ada lain y gk y soal y d tmpt sya gak ada th hornia pengen beli tpi gak tau mau d krm lwt mn????saran y ya om” yg dh pengalaman transaksi.

    Suka

  6. * * * * * Terima Kasih untuk Om Joko Riyanto dari Solo dan Om Wijaya dari Jakarta yang telah melakukan transaksi burung Branjangan di Pasar Burung omkicau.com melalui Rekening Bersama * * * * *

    Salam Kicau . . .

    Suka

  7. bagusss om…….. cuma tkut burung mjd berubah setelah sampai tujuan namanya mahluk hidup… dikrim lwt transportasi di masukan ditempat yg sepi….di dalam sangkar pasti berubah kondisinya….

    Suka

Om dan Tante, tanya masalah burung? Gunakan Halaman Curhat. Mohon maaf karena keterbatasan waktu dan ilmu jika banyak pertanyaan yang tidak/belum terjawab. Terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s