Mengapa saya anti umbaran untuk burung lomba?

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Ada salah seorang KMer’s yang mengirim SMS ke saya mempertanyakan “Tips Om Kicau Hari Ini” di blog ini. Kebetulan tips yang saya turunkan dalam bentuk animasi adalah tulisan “Burung main umbaran? Sekali jalan setelah itu bubar… jangan melatih penyanyi seperti kita melatih petinju”…

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Oleh karena itulah saya menulis hal ini. Ya bisa jadi tulisan ini akan mengundang kontroversi. Tetapi ya mangga, namanya saja ya pendapat, siapa saja boleh mendebat.

Juga, bisa saja ini adalah tulisan kelanjutan dari postingan saya mengenai “8 Dari 10 Jawara tak mengenal umbaran”.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Sebelum saya memulai tulisann ini, saya hanya ingin menegaskan asumsi mengenai perawatan burung yang perlu dilakukan secara konsisten dan berkesinambung. Untuk tulisan mengenai hal itu, bisa dilihat di sini.

Saya anti-umbaran karena banyak pengalaman menunjukkan bahwa pengumbaran tidak membuat burung bisa tampil konsisten. Banyak burung hasil umbaran malah terlalu banyak lagak di arena lomba tetapi miskin suara. Ini persis seperti petinju, yang banyak gerak main pukul dan labrak tetapi mulutnya “mingkem” (tertutup rapat), Mengapa tertutup rapat? Karena kalau mulut terbuka, gigi bakal rontok saat kena upper cut…. jroot!! Kalau burung main labrak dan gebrak, ya akhirnya cuma bergabrusan dengan “ring” yang namanya jeruji sangkar….

Mengapa burung tidak bisa tampil bagus di lomba?

1. Pengumbaran membuat burung kuat di otot sayap

Ketika burung di umbaran dan kemudian disuruh terbang kesana kemari dengan cara digoda kanan-kiri, dia hanya memperkuat otot sayap dan napas. Burung kicauan tidak relevan untuk dilatih main otot ketika sudah besar. Lain masalahnya ketika dia dalam masa pertumbuhan di penangkaran-penangkaran yang memang mutlak harus diumbar sehingga otot-otot di seluruh tubuh berkembang maksimal.

Ini juga lain misalnya dengan burung yang selama hidupnya sangat mengandalkan kekuatan sayap untuk mempertahankan hidup. Burung-burung seperti ini, biasanya bukan burung kicauan. Salah satu contohnya adalah burung bangau. Burung bangau memerlukan kekuatan otot untuk melakukan migrasi dari satu daerah penghasil pakan ke daerah di mana dia selamanya hidup berkembang biak (biasanya menetap).

Burung kicauan, di alamnya sendiri, tidak ada yang memerlukan migrasi dari satu wilayah ke wilayah lain untuk mempertahankan hidup.

Dia biasanya hanya menetap di suatu daerah dan berikembang biak dengan mencari makan (serangga, ulat, cacing, buah-buahan kecil atau juga bunga-bungaan) di sekitar mereka tinggal. Begitu dapat tangkapan dan kenyang dia akan bertengger di dahan pohon dan mulai bernyanyi. Saat itulah dia yang burung jantan berlatih kepiawaian berkicau, memperkuat otot tenggorokan dan pita suara untuk bisa “mengatasi” pejantan sejenisnya dan menarik minat lawan jenis.

Ketika burung macam ini dirawat pola umbaran (apalagi sampai harus ngos-ngosan tiap hati terbang memutar puluhan bahkan ratusan kali di kandang umbaran) apa yang dia dapat? Hanya otot sayap yang kuat dan napas yang tidak ngos-ngosan kalau harus terbang kesana kemari, tetapi memangnya dia mau diajak lomba balap?

2. Burung di dalam umbaran tidak pernah berlatih bernyanyi.

Kapan sih ada burung yang berkicau kencang ketika di kandang umbaran? Jangankan untuk berkicau, sekadar untuk menghirup napas secara perlahan dan tenang saja dia tidak sempat karena terus digoda dan digoda.

Bisa saja ada yang berkilah bahwa burung di umbaran tetap bernyanyi. Nah, kalau itu yang terjadi, namanya memang bukan pengumbaran, tetapi sekadar memindah burung dari kandang kecil ke kandang besar. Kalau seperti ini ya sama saja bukan pengumbaran karena meskipun berada di kandang besar tanpa ada treatmen, saya yakin bahwa burung juga tidak bakalan terbang muter-muter sendiri. Tidak ada kesadaran alamiah pada dirinya untuk berlatih terbang kuat dan cepat (karena secara alamiah di alamnya sana juga tidak relevan bagi dirinya). Yang relevan adalah berkicau… berlatih otot tenggorokan dan pita suara demi menarik perhatian dunia.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Maka lengkaplah sudah kombinasi dua hasil dari pengumbaran ini: Burung kuat di otot tetapi tidak berlatih bernyanyi alias nabrak-nabrak sekaligus mulut tertutup rapat = bergaya tanpa suara = berdansa tanpa bisa menyapa….

3. Top performance burung tidak bisa dipaksakan

Sebagaimana burung betina, burung jantan suka mempunyain bioritme “bulanan” (bukan berarti 30 hari, bisa kurang bisa lebih). Burung betina, mempunyai siklus internal/bioritme yang kemunculannya bisa berurutan: birahi, nelor, mengeram, mengasuh anak.

Pejantan pun sebenarnya secara alamiah mengikuti biortime pasangannya. Ketika betina nelor dan mengeram, tidak ada cerita si jantan berbirahi sendiri dan bisik-bisik mengajak si betina untuk “berselimut bersama”. Bioritme seperti ini secara alamiah ada pada pejantan atau betina yang dipetik suaranya untuk lomba,

Bisa jadi, seekor burung bisa tampil maksimal dalam berkicau di arena lomba besar sebulan dua kali, tetapi setelah itu ya..tampil amburadul. Kadang tampil kadang tidak.

Lantas apa hubungannya dengan masalah umbaran? Ya itu, seekor burung tidak bakal bisa tampil konsisten terus menerus meski diberi treatmen umbaran sedemikian rupa sehingga mempunyai kekuatan otot dan napas yang luar biasa kalau titik top performance berdasar bioritme tidak pas dengan waktu/saat lomba.

Artinya, burung umbaran atau tidak, kalau kondisi sehat, dia akan tampil maksimal di lomba jika datangnya waktu lomba tepat bersamaan dengan datangnya titik top performance dia berdasar bioritme tubuhnya.

4. Burung main umbaran berisiko mengidap latent stress.

Latent stress adalah stres yang tersembunyi. Burung yang main umbaran, yakni keluar masuk kandang besar dan kecil, kehilangan orientasi atas wilayah teritorinya. Dan hal ini menyababkan dia tidak happy dan merasa stres. Nah inilah stres yang tersembunyi itu, yakni tetap terlihat sehat secara fisik (bahkan terlihat ganas, singset, berotot) tetapi tidak sehat secara mental sehingga gagap dalam mengeluarkan suara. Ditambah lagi tidak pernah enjoy berlatih bernyanyi karena tidak pernah sempat berlatih bernyanyi mengeluarkan tembakan, ngerol-rolan dsb, mengingat setiap saat hanya disuruh “lari-lari”. Lengkap sudahlah dia jadi burung yang tidak ideal untuk lomba.

Saya di sini memang tidak akan menyebut burung apa dan punya siapa yang selalu moncer di arena lomba dalam rentang waktu yang panjang. Hanya menurut catatan saya, burung semacam itu tidak pernah dikenalkan dengan “umbaran-maniak treatment” dan hanya mengenal perawatan secara konsisten dalam hal pakan, jemur, dan mandi.

Bagaimana meraka dirawat selama ini? Rata-rata hampir sama dan tidak meleset jauh dari apa yang pernah saya tulis mengenai Kunci Utama Perawatan Burungdan Agar Burung Rajin Bernyani, Stop Pakan Sebelum Kenyang.

Silakan pendapat lain. Mangga…

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

1 Comment

  1. mengenai stres yang tersenbunyi yang dialami burung kontesan menurut sy tergantung mental burung itu sendiri, sy termasuk orang yang selalu memindah-mindahkan burung kedalam kandang umbaran lalu ke kadang kontes. sehari-harinya burung sy ada dalam kandang umbaran tetapi menjelang kontes kira-kira satu minggu lagi akan bertarung maka burung saya pindahkan kedalam kandang/kurung kontes yang nantinya kurung tersebut tertutup dengan kain penutup(krodong) dan hal-hal tadi yang sy lakukan ternyata justru pengaruhnya sangat baik, dengan berpindah-pindah burung akan terbiasa ketika bertarung ditempat yang berbeda-beda dan kondisi yang berbeda-beda pula, btw burung jagoanku terus melaju sebagai sang juara .kesimpulannya yaitu metal burung harus bagus, pilih pakan yang berkualitas, beri ekstra food (kroto, cacing yang sudah dibersihkan, larva lebah madu, jangkrik atau ulat jerman) selamat mencoba dan mencari burung bermental baja.

Komentar ditutup.