Hercules Junior: Murai batu koleksi Om Kicau

Hercules Junior, anakan Hercules, cucu Alpacino

Beberapa teman yang main ke rumah selalu bilang Om Kicau enggak konsisten antara memberi nasihat ke teman-teman dengan kenyataan peliharaan burung di rumah. Sebab, selain di rumah saya saat ini ada beberapa murai batu, di rumah ada pula cucakrowo titipan Om Bajak Laut.

Ya, memang saya selalu bilang hendaknya tidak memelihara burung fighter lebih dari satu di rumah. Kenyataannya, di rumah saya saat ini ada empat murai batu (MB) jantan  dan 3 betina, semuanya produk penangkaran dari BirdFarm yang berbedea-beda. Selain itu, masih ada beberapa cucakrowo. Nah apa tidak tarung MB2 itu? Ya hendaknya perlu dicatat bahwa ketika saya menulis artikel tentang “4 Jangan dalam memelihara burung lebih dari satu”, ada beberapa syarat di sana. Antara lain, saya sebutkan “Hal ini memang kadang tidak berlaku untuk burung-burung fighter yang sama-sama dipelihara sejak keduanya belum dewasa/bunyi. Kalau burung dipelihara sejak masih sama-sama belum memiliki klaim teritory tertentu, keduanya bisa saling bertoleransi dan tidak saling menyerang. Juga misalnya antara indukan dan anak-anak gerenasi penerusnya selama keduanya tidak pernah berpisah dalam waktu lama. Kalau sudah dipisah lama, kalau dipertemukan lagi akan tetap tarung memperebutkan wilayah teritory (wilayah kekuasaan).”

Nah burung-burung murai batu yang saya pelihara memang semuanya dari trotolan hasil penangkaran. Burung-burung murai batu itu adalah:

1. Hercules Junior

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Hercules Junior: Body biasa, mata tajam, paruh tipis, lengkingannya oke banget.
Hercules Junior: Masih proses dorong ekor.

Hercules Junior adalah produk dari Lintang Songo BF, penangkaran milik Mas Samino Solo. Hercules Junior adalah anakan Hercules dengan betina anakan dari Alpacino. Hercules dan Alpacino adalah burung-burung favorit saya. Mereka memang bukan burung-burung lomba karena Mas Samino jera membawa mereka ke lomba karena selalu “dianaktirikan” oleh juri-juri lokal. Burung tidak pernah direken, tetapi setelah itu mereka bergiliran menawar. Hwakakakaka…dunia lomba memang sering lucu. Ya, meski Hercules dan Alpacino akhirnya jarang menyentuh arena lomba, tetapi soal kualitas di lapangan, hmm…. yah menurut saya termasuk murai batu papan atas-lah.

Hercules Junior saat ini umurnya sekitar 5 bulan. Anakan kedua Hercules ini sekarang sedang dorong ekor setelah proses ganti bulu trotol ke bulu dewasa. Meski demikian, suaranya sangat tajam, gemerincing. Selama ini, hanya saya master dengan CD. Saya sengaja tidak memaster dengan suara khusus karena saya sedang membentuk suara dasar untuk dia: Kasar-kasar, tajam dan melengking. Nyatanya, sukses juga masteran saya.

Dari sisi body, dia sama persis dengan bapaknya, Hercules. Ekor tidak terlalu panjang, body cukupan, kaki hitam/gelap. Suaranya, wehehehe…tajam melengkingnya membuat saya sering senyum-senyum sendiri, puas.

2. Produk Danar Delanggu

Murai Ring Danar Delanggu: Suara hmmm…asyik…
Produk Danar, burungnya cerdas.

Dari sisi penampilan, murai batu mungkin tidak menarik. Ekor panjang melengkung ke atas, ekor membuka, kaki putih dan juga… sering terlihat kakinya tidak bisa mencengkeram kuat ke tangkringan, bahkan sering meleset semua jari numpuk ke depan. Ini adalah kesalahan perawataan awal karena menggunakan tangkringan kecil dan licin sehingga burung terbiasa mencengkeram kayu kecil dan menjadi “gagap” ketika tangkringan diganti ukuran normal.

Meski demikian, begitu burung ini muncul sifat tarungnya, kaki bisa mencengkeram kuat minimal tidak terlihat lagi kakinya yang seperti gemulai. Gaya tarungnya dengan ekor ngeplay, membuat burung ini layak dipelihara. Murai batu usia sekitar 6 bulanan ini juga memiliki keistimewaan pada suara lengkingannya panjang-panjang. Ngerol oke, siulan oke. Dari pagi hingga sore hari tidak pernah berhenti bernyanyi. Dia adalah MB produk Danar BF Delanggu.

3. Murai batu produk Suwito Klaten

Gayanya aduhai….masih perlu polesan untuk membentuk karakter lagu…
MB Ring Fiat produk SWT Klaten: Wajah sangar, volume oke…

Murai ini saya dapat ketika usianya sudah lebih dari setahun. Volume suaranya yang kencang, lagu-lagu kasar dan gaya tarungnya yang ngeplay bagus, membuat saya tertarik untuk memeliharanya.

Dengan kaki relatif gelap, ekor lumayan panjang (tetapi satu bulu ekornya yang panjang patah kerena tertekuk jeruji sangkar) dan gaya ngeplay yang cantik, burung ini masih perlu dipoles lagi isiannya. Tetapi karena usianya yang masih muda, sekitar setahunan, burung ini masih punya masa depan yang “cerah”.

Murai batu ini adakah produk dari penangkaran Suwito Klaten. Namun karena sejak kecil dipelihara oleh Mas Fiat Kartasura, maka ringnya pun bertuliskan “FIAT”. No problem. Yang jelas, burung ini punya tampang dan katuranggan jawara.

Ya begitu sedikit cerita tentang koleksi murai batu di rumah saya, Om Kicau, di Kartasura.

Salam cuit-cuit.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

89 Comments

  1. Mo nanya om sy pnya decu kakinya pincang,dan macet tdk bnyi sm skl,untuk solusinya penyembuhan kakinya dan kemacetannya bgmn,,,mksh om sy tnggu blsannya

  2. lam kenal om,,om saya baru beli MB, kalau di taruh dalam rumah sering bunyi, tp lo di taruh di luar males bunyi kayak gak nyaman gitu, soalnya sama pemilik yg dulu di taruh dalam rumah terus. gimana om caranya biar terbiasa kalau di taruh luar, rencananya pengen aq tangkarin,,,,sebelumnya makasih om,,

  3. salam kenal mas…sy mau nanya kapan proses ngurak pertama anakan/trotol mb dari penakaran om…
    dan setingan tepat untuk mb trotolan yg sdh makan voor.trims

  4. Om i jg punya mb dari danar,umur kira2 1th blm ada?untuk setingan harian mb om yg dari danar gimana?itu termasuk mb sumatra pa kalimantan om?soale i bli dari temen gak langsung dr danar,bls om.tanks

  5. salam kicau mania nanya om bagai mana mendokrak power mb aceh saya stelah mabung koq suaranya mempeng dan isian tidak keluar

  6. wuih bagus2 ya om burungnya, masternya jg hanya pake cd nya om irfan guru besar smartmastering, ditunggu moncernya di lapangan om dengan suara khasnya smartmastering

  7. Salam kenal om Cara mau gabung gimana yah?… Sedikit pertanyaan, Waktu yang tepat untuk pengerodongan murai bagaimana om. Dan untuk murai batu biar cepet ngeplong gmn. Karena murai batu saya ngeplong cuma shubuh aja om.. Sekali lagi salam kenal N blog ini bikin saya semangat dalam memelihara burung fighte.. Thanks

  8. Produk Danar BF yang dikatakan burung salah rawat saya senang lihat potongannya, Om. Kalau mau inden adiknya kira2 budgetnya nyampe berapa ya???

  9. wah pakar mb masuk. Om Yogi bagi2 dong info klo ada mb2 prospek, biar pemula2 kyk saya dan yang lain bisa ngikutin jejaknya senior2 kyk Om Yogi.
    Salam….

  10. lumayan bagus ya mas burungnya..,kalau saya baru pemula suka burung ,kalau MB suka bunyi tapi kalau ada orang bunyinya berhenti kenapa ya mas.nuwun

  11. Salam om Duto…saya mau tanya nih, kenapa MB saya kalo diadu kok banyak ngetemnya. Awalnya sih bagus, tembakan keluar semua, tapi abis itu ngetem gak mau bunyi cuma nge-play tok. Menurut Om Duto gimana nich solusinya? Tq.

  12. salam kenal, saya penggemar burung berkicau yg boleh dibilang masih baru dan awam, sampai-sampai tdk bs membedakan mana mb borneo dan mb medan. tak ayal, dua bln yg lalu sy tertipu membeli mb borneo dgn harga Rp.800rb di psr brg pramuka. akhirnya sy membeli lagi mb medan di psr brg pramuka tp bkn di tk yg nipu sy itu. pd saat sy bl mb nya blum berkicau, sampai skrg hny kriwik saja. itupun klo tdk liat orang, kalau liat mb nya ketakutan. mhn info penangkaran mb di jakarta atau bandung dimana ya om..biar sy dpt momongan mb medan/lampung yg gacor dan oke. tx

  13. Mas…. saya pemula lg ingin melihara MB, mohon infonya doong harga n alamat dimana saya bisa beli trotolan MB tangkaran kalau bisa sekitaran jakarta

  14. om…saya dulu pnah liat murainya om duto waktu saya maen k om fiat…
    waktu itu, mw aq beli..katanya udah ada yg nawar..eh ternyata dibeli om duto…
    hehehe

  15. bung duto mohon informasinya untuk peternak murai batu bp suwito alamatnya yang jelas,harga anakannya per ekornya berapa kira 2.terima kasih,

  16. bung kalau yg produksi danar delanggu tu harga anakannya berapa bung….alamtnya mohon diperjelas om saya dari mgl kalau pas ada mau main kesana…makasih omm….

  17. wah jian…

    marai ngulu idu om…
    ow, brrti klo memaster caranya diksih suara dasar dulu to: Kasar-kasar, tajam dan melengking, knp g lngsung suara jadi wae om?
    grejo tarung misale,

  18. Om Duto mau nanya MB Danar Delanggu itu tangkaran Danar sendiri? soalnya saya tetanggaan sama Danar tapi saya ga pernah tau lok dia Danar tangkar sendir..
    maklum sebatas tetangga tapi jarang ngobrol, beda umur Danar temen kakakku.
    nuwun

  19. Salam Kicau…

    Waaah, akhirnya muncul juga nech artikel+foto2
    Koleksi KUARTET MB Om Kicau 🙂
    Makasi banyak Om, jadi dapat gambaran pic MB Danar nya…
    Tanya Om :
    Menurut Om, ampe saat ini dari koleksi Kuartet MB Om diatas, secara umum yang paling oke yang mana?
    hehehe…

    • Tergantung indukannya Om. Kalau indukan bagus (tentunya si penangkar juga beli indukan sudah mahal, karena biasanya belanja burung lomba) ada yang harga 1,5 juta ada yang 2 juta bahkan ada yang 2,5 juta. Kalau biasa, asal anakan penangkaran, kisaran 750rb jantan.

  20. Saya bulan ini lagi ngumpulin MB2 yang yahud: 1 dr Duri, Pekan baru sering juara latber, Dari Jogja walau ekor hitam sering juara 1 dan 2, 1 dr Semarang juara 1 di Latber PB Karimata SMG, dan terakhir dari tokoh MB terkenal (maaf orangnya minta dirahasiakan) di Jkt prestasi puncaknya adalah Final juara 1 Lomba BNR di Kelapa2, dep tan no. 2. rama plaza no. 1 dsb ….

  21. * Volume Yang Tajam dan paling keras
    * Mental yang bagus, berani tarung yG MUDA

    BUAT SAYA KALAU ADA YA PAK DE … SMS DONG …

Komentar ditutup.