SEKILAS TENTANG CUCAK HIJAU

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

SEKILAS
Cucak hijau (CH) yang selama ini dikenal paling sip berasal dari Jember/Banyuwangi (ini daerah yang sama). Kedua, adalah CH daerah Blora Jateng. Yang saat ini banyak di pasaran adalah CH sumatranan dengan ciri warna hijaunya cenderung tua berkilau kekuning-kuningan; badan relatif lebih kecil dibanding CH Jember atau Blora.
Untuk CH Blora atau banyuwanginan/jember, biasanya disimpan rapat oleh penjual di pasaran dan hanya diberikan kepada pelanggan atau pembeli umum dengan harga khusus.
Untuk CH Jember atau Blora, selain tubuh relatif besar, bulunya terlihat hijau mudah cenderung kusam.

Makanan dan perawatan
CH seperti halnya jenis cucak lainnya suka sekali buah (terutama pisang) dan serangga (terutama jangkrik atau belalang jenis kecil) serta ulat bumbung. Itulah makanan utama dan kesukaan mereka.
Untuk pemeliharaan rumahan, hendaknya dibiasakan makan voor. Untuk burung bakalan, latihlah dengan cara menempelkan sejumput voor ke buah pisang, begitu sampai sepekan dua pekan, niscaya CH bakal doyan voor. Tapi pada saat yang sama, sediakan voor di tempat pakan tersendiri.
Biasakan memberi jangkrik (pagi, siang, sore masing-masing sebanyak 4 sampai 8 ekor, tergantung tingkat “kelaparan” si CH) dengan cara menyorongkan langsung dari tangan. Pada tahap-tahap awal, sorongkan dengan lidi agar burung tidak ketakutan, begitu terus sampai pada saatnya nanti CH jinak dan berkicau berkepanjangan dengan nyaringnya kalau kita goda dengan jangkrik.
Cara memandikan ya seperti burung lainnya, karamba ok, semprot juga boleh; hanya saja jangan terlalu lama menjemurnya (1 jam pagi hari sudah cukup; dan satu jam lagi sore hari juga bagus kalau sempat).
Hal yang umumnya dikeluhkan pemelihara CH adalah rontok bulu pada CH yang biasanya terus-menerus nyulam (berganti bulu tidak serempak). Ini biasanya terjadi kalau burung sedikit stres atau makanan yang berganti-ganti (usahan selalu menggunakan voor yang sama; apapun merknya).
Keunggulan CH: mudah menirukan suara lain (mudah dimaster)/ mudah diberi suara isian.
Kelemahan: Mudah melupakan suara isian lama kalau mendengar suara isian baru.
Untuk mendapatkan kualitas suara yang stabil, perlu terus ditempel sang master (terbagus adalah jangkrik, walang kecek, lovebird atau cucak jenggot).
Demikian.
Salam.
Duto Solo

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

39 Comments

  1. Om saya baru saja beli CH kalimantan masih trotolan tapi liar dan untuk menjinakkan saya cabuti sayapnya sampai habis dan dalam satu minggu sudah tumbuh lagi dan tetap bunyi, apa pengaruhnya sama burung tks

  2. om, q baru dikirimi cucak ijo dari temen, lha ngirimnya to pake besek…so banyak bulu yang rusak, gmn caranya agar cepet pulih kondisi bulunya om…thanks

  3. saya punya 2 ekor CI satu dari jatim, satunya lagi dari Pekan baru..mnrut saya kok yg dari pkbaru tembkanya lebih keras…..dan ngentroknya itu..mang burungnya lebih kecil…

  4. Salam kicau mania

    Mau tanya om…..saya punya CH yg baru saya beli dari teman…..katanya sih bekas juara…..dan burung tersebut….asli CH dari Kalimantan…..katanya kalau CH dari kalimantan
    kurang bagus dari segi suara dan mentalnya…….apa benar om…..terima kasih atas jawabannya……..

  5. om ak bru aja dapet cucak ijo bakalan,untuk biar jd rajin bunyi dan buat volume ok perawatan harian gmn om,tolong kasih saran!
    maturnuwun

  6. siang om…..saya punya CI lumayan gacor, tapi pada saat saya dekatkan dengan punya teman tidak ngejambul dan badannya tidak getar walaupun cukup rajin bunyi melihat musuhnya, tapi pada saat saya dekatkan dengan punya teman tidak ngejambul dan badannya tidak getar walaupun cukup rajin bunyi melihat musuhnya?…..dan satu lagi om duto knp ya CI aku kalau lagi gacor sendiri gitu sayapnya nglembre/turun knp ya om,trim’s atas pencerahananya n infonya semuanya?

    • Kadang jambul atau tidak juga termasuk karakter. Kalau sudah karakternya demikian, ditreatmen bagaimana pun ya tidak bisa. tetapi bisa dicoba dulu dengan dicash dengan betina Om. Lihat reaksinya.

  7. pagi om assalamualaikum

    om ku punya cucak ijo gacor banget lha terus tiba tiba gak rajin bunyi sebabnya apa om… apa kalo malam harus kerodong… ato drop dengan kacer ato apa…… karena baru beli, ato setingnya kurang pas ato efnya kurang ato gimana( tapi masih gacor kalo dikolokin dengan tangan ato pakai kaca spion… tapi di tinggal cuma diem sedikit lesu)mohon penjelasanya

  8. Pagi om duto, mau nanya…paling tua sampai umur berapa cucak hijau masih bisa berprestasi ? dan masih bisa diharapkan ?, apakah semakin tua burung CI semakin menurun atau semakin baik ? berapa batasan usia emas burung CI tsb ?, trims ya om, maaf pertanyaannya diulang-ulang.

  9. makanan untuk piyik cucak hijau yg masih suri-suri apa ya om? trus mulai menetas sampai suri-suri sebaiknya indukannya dikasih makanan apa?

  10. salam ….saya punya ci bagus pernah juara tetapi skr susah jalan dilapangan,keadaan sekarang jambulnya paling 5 menit doang n tembakan nya ga ada biasanya langsung ngerool kenarian n love brid….tpi skr cuma loncat loncat

    • @Haerul Maulana:
      Perubahan yang besar pada burung biasanya karena pengaruh jangka panjang setelah konsumsi suplemen yang “jelek”, doping, dan perawatan (terutama setelan EF) yang tidak konsisten. Semakin kita sering ubah2 settingan EF karena tergesa2 ingin burungnya nampil bagus, semakin jelek akibatnya.
      Untuk itu, kembalikan ke settingan normal dan lakukan secara konsisten dalam jangka panjang. Sehabis masa mabung berikutnya, biasanya kembali tampil normal (kalau pernah bagus akan kembali menjadi bagus).

  11. sore om,,,,, saya punya pertanyaan …saya punya CI tapi payahnya saya g tau ciri2 CI yang pejantan…..
    cuman CI saya mempunyai bulu jarum warna hitam di bawah paruhnya………
    tapi paruh bawahnya warnanya putih…….kira kira berkelamin apakah CI saya….
    thanks

  12. Om saya punya cucak ijo suaranya asyiik, tapi yg bikin penasaran kenapa kalau di adu kok mainnya loncat-loncat sambil nembak, gimana om tipsnya biar tenang dan nacap mainnya, trims

    • Loncat2 naik turun atau masih berada di tangkringan terus?
      Berapa usianya?
      Ada yang memang begitu (karakter) tetapi ada juga karena pengaruh usia (masih muda) atau terlalu banyak EF. Ada banyak faktor Om, bisa dilihat/ditelusuri satu per satu.

  13. Cucak ijo saya mandi setiap hari, untuk masalah ditrek sy suka lihat kondisi dulu. kl lagi nggak nyulam saya berani ngadu.Masalahnya kenapa kok sering nyulam shg ngadunya juga jarang.kira2 ada solusi yg terbaik Om.Tq

  14. Om, Kenapa cucak ijo saya itu kok gampang rontok bulu atau nyulam.padahal baru 2 bulan yg lalu habis mabung total. Apa kira-kira ada yg salah dengan perawatannya. burung sy kasih menu : pisang ,jangkrik dan kroto, kadang-kadang ulat hongkong.Mohon dibalas Om,. Trims

  15. CH saya aneh, suka makan tahu. Bisa tahu goreng, bacem atau mentah. Untung ndak suka pake cabe. Kalo seneng cabe waaa bisa berabe. Om Dut Gimana menangkarkan CH seehhh?

  16. OM sy punya Cucak Ijo Gacor, cuma gacornya klu di dalam rumah.
    Klu di dalam rumah mau diteriakin apa byk org tetep aj gacor tp klu
    di gantang di luar burung cuma ngriwik aj. Gmn ya Om nglatih CI biar
    gacor di mana aja. Trims.

  17. mlm om…..saya mau nanya nie!!!!!

    saya baru beli cucak ijo katanya dari madan….

    kepalanya kuning,,,,beda ma cucak ijo yang biasa saya lihat.
    pa bagus tu om?????and klo lomba termasuk kelas cucak ijo g?
    makasih ommmm yaaa

  18. siang om…..saya punya CI lumayan gacor, tapi pada saat saya dekatkan dengan punya teman tidak ngejambul dan badannya tidak getar walaupun cukup rajin bunyi melihat musuhnya. pertanyaan saya, bagaiman agar CI saya bisa ngejambul dan bergetar pada saat melihat musuhnya? thx om…

  19. sorry ganggu berat nih,bnyak pndapt bhw CH klo di voor akan mempengaruhi suara kicau jd jelek alias tdk merdu,dan bulu gmpang rontok. gimana pendapat om?thanks berat u jwbnya.

  20. Pak, mau tanya kalau kenari mau tumbuh bulu baru, makanan diberi cabe merah besar apa bisa jadi warna merah ?
    Apakah burung tidak jadi sakit ?
    Terima kasih tanggapannya.

  21. Maaf om. Baru pemula. saya br beli CI dari temen. Cuma untuk rumahan. Perawatan rutinnya mulai dari pagi sampai sore supaya tetap sahat bagaimana ya ? dan pas bulunya rontok bagaimana ya ? Sblmnya terima kasih.

  22. MAT SORE OM ” DUTO ” MAU NANYAK OM AKU PUNYA CI PERTAMA KALI INI KLO HARIAN FULL NON STOP YANG SY TANYAKAN GMNA CARA PENJEMURAN? KARNA ADA YANG BERPENDAPAT CI HARUS JEMUR KUAT (SAMPAI JAM 11.00) TERIMA KASIH OM DUTO….

  23. met malam om . saya baru beli CI udah bunyi (waktu beli sy minta di trek ama 3 CI lain,dan emang mau nembak dan bunyi )lagi mabung pertama. bulunya rontok bertahap dari ekor habis, lalu sayap dan bulu punggung rontok . skarang udah mau keluar bl baru..tipis dan kecil. yg mau saya tanyakan
    1. berapa lama CI mabung?
    2.Isian yg bagus untuk CI tu apa ya?
    3.Gimana treatment spaya bulu CI bisa kilap?
    4. EF yang bgs saat mabung apa ya?

    sbelumnya matur nuwun

    • 1. Mulai rontok sampai tuntas dan melalui masa rekondisi ya 2-3 bulan.
      2. Cililin, LB, gereja tarung, jangkrik, kapas tembak atau cucak jenggot,,,,yah antara lain itu Om.
      3. Ketika mabung (tumbuh) bisa diberi minyak ikan yang ditetes (2-3 tetes) ke jangkrik yang mau dikasihkan. 3 x sepekan selama masa tumbuh dan menguatkan bulu.
      4. Sama dengan ketika tidak mabung.

Komentar ditutup.