Pilih AM berdasar katuranggan

Cari Artikel Berdasar Kategori

SEMPATI BIRD SHOP

Banyak sudah tips yang diberikan pemain burung untuk memilih AM berdasar tampilan fisik, mulai dari soal warna kaki, bentuk dan besarnya mata dan sebagainya.
Saya hanya mau nambah satu hal yang mungkin belum pernah terperhatikan. Ini adakah tips yang dimiliki seorang penghobi burung AM di Sleman, seperti dituturkan Om Erik, kawan saya.
Tren AM yang dicari saat ini adalah yang punya gaya tarung/teler aneh. Untuk mencari AM yang teler aneh, maka caranya adalah mencari AM yang bodinya aneh (bukan cacat). Entah itu yang lehernya kelihatan/terkesan pendek dan sebagainya (justru di luar pakem yang sudah populer).
Dan satu kunci yang perlu diperhatikan adalah AM yang kinerja telernya bagus, rata-rata kalau berdiri justru tidak tegap, malah cenderung doyong ke depan, seakan-akan mau tersungkur. Jadi, cobalah cari AM yang kalau dilihat dari samping, “timbangan” badannya berat ke depan bukan ke belakang. Berdasar pengalaman penghobi Sleman (almarhum) itu, AM yang doyong ke depan akan punya gaya teler yang “masuk” dalam kriteria “teler bagus” saat ini.
Sebagai “PR”, coba Anda perhatikan beberapa AM jawara (kriteria penilaian saat ini), bagaimana “doyongan” berat badannya.
Semoga bisa menjadi tambahan referensi.
Salam,

Duto

EH, PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

REKOMENDASI OM KICAU:

  1. Promosikan bisnis penangkaran burung, jual beli burung dan segala bisnis terkait hobi burung Anda secara PREMIUM di omkicau.com untuk menjangkau ribuan kicaumania di seluruh Indonesia. Cek caranya di halaman Promo Kicau. Untuk iklan jual beli burung GRATIS, tulis saja di halaman Iklan & Promo Gratis.
  2. Jika ingin bertanya masalah burung atau hal lain terkait hobi burung atau penggunaan produk Om Kicau, sampaikan melalui halaman Curhat/ Tanya Om Kicau & Tim.
  3. Selalu cek update daftar artikel berisi file MP3 audio untuk didownload di link ini (klik saja).




Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

Ada 12 Komentar/Pertanyaan Baru

  1. Hai om duto. Pa kabar ni.? Om mo nanya ni.? Bagai mana mengembalikan performa knari yg habis ngurak, soalnya knari saya selesai ngurak 2 bln yg lalu tp blm bunyi2.? Dan knari saya tampak ganas spt mo menerkam & suka mematuk2 tangan kl pas saya ganti makanan. Trimakasih y om duto atas jawabanya.

  2. Pak Duto yang baik Hati ini blog baru atau gimana om kok saya cari-cari blognya gak pernah ketemu

    Jawab:
    Langsung di klik saja di bagian yang saya tebali itu Om, kan nanti muncul sendiri. Atau kalau tidak, coba ketikkan http://www.agroburung.com, pasti ketemu. Itu blog ini versi website. Oke?

  3. Om duto trimakasih y ats pencerahannya. Om mo nanya lg ni.?
    Om kacer sayakan lg ngurak kira2 love bird bagus g om untuk master kacer.? Satu lg om, kl LB yg bagus untuk master kacer jenis apa om.? Trus om knapa banyak kicau mania yg plihara LB warna hijau merah om.?
    Om duto jgn pernah bosan y tuk membantu saya y om..?
    Deska palembang.
    Jawab:
    Sembaran LB Om asal gacor. Yang diambil kan suara2 tajamnya.
    LB warna hijau merah melimpah di pasaran. Karenanya, di arena lomba rata2 yang menang LB warna itu karena memang jumlahnya dominan. Jadi persepsi penghobi, LB warna itu paling bagus. Sebenarnya nggak juga. Soalnya banyak LB warna lain yang juga bagus. Cuma jumlahnya sedikit jadinya inferior.

  4. Assalamualaikum. met pagi om duto. Om mohon bantuannya, kacer saya skarang lg ngurak, td pas lg bersihin kandang saya tangkap, trus saya liatin dikulit kacer saya ko seperti bersisik ada kulit2 kering dibagian badannya om.
    Kacer saya knapa om.?
    Ada obat untuk nyembuhinya g om.?

    Trimakasih banyak om duto atas jawaban & bantuannya.

    Jawab:

    Nggak apa-apa Om. Itu bagian darti ngurak, yakni mengelupasnya lapisan batang bulu di bagian bawah. Jadi nggak perlu diobati karena memang bukan penyakit. Di treatment ekstrem mabung saja.

  5. Om duto mohon bantuannya & penjelasannya y.
    1> SUPIT URANG itu apa y om.
    2> dan letak supit urang itu dibagian mana pd burung AM.
    3>gimana cara merasakan supit urangnya AM cowok & cewek.
    Trimakasih y om duto ats penjelasanya.

    Supit urang itu tulang yang melindungi bagian kloaka burung Om. Itu tulang yang terasa menonjol (dua sejajar) kalau kita meraba bagia bawah kloaka burung. Diraba saja. Untuk jantan terasa keras, sementara betina lunak dan renggang.

  6. Hai om duto. Om bisa minta tlg g. blh g saya minta photo2 anis merah om duto, atw AM yg pernah juara.?
    Duh…. ngerepotin om duto trus ni.
    Terimakasih om duto.
    Deska palembang.

    Jawab:
    Emang untuk apa Om? Saya nggak pernah ngoleksi Om. Coba cari di internet aja banyak kok Om.

  7. Met pagi om duto.
    Trimakasih y om ats pencerahannya y..
    Nanti kl aq ada masalah lg dgn burung2 aq,
    aq nanya lg y om.

    Jawab:
    InsyaAllah selalu always forever Om… hehehe

  8. Hai om duto. Ini om mo minta tolong, saya da kepincut pengen punya anis merah, jd blh minta penjelasan mengenai sifat2 dan yg mengenai ciri2 anis merah yg bagus., trimakasih om atas jawaban & bantuannya.

    Jawab:
    Hai juga Om hehehe…
    Untuk memilih AM bagi pemula, lebih baik minta dipilihkan teman yang biasa main AM saja Om. Soalnya, jangankan yang awam, bahkan yang sudah lama berhobi burung juga masih banyak melesetnya.
    Mempelajari kararter burung tidak bisa instan langsung paham Om soalnya 1000 burung 1000 karakter. Artinya, masing2 burung punya karakter sendiri2 sehingga sesungguhnya tidak ada patokan baku. Hanya masalah "jam terbang" dan kemauan selalu bertanya-tanya kesana-kemari yang akhirnya menentukan apakah kita akan mahir soal burung atau tidak. Begitu Om.

  9. Maaf y om duto ngerepotin lg. ini saya mo tanya tentang kenari saya, kenari saya sebelum dia ngurak gacor banget, ngerol & nembak2 suaranya keras. Tp setelah ngurak g ada dia brkicau seperti dl lg hanya terdengar suara cit cit.? Knapa y om. Padahal da saya kasih suplemen GACOR om. Kira2 selesai ngurak berapa lama dia kembali berkicau. Trimakasih atas jawabanya ya om duto.

    Jawab:
    Itu beelum pulih kondisinya Om. Kalau sudah selesai masa rekondisi, akan gacor lagi. Nggak usah pakai segala macam suplemen dulu. Rawat yang baik saja, nanti akan pulih.

  10. Om trimakasih banyak atas jawabannya. Jawabanya sangat2 membantu. ia om saya baru plihara burung, maklum blm punya penghasilan yg cukup om. Saya dirumah cuma punya 2 kacer & 1 kenari. Mohon bimbingannya ya om..?

    Jawab:
    Mangga…

  11. Om duto yg baik hati, yg slalu sk membantu. Om saya mau plihara burung anis kira2 anis apa yg enak diplihara, baik untuk kontes maupun untuk dirumah, enak anis merah ataw anis kembang.?trimakasih om duto atas jawabannya.

    Jawab:
    Untuk kontes, sama saja Om, yang penting gacor. Juga nggak tentu anis kan? Soalnya untuk kelas anis ini biasanya musuhnya buanyak dan biasanya juga bagus-bagus. Kalau Om belum biasa berhobi burung, sebaiknya baca yang ini dulu Om.
    Kalau nanti sudah beli, kunci rawatannya ada di sini. Oke Om.

  12. Om tanyak lagi nich…begini tetanggaku ada yg ternak MB sampek 5indukan..skali turun bisa 10 lebih anakan MB..Yang saya tanyakan gimana om milih anakan MB jantan umur 1bln ?cirinya di liat dari apanya.soalnya kalok gak seumuran sgtu gak kbagian om pada laris manis…emang yg jual ada perjanjian klk cew bisa d kembalikan/tukar..kan eman udah gede ngerawatnya lama baru ktauan cew.maksudnya biar skali pilih jitu gt om.trimakasih..untung ada om duto yg baik hati bisa buat curhat problem burung smoga sukses slalu…

    Jawab:
    Biasanya kalau dari penangkaran ada jaminan. Penangkar lebih paham karena dia tahu ketika masa menetas, mana yang badannya lebih besar (jantan) dan mana yang lebih kecil (betina).
    Kalau boleh, ya minta saja untuk dibuka dan dilihat dalam parunya. Kalau pangkal lidah yang bercabang menghadap ke belakang itu hitam/gelap, jantan. Kalau jambon atau putih, betina.
    Begitu Om..

Komentar ditutup.