SEKILAS TENTANG CUCAK HIJAU

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

SEKILAS
Cucak hijau (CH) yang selama ini dikenal paling sip berasal dari Jember/Banyuwangi (ini daerah yang sama). Kedua, adalah CH daerah Blora Jateng. Yang saat ini banyak di pasaran adalah CH sumatranan dengan ciri warna hijaunya cenderung tua berkilau kekuning-kuningan; badan relatif lebih kecil dibanding CH Jember atau Blora.
Untuk CH Blora atau banyuwanginan/jember, biasanya disimpan rapat oleh penjual di pasaran dan hanya diberikan kepada pelanggan atau pembeli umum dengan harga khusus.
Untuk CH Jember atau Blora, selain tubuh relatif besar, bulunya terlihat hijau mudah cenderung kusam.

Makanan dan perawatan
CH seperti halnya jenis cucak lainnya suka sekali buah (terutama pisang) dan serangga (terutama jangkrik atau belalang jenis kecil) serta ulat bumbung. Itulah makanan utama dan kesukaan mereka.
Untuk pemeliharaan rumahan, hendaknya dibiasakan makan voor. Untuk burung bakalan, latihlah dengan cara menempelkan sejumput voor ke buah pisang, begitu sampai sepekan dua pekan, niscaya CH bakal doyan voor. Tapi pada saat yang sama, sediakan voor di tempat pakan tersendiri.
Biasakan memberi jangkrik (pagi, siang, sore masing-masing sebanyak 4 sampai 8 ekor, tergantung tingkat “kelaparan” si CH) dengan cara menyorongkan langsung dari tangan. Pada tahap-tahap awal, sorongkan dengan lidi agar burung tidak ketakutan, begitu terus sampai pada saatnya nanti CH jinak dan berkicau berkepanjangan dengan nyaringnya kalau kita goda dengan jangkrik.
Cara memandikan ya seperti burung lainnya, karamba ok, semprot juga boleh; hanya saja jangan terlalu lama menjemurnya (1 jam pagi hari sudah cukup; dan satu jam lagi sore hari juga bagus kalau sempat).
Hal yang umumnya dikeluhkan pemelihara CH adalah rontok bulu pada CH yang biasanya terus-menerus nyulam (berganti bulu tidak serempak). Ini biasanya terjadi kalau burung sedikit stres atau makanan yang berganti-ganti (usahan selalu menggunakan voor yang sama; apapun merknya).
Keunggulan CH: mudah menirukan suara lain (mudah dimaster)/ mudah diberi suara isian.
Kelemahan: Mudah melupakan suara isian lama kalau mendengar suara isian baru.
Untuk mendapatkan kualitas suara yang stabil, perlu terus ditempel sang master (terbagus adalah jangkrik, walang kecek, lovebird atau cucak jenggot).
Demikian.
Salam.
Duto Solo

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

16 Comments

  1. Asalamualaikum

    om mau tanya ciri2 CH banyuwangi dan jember kalau masih muda atau masih trotol bagai mana?
    Cukup sekian om terimakasih
    mohon blsanya,,
    asalamualaikum. . .

  2. om ane mw nanya, ane pnya CI bklan udah 1 thun ane plhara, tpi kok blum kluar topeng y om? emngy smpai umur brpa CI ijo bsa kluar topengy om……????? trima ksih

  3. salam kenal om duto, om saya punya CI gmn ya caranya agar CI saya cpet rajin bunyi ya mohon trik dan tipsnya om d tunggu trimakasih..?

  4. Salam om Duto, sy nemu sangkar burung Cucak Hijau atau sering disbt Murai Daun klo di daerah kami (Aceh Barat), stelah sy amati rupanya sdh ad anakan tp sy heran koq sarangnya di btg kayu yg berlobang ya?.. Dan kira2 umur brapa hr baru bs dipanen…

  5. om duto saya mau tanya,saya punya cucak hijau yah rumayan bagus,cuman waktu itu saya kelamaan jemurnya,ampe tiga jam,trus sempet kehabisan air nah sekarang ini mau bunyi cman suaranya nda ada om,jdi cuman keliatan mulutnya aja yang menganga aja om,itu gimana cara mengatasinya om supanya cucak ijo tersebut bisa mengeluarkan suaranya lagi om?…

  6. om duto saya muw tanya….
    cara melatih Cucak ijo muda Hutan mau makan voor….seumpama voor saya kasi merk Chi***py.. bagus ga??
    Mohon pencerahannya…
    Nuwun

  7. om ,.kemarin baru beli CH n ada sedikit garis pendek warna biru/keunguan dibawah pangkal paruh cucak hijau itu jenis mana ya om? apa CH jenis ini tidak bisa gacor? trimakasih

  8. mau nanyak om…aku punya cak ijo…bulung rontok terus gmana biar cepet sembuh asi apa,,,terus bunyi g begitu gecor,,,bales nya..aku tunggu

  9. om,sya punya CI bakalan tp ekor buntung,dan sdh sekitar 2 bln ekor yg akan tumbuh lepas lagi?bagaimana caranya agar ekor CI milik saya bisa tumbuh lg,trims

  10. Thanks Om Duto’

    suara AK, KC sama CI ok bgt. sekalian mau tny om, sy ada CI trotolan dirmh, body sedang [tdk seperti CI pada umumnya-sedikit besar] sdh sy pelihara 1 bulanan, semi2 giras, CI sy itu sdh mulai terdengar ke isi gereja, kacer, jenggot, tp permasalahannya blm jg rajin bunyi.[yg kentara bgt cuma shubuh rajin bunyi dan agak lama]

    Teman sy yg jg pny CI trotolan dengan kondisi yg sama dgn sy, tp CI yg dia pny walaupun jg sama msh giras tp rajin bunyi dan suaranya lumayan kencang.

    pertanyaan sy;

    1. Mengapa suara CI sy power nya ga stabil, terkadang pelan dan terkadang lumayan keras ?

    2. Mengapa CI sy blm jg rajin bunyi, padahal tiap hari pakan, EF nya cukup dan tiap hari dimaster?

    3. Apakah ini disebabkan CI sy msh takut bunyi karena sy gantang berdekatan dengan burung lain?

    Trims bgt Om Duto
    Mohon Dijawab dan sangat ditunggu’

  11. aq onya cucak hijau tp bulunya warnanya hijau g kusam trs badanya g terlalu bsr,,,tu CH mn?trs kl bkn ch JEMBER BGS G????TLONG BLS…..

  12. om…q punya CI bakalan tapi topengnya udah ngeglok hitam full, dan msh liar banget, berapa lama bisa jinaka om…trs katanya kalo di kasih mkn voer ndak bagus di suara ya om? tlng jawab sie om……

Komentar ditutup.