Jenis kacer, asal dan jenis kelaminnya

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Salam kenal Om Duto, saya ingin memeliara kacer om. tapi saya belum pernah pelihara burung sebelumnya jadi NOL tentang dunia burung.yang saya mau tanya.
1. apa saja sich jenis kacer?
2. yang paling bagus tuh jenis apa yah om?
3. bagaimana cara bedain jantan atau betina pada kacer, pa benar kata orang jantan atau betina juga bisa ngoceh?
trims

Jawab
Waduh, pertanyaannnya sedikit tetapi njawabnya yang harus berpanjang lebar. Tetapi singkat kata, kacer apa yang Anda maksud?
Apakah jenis kacer anis atau kacer dalam pengertian kacer seperti kacer hitam?
Untuk jenis anis, ya ada anis merah (di jawa disebut cerbang atau kacer abang), anis kembang, anis cendana, anis macan dsb.
Untuk jenis kacer hitam, ada kacer hitam dan kacer poci.
Kalau Anda betul pemula, saya sarankan beli kacer hitam atau kacer poci saja. Selain mudah perawatannya, cepat bunyi dan gacor, maka untuk membedakan jantan atau betina lebih mudah. Yang jantan, pada warna hitam terlihat berkilau, legam. Untuk cewek, hitamnya kusam dan cenderung berwarna abu-abu.
Beli saja kacer hitam yang sudah bunyi meski belum variatif tetapi berarti dia sudah relatif tidak takut orang. Jangan beli burung bakalan yang takut orang meskipun Anda ditawari dengan harga murah. Malah bikin stress.
Untuk referensi, bisa baca postingan saya. Klik di sini saja.
Begitu Om?
Salam,
Duto

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

41 Comments

  1. om kicau..
    saya mau nanya dung..
    kalo kacer bakalan atau yang blom bunyi,trus dijejerin ma kenari yang udah gacor waktu dijemur gmana ya??

  2. hallo om kicau yg ganteng………………………..?
    mau tanya sy punya kacer kok bulunya ekornya ambrol terus pernah saya coba diwaktu bulu ekor tumbuh tdk rata dan banyak yang patah sy cabut semuanya terus tumbuh lagi komplit tp sekarang banyak yang patah kejadiannya terus seperti itu bagaimana solusinya ya om Kicau yang ganteng………….?
    om kicau bantu ya cari solusinya……..?
    om kicau sy sudah coba berapa cara dari yg katanya kutuan sampai yg katanya kebanyakan suplemen hampir sy mau jual tp sy tetap syng krn tdk pernah mbagong

    • Coba selama masa ekor tumbuh benar2 perhatikan asupan vitamin dan mineralnya.
      Apa burungnya suka ngruji ekor? (Kalau pas ngeruji/nempel di ruji, ekornya masuk ke ruji2?)

  3. om saya pemain baru dalam burung kicau dan saya mempunyai burung Kacer dan MB yang saya mau tanyakan
    1. kenapa yah kacer saya jd diem aza sesudah saya pindahkan kekandang yang lebih lebar???? apa ada kesalahan pada EFnya skrg saya berikan jangkrik /- 15 ekor & ulet hongkong /- 6 ekor supaya menjadi gacor.
    2. Jarak kandang kacer dengan MB hanya /- 1meter dan kacer saya seolah-olah takut melihat MB saya dikarenakan MB saya sering loncat2 kesana kemari
    3. apakah MB saya tidak mau berkicau dan sering loncat2 dikarenakan melihat kacer
    4. bagaimana solusinya selanjutnya dan burung kicau apa yang pas untuk menjadi penengah antara kacer dan MB saya….

    terima kasih sebelumnya dan mohon penerangannnya

  4. Terima kasih Om atas jawabannya. Minggu kemaren kacernya dah bunyi2 terus, tapi sejak saya beli MB yang dah bunyi walau dikit2 aja, kok kacernya malah cuma bunyi ter..ter…doang?
    Bagaimana penempatan keduanya, apakah boleh satu ruangan n saling lihat, ato beda ruangan tapi saling dengar, ato malah harus milih salah satunya aja Om?
    Maturnuwun banget Om.

  5. Om, saya penggemar baru di dunia perburungan, mau tanya:
    1. kok kacer saya setelah sampai rumah selama seminggu masih diam aja?
    2. kenapa kacernya mentel banget, sehabis di semprot trus di jemur, eh dia malah ngembangin sayapnya lebar2 sambil miring2 kaya bule lagi berjemur di pantai, sampai 2-3 jam masih begitu aja padahal bulu2nya udah kering semua?
    Thx.

    • Om Koesart:
      Ada kemungkinan (1) Belum bisa adaptasi atau masih stress; (2) takut dengan burung fighter lain (kacer lain atau MB atau sulingan/tledekan. Kalau memang tidak ada burung lain, paling ya belum beradaptasi saja.
      Kacer yang mentel alias genit, ya memang begitu Om, terutama kalau jarang/sudah lama tidak dijemur.

  6. om,kalau menentukan jenis kelamin anakan kacer gimana sich om,soalnya saya mau beli tapi bingung pilihnya apalagi saya kan maunya yang jantan . tolong ya om ,thx

  7. Maaf ya Om. Baru pemula juga. Gimana cara perawatan rutin burung kacer saya supaya sehat terus ? trus kalau bulunya mulai rontok perawatannya gimana ? ( untuk rumahan ) sebelumnya terima kasih.

  8. om,saya mau tanya.
    saya punya kacer yang seharian betah ngriwik ( bunyi pelan skali ).
    padahal kalau dilihat dari umurnya sudah waktunya bunyi yang keras gitu.
    bisa minta tolong kasih solusinya om?
    makasih.

  9. slm kicau mania om mau nanya nih i baru beli anis cendana hrg.350rb sudah ngeplong tapi skr kondisi skr ngurak apakah hrg tidak terlalu mahal om klu anis cendana yg udah bunyi harga dipasaran sampai berapa makasih informasinya wsl

  10. Om,mau tanya niy. Mb sy msh brumur d’bwh 2thn,bulu sayapnya rusak tinggal tulang tengahnya,sperti terbakar sdikit dmi sdikit habis. Gmn solusinya om, mohon petunjuk.
    Salam kicau mania,trims.

  11. Salam kenal..mas saya baru punya AK yg ngeplong.Pemberian teman dr mataram,lombok.Katanya dulu burung lombatp karena kurang perawatan AK jadi sesekali ngeplong sama dikit ngerol.Terus gimana caranya ya supaya bisa rajin bunyi sepanjang hari?EF kyk gimana?aku cuma ngasih kroyo pg.jangkrik 3 pg.sore mandi+3jangkrik.Lalu saya krodongin smp pg.Ap kira2 yg kurang ya Om?Thanks…..

    • Perawatan sudah betul. Jaga saja konsistensi perawatan seperti itu. Cuma untuk kerodongnya, kalau sudah agak maleman, dan sebelum itu dekatkan dengan relevisi yang nyala dsb agar terangsang bunyi terus…

  12. Om nanya lagi neh……….Sy pnya burung kacer,umurnya masih muda
    burung sy rajin bunyi tp sayang cuma ngiriwik ,terus klo ketemu musuh kadang jalan kadang ga, mbagong si ga.apakah itu fakor usia apakah faktor dari makanan mohon jawabanya
    trims
    uj

    Jawab:
    Faktor usia sangat menentukan Om apalagi kalau kacer tangkapan hutan, biasanya perlu penyesuaian juga dengan lingkungan manusia.
    Rawat yang baik saja nanti dengan bertambahnya usia akan membaik performanya. Jangan sering2 ditrek, paling sebulan sekali, maksimal dua bulan 3 kali.

  13. salam kenal om.. saya punya kacer lokal.. buagong poll.. cuma saya d kasih saran katanya d terapi mandi malam.. apa bener om bs ngilangin mbagongnya..? thank

  14. om bertanya lagi yah..biasanya berapa lama kacer ndorong ekor?? soalnya kacer pnya saya sudah hampir 2 cm panjang ekornya dan sebagian rebung bulunya.makasih.

    Jawab:
    Mabung total biasanya sampai 2 bulanan selesai dan memasuki masa rekondisi. Bisa dibaca di artikel yang ini Om.

  15. om kacer sy yang lagi mabung kok bulu sayapnya pada rontok lagi..padahal kmarin wktu sdh cb dgn treatmen air kelapa tua.bulu2 sdh pada ambrol kemudian berheti slama 1 minggu..kmudian ambrol lagi..saya binggung om duto padahal sdh lebih dari 2 bln..tpi blom selesai2 mabungnya.tadi pagi sy lihat di paruhnya ada shelai bulu..apa mungkin penyakit ya om..soalnya kacer tsb sdh pada nyisik kakinya..

    Jawab:
    Belum tuntas saja Om rontoknya. Banyak kasus seperti itu terutama untuk burung2 yang awalnya sulit mabung meski sudah banyak bulu kusam.
    Untuk burung yang sudah relatif berumur, jika menghadapi masalah dalam moulting, memang menjadi semakin bermasalah. Jadi tidak perlu tergesa-gesa segera melihat kacer dalam kondisi utuh. Bersabar dulu…

  16. om kacer sy yang lagi mabung kok bulu sayapnya pada rontok lagi..padahal kmarin wktu sdh cb dgn treatmen air kelapa tua.bulu2 sdh pada ambrol kemudian berheti slama 1 minggu..kmudian ambrol lagi..saya binggung om duto padahal sdh lebih dari 2 bln..tpi blom selesai2 mabungnya.tadi pagi sy lihat di paruhnya ada shelai bulu..apa mungkin penyakit ya om..soalnya kacer tsb sdh pada nyisik kakinya..

    Jawab:
    Belum tuntas saja Om rontoknya. Banyak kasus seperti itu terutama untuk burung2 yang awalnya sulit mabung meski sudah banyak bulu kusam.
    Untuk burung yang sudah relatif berumur, jika menghadapi masalah dalam moulting, memang menjadi semakin bermasalah. Jadi tidak perlu tergesa-gesa segera melihat kacer dalam kondisi utuh. Bersabar dulu…

    —————————–
    SEKADAR PEMBERITAHUAN, UNTUK SELANJUTNYA, MOHON PERTANYAAN DAN SEBAGAINYA BISA DIISIKAN DI SINI KARENA SAYA SEDANG MELAKUKAN UJI COBA TAMPILAN WEBSITE DAN JUGA MOHON KRITIK DAN SARAN. TERIMA KASIH. SALAM.

  17. met pagi om..saya ingin bertanya lagi seputar kacer bakalan milik saya..sdh hampir 2 minggu ditempat saya kok kacer tidak mau mandi keramba..padahal sdh saya pancing dengan sprayer kemudian sy letakkan jauh dari keramaian tetap saja tidak mau mandi..dan kacer tsb sering bunyi malam padahal sdh dikerodong..dan satu lagi om apakah kacer bakalan dimungkinkan untuk dikerodong full..??

    Jawab:
    Burung bakalan ya Om? Berarti masih takut2 untum melakukan apa-apa di dekat banyak orang. Juga dia masih stress berada dilingkungan manusia. Jinakkan dulu, prosesnya bisa lihat di sini.

  18. Jumpa lg om,sy bl kacer poci dah mkn voer tlng br conth prwtan harian slm seminggu versi om mulai wkt mandi,jemur,EF.apkh khsiat cacing bg kacer,master yg cck buat kc.term kasih.

    Jawab:
    Hehehe…
    1. Pagi keluarkan sepagi mungkin.. biarkan bunyi (kalau belum bunyi nggak apa2 yang penting keluarkan sepagi mungkin) biar fresh selalu.
    2. Setelah bunyi, atau minmal loncat2lah, sekitar jam 6 dimandikan di karamba. Biarkan dia kecipak kecipik dulu dengan harapan segera mau mandi sendiri.
    3. Ketika burung mandi, sangkar diberishkan, ganti/tambah voer, air dan juga letakkan jangkrik untuk EF 4 atau 5 ekor.
    4. Masukkan kembali ke sangkar. Diangin2kan setelah bulu terlihat kering dan tertata baru dijemur sekitar 1 sampai 1,5 jam. Setelah itu angin2kan dan masukkan ke rumah.
    5. Siang hari kalau sempat, beri jangkrik 2 ekor.
    6. Sekitar pukul 16.30 kalau sempat dimandikan; angin2kan dan diberi jangkrik 2 ekor.
    7. Malam hari, paling bagus dikerodong.
    8. Selang tiga hari sekali, bisa diberi EF tambahan, misalnya ulat hongkong (UH) barang 3-4 biji. Berikan waktu pagi. Saat ada penambahan UH, jangkrik dikurangi 2 ekor pada pagi itu.
    Untuk cacing (saya jarang memberi cacing ke kacer) berikan sepekan sekali saja sebanyak 2 ekor.
    Untuk pola mandi dan pakan harus konsisten. Dan selanjutnya, perlu diklik dan dibaca yang satu ini.
    Begitu ya Om.

  19. mau nanya lagi om..apa kacer bakalan yang belum makan voer boleh dimandikan dan dijemur ??

    Jawab:
    Ya boleh saja Om nggak apa-apa. Santai saja. Cuma karena pada dasarnya kacer nggaj suka berpanas ria, njemurnya pagi hari saja dan jangan lama-lama.

  20. makasih om..om duto yg saya pnya bukan bakalan hutan biasa..tapi super..cuma sehari dirumah saja suaranya ngeplong abis.. ga tau agak kaget jg sich..kata penjualnya sich masing ngeriwik kmungkinan 2 bulan bru ngeplong..
    tapi skg lagi bahagia bgt soalne spanjang hari bunyi terus cm masih 50 % makan voernya..

    Jawab:
    Ya dirawat yang bagus saja Om.

  21. pagi om..udh lama ga ngobrol2 sm om jdi kangen..gmn om hujannya apa sdh reda..langsung aja ya om minta petunjuknya agar kacer bakalan hutan saya cepat makan vor..soalnya sy takut kacernya lewat lagi..makasih om

    Jawab:
    Waduh beli bakalan ya…apa enggak bosen juga pusingnya hehehe….
    Campurkan kroto dengan voer. Dari hari ke hari, komposisinya diubah, yakni kroto dikurangi setahap demi setahap. Nggak sampai 10 hari biasanya kacer sudah mau makan voer Om.

  22. salam kenal om Duto, saya punya brng KC putih dengan bulu dada ada bercak2 bulu hitam. Jenis brng KC ini yang saya suka.Brng masih muda, volume ok, tempur cukup bagus trek 5-6 brng, tetapi KC ini mengalami kasus bulu krn mo ngurak gak bisa jadi warna bulu kusam.
    yang ingin saya tanyakan :
    1. Bagaimana cara mengembalikan bulu agar kembali mulus ?
    2. Apa perlu dirontokan dahulu agar nanti tumbuh bulunya bagus ?
    3. Treatment apa yang hrs saya lakukan ?
    terima kasih sebelumnya, salam…..

    Jawab:
    Ya nunggu masa mabung Om, bulu rusak nggak bisa dipulihkan kecuali nunggu mabung. Perlu penanganan yang betul ketika mabung. Untuk terapi mabungnua, bisa baca di sini.

  23. Om sy punya kacer {blorok} rencananya mau di lomba tp habis mabung. Msh Tunggu brp bulan om biar oke….!

    Jawab:
    Itu pertanyaan umum yg disampaikan orang yang sedang punya burung mabung/habis mabung. Pertanyaan khas penghobi burung…nggak sabaran…hahahaha.
    Kalau bulu sudah komplit, dibanyak-mandi-jemurkan. Itu juga jawaban standard loh Om karena memang tidak ada resep cespleng kecuali itu. Oke ya Om, diperbanyak sabarnya…

  24. met sore om duto…saya kemarin baru dapat kacer muda hutan medan dari teman..yang ingin saya tanyakan
    1. berapa lama biasanya kacer muda hutan bisa berbunyi
    2. bagaimana agar kacer berbunyi pada saat melihat banyak orang disekelilingnya..

    maaf mungkin pertanyaannya basi om(sudh banyak yg nanya) tapi bertanya langsung dan mendapatkan jawaban dari om duto sangat bermanfaat bagi saya yang pemula…

    Jawab:
    Wah lha itu tergantung dari tingkat stress burung. Burung yang masih takut dengan lingkungan manusia nggak mau gacor. Asal burung tersebut tidak stress (sehat mental) maka selama kondisi fisik juga fit dia akan gacor. Coba dijinakkan/dibiasakan dengan orang lalu lalang. Lihat tips-nya dengan mengklik di sini.

  25. Bos, mo tanya lagi boleh gak?
    kalo gak…ya tetep aja mo tanya 😀 hehehe
    Dirmh ada poci trotol, kondisi mulai mabung, yg ke-2, ada bakalan manyar dah lumayan (crecet panjang, keras n tanpa henti)
    Pertanyaanya, apa bisa manyar tsb dijadikan masteran?
    tengkyu banget atas jwb-nya.

    Jawab:
    Saya coba jawab ya, didengarkan apa enggak yang penting saya mau jawab heheheh…
    Jawabannya: Bisa... heheheh…
    (Catatan, manyar muda bagus untuk masteran. Cuma kalau nanti sudah agak tuaan, malah lagu nyrecetnya hilang… berganti suara cierrrrrrrrrrrr… yang juga terdengar tajam untuk isian tetapi biasanya malah kurang "gacor" dalam artian ceriwis ketimbang ketika anakan).

  26. om saya mo tanya saya punya burung kacer hitam… tapi kok kakinya budukan ya… seolah olah dia itu kesakitan kalo bertengger di palang sangkar… gimana ya ngatasinya?… kalo kata temen saya kok di kasih salep 88 apa itu sejenis jamur ya?…mohon bantuannya… karena kyknya kok malas makan tuh… balas di email saya ya om makasih…

    Jawab:
    Saya tidak yakin kalau itu adalah bubulan seperti bubulan pada kenari. Kalau bubulan pada kenari bisa diberi salep kulit.
    Kaki berkerak pada kacer biasanya karena kacer tersebut jarang madi di karamba sehingga kakinya tidak pernah terkena air dalam waktu agak lama. Itu juga menandakan kacer tersebut umurnya sudah relatif tua. Kaki berkerak membuat burung sulit bergerak lincah dan merasa kesakitan, sehingga nafsun makan berkurang dsb.
    Untuk mengatasi hal itu, biasakan kacer dimandikan di karamba/ kena air sehingga kerak akan berkurang. Cara yang lebih cepat adalah kaki berkerak tersebut dicuci dengan air hangat sambil digosok2 pelan sampai terasa lunak dan bisa dibersihkan. Namun cara ini harus dilakukan hati2 agar burung tidak kesakitan dan malah stres.

Komentar ditutup.