Anis Kembang mandek bunyi karena bising

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Tanya:

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Malem Pa Duto.

Saya Steefen, mo tanya soal AK. Saya baru dapet AK kemaren, kata temen saya sih (yang jual) AK udah sempet ngerol tapi karna di depan rumah dia agen minyak tanah yang kalo nurunin drum ribut banget jadi ngerol nya mandek.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

nah sampe sekarang AK nya gak mau bunyi. Saya coba kerodong pas malem dia krapyakan.. Saya coba taro di dalem rumah dan lampu di matiin eh dia krapyakan juga, saya jadi bingung?!?

Untuk perawatan yang saya lakukan sekarang sih, pagi mandi keramba lalu jemur +- 2jam; EF nya kroto, jangkrik 2, apel. sore jangkrik 2.

Oh ya di rumah juga ada burung tledekan (sangkarnya bersebalhan), cucak jenggot, crocokan (ini punya pembantu saya).

Katanya burung itu baru satu kali mabung, tapi kok ngirik aja jarang banget. Gimana ya Pak solusinya, apa ada obat yang bisa bikin burung rajin lagi? Atau gmn threatment yang benar buat AK?

Mohon bantuannya pa.

(Pertanyaan lewat PM di www.kicaumania.or.id)

Jawab:

Salam,

Kalau soal perawatan nggak ada yang salah itu. Tetapi kalo soal dulu ngerol lalu macet, memang banyak kasus seperti itu. Cuma apa benar pernah ngerol atau belum, itu yang jadi pertanyaan.

Terlepas dari semua itu, coba kalau mo latih kerodong, jangan diletakkan di kegelapan.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Sedangkan soal usia baru sekali mabung, maka apa ya benar sih pernah ngerol. Biasanya AK ngerol bagus kalau sudah mabung kedua, kecuali AK2 tertentu yang memang bagus secara kualitas indukan (biasanya hasil tangkaran atau pelihara sejak usia meloloh).

Coba kalau sempat dan ada, pinjam AK atau AM betina punya kawan untuk ngecas barang sebentar untuk melihat reaksinya. Kalau dia nyendok2/ngidang2, maka dia jantan dan bisa diharapkan terpancing untuk bunyi begitu ada AK betina.

Untuk perawatan sudah betul-lah, tetapi bisa dicoba tambah EF cacing sehari 2 ekor (kecil saja).

Saya tunggu kabar berikut. (Duto)

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

2 Comments

  1. ass wr wb,mas saya dari wonosobo kota dingin. belum lama saya baru beli AK dlm kondisi mabung, skrg sdh berhenti mabungnya untuk perawatan menurut saya sudah cukup memadai EF juga full cacing, jangkrik & pisang tetapi sampai skrg kok belum bunyi cuma nretet, gimana caranya untuk mancing supaya AK saya mau bunyi? dirumah saya punya murai batu & kacer yang bunyinya lumayan keras, apakah gara – gara itu AK saya jadi takut terus gak bunyi. makasih wss wr wb

Komentar ditutup.