Anis Kembang mandek bunyi karena bising

Cari Artikel Berdasar Kategori

Tanya:

Malem Pa Duto.

Saya Steefen, mo tanya soal AK. Saya baru dapet AK kemaren, kata temen saya sih (yang jual) AK udah sempet ngerol tapi karna di depan rumah dia agen minyak tanah yang kalo nurunin drum ribut banget jadi ngerol nya mandek.

nah sampe sekarang AK nya gak mau bunyi. Saya coba kerodong pas malem dia krapyakan.. Saya coba taro di dalem rumah dan lampu di matiin eh dia krapyakan juga, saya jadi bingung?!?

Untuk perawatan yang saya lakukan sekarang sih, pagi mandi keramba lalu jemur +- 2jam; EF nya kroto, jangkrik 2, apel. sore jangkrik 2.

Oh ya di rumah juga ada burung tledekan (sangkarnya bersebalhan), cucak jenggot, crocokan (ini punya pembantu saya).

Katanya burung itu baru satu kali mabung, tapi kok ngirik aja jarang banget. Gimana ya Pak solusinya, apa ada obat yang bisa bikin burung rajin lagi? Atau gmn threatment yang benar buat AK?

Mohon bantuannya pa.

(Pertanyaan lewat PM di www.kicaumania.or.id)

Jawab:

Salam,

Kalau soal perawatan nggak ada yang salah itu. Tetapi kalo soal dulu ngerol lalu macet, memang banyak kasus seperti itu. Cuma apa benar pernah ngerol atau belum, itu yang jadi pertanyaan.

Terlepas dari semua itu, coba kalau mo latih kerodong, jangan diletakkan di kegelapan.

Sedangkan soal usia baru sekali mabung, maka apa ya benar sih pernah ngerol. Biasanya AK ngerol bagus kalau sudah mabung kedua, kecuali AK2 tertentu yang memang bagus secara kualitas indukan (biasanya hasil tangkaran atau pelihara sejak usia meloloh).

Coba kalau sempat dan ada, pinjam AK atau AM betina punya kawan untuk ngecas barang sebentar untuk melihat reaksinya. Kalau dia nyendok2/ngidang2, maka dia jantan dan bisa diharapkan terpancing untuk bunyi begitu ada AK betina.

Untuk perawatan sudah betul-lah, tetapi bisa dicoba tambah EF cacing sehari 2 ekor (kecil saja).

Saya tunggu kabar berikut. (Duto)

EH, PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

REKOMENDASI OM KICAU:

  1. Promosikan bisnis penangkaran burung, jual beli burung dan segala bisnis terkait hobi burung Anda secara PREMIUM di omkicau.com untuk menjangkau ribuan kicaumania di seluruh Indonesia. Cek caranya di halaman Promo Kicau. Untuk iklan jual beli burung GRATIS, tulis saja di halaman Iklan & Promo Gratis.
  2. Jika ingin bertanya masalah burung atau hal lain terkait hobi burung atau penggunaan produk Om Kicau, sampaikan melalui halaman Curhat/ Tanya Om Kicau & Tim.
  3. Selalu cek update daftar artikel berisi file MP3 audio untuk didownload di link ini (klik saja).




Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

Ada 2 Komentar/Pertanyaan Baru

  1. ass wr wb,mas saya dari wonosobo kota dingin. belum lama saya baru beli AK dlm kondisi mabung, skrg sdh berhenti mabungnya untuk perawatan menurut saya sudah cukup memadai EF juga full cacing, jangkrik & pisang tetapi sampai skrg kok belum bunyi cuma nretet, gimana caranya untuk mancing supaya AK saya mau bunyi? dirumah saya punya murai batu & kacer yang bunyinya lumayan keras, apakah gara – gara itu AK saya jadi takut terus gak bunyi. makasih wss wr wb

Komentar ditutup.