Salam kenal Om Duto, saya ingin memeliara kacer om. tapi saya belum pernah pelihara burung sebelumnya jadi NOL tentang dunia burung.yang saya mau tanya.
1. apa saja sich jenis kacer?
2. yang paling bagus tuh jenis apa yah om?
3. bagaimana cara bedain jantan atau betina pada kacer, pa benar kata orang jantan atau betina juga bisa ngoceh?
trims

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis...

Jawab
Waduh, pertanyaannnya sedikit tetapi njawabnya yang harus berpanjang lebar. Tetapi singkat kata, kacer apa yang Anda maksud?
Apakah jenis kacer anis atau kacer dalam pengertian kacer seperti kacer hitam?
Untuk jenis anis, ya ada anis merah (di jawa disebut cerbang atau kacer abang), anis kembang, anis cendana, anis macan dsb.
Untuk jenis kacer hitam, ada kacer hitam dan kacer poci.
Kalau Anda betul pemula, saya sarankan beli kacer hitam atau kacer poci saja. Selain mudah perawatannya, cepat bunyi dan gacor, maka untuk membedakan jantan atau betina lebih mudah. Yang jantan, pada warna hitam terlihat berkilau, legam. Untuk cewek, hitamnya kusam dan cenderung berwarna abu-abu.
Beli saja kacer hitam yang sudah bunyi meski belum variatif tetapi berarti dia sudah relatif tidak takut orang. Jangan beli burung bakalan yang takut orang meskipun Anda ditawari dengan harga murah. Malah bikin stress.
Untuk referensi, bisa baca postingan saya. Klik di sini saja.
Begitu Om?
Salam,
Duto

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...
-7.550085110.743895