Burung kolibri harus konsumsi bahan pangan 5 kali berat badannya

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Burung colibri atau kolibri (Foto: http://www.shutterstock.com)

Banyak orang akan sepakat bahwa kolibri adalah salah satu jenis burung yang indah dan menarik. Burung kolibri ini masih banyak terdapat di berbagai pelosok Indonesia, termasuk di dekat rumah saya di Kartasura. Sayangnya, saat ini kolibri banyak diburu untuk diperjualbelikan untuk tujuan hobi dan lomba. Padahal burung ini bisa menjadikan halaman rumah atau kebun kita lebih asri ketika dia datang dan mencari madu di tetumbuhan dekat rumah.

Di beberapa negara Eropa, banyak orang menyediakan makanan untuk kolibri atau mereka sebut hummingbird di halaman belakang rumah. Dan hal ini pun bisa Anda lakukan.

Seperti Anda mungkin sudah tahu, mereka tidak makan biji seperti kebanyakan burung lainnya. Ada tiga cara yang berbeda yang dapat Anda lakukan untuk memberi makan kolibri: tanaman bunga dengan jenis yang tepat atau disukai burung di kebun Anda, membelikan pakan jadi, atau membuat sendiri.

Jika Anda punya kebun dan ingin menarik kedatangan kolibri, maka beberapa jenis tanaman yang baik untuk ditanam adalah jenis yang merambat berbau harum. Atau bahkan Anda bisa membuatkan wadah pakan untuk mencoba-coba siapa tahu kolibri mau mendkat ke wadah pakan yang Anda sediakan dan mau memakan/ meminumnya.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Makanan yang perlu Anda siapkan untuk kolibri adalah campuran air gula dengan perbandingan 1 bagian gula dan 4 bagian air. Didihkan saja air dan perlahan-lahan tambahkan gula. Biarkan mendidih selama beberapa menit, kemudian angkat dari kompor dan biarkan sampai dingin. Air gula seperti ini bisa disimpan di dalam lemari es.

Jangan tambahkan bahan makanan lain ke dalamnya, apalagi jenis-jenis larutan atau makanan berpewarna makanan. Ini tidak baik untuk burung. Juga jangan tambahkan pemanis lain. Pakai gula pasir biasa sudah cukup dan baik. Kalau Anda menggunakan madu, maka bisa terfermentasi dan tidak bagus untuk kolibri.

Jika Anda menggunakan feeder (wadah pakan burung untuk diberikan kepada burung-burung di kebun), pastikan Anda mencucinya setiap beberapa hari untuk mencegah tumbuhnya jamur. Jika Anda menciptakan kondisi yang tepat, maka Anda sudah menciptakan sebuah surga untuk burung yang indah itu.

Burung kecil yang kuat makan
Kolibri seperti ditulis di  http://www.for-the-birds.info, termasuk burung yang menghabiskan jumlah energi yang luar biasa setiap hari. Kolibri yang sangat kecil, biasanya dengan berat antara 3 dan 7 gram, tetapi energi yang mereka butuhkan untuk hidup cukup besar.

Hal ini karena tingkat aktivitas mereka sangat tinggi, dan jam biologis mereka berjalan sangat cepat. Laju denyut jantung dalam kolibri terbang dapat mencapai hingga lebih dari 1200 kali per menit.

Dan inilah mengapa mereka harus makan sangat sering, terbang dari bunga ke bunga mengumpulkan nektar, yang merupakan sumber utama energi mereka. Di samping mengandung air, nektar juga mengandung sukrosa, glukosa dan fruktosa, yang semuanya adalah bentuk berbeda dari gula. Jadi kalau Anda mau memberikan makanan yang tepat untuk kolibri adalah air gula, bentuk makanan yang paling dekat dengan jenis pakan harian mereka.

Kolibri adalah pemakan yang rakus, dan mereka harus makan antara 5 sampai 14 kali setiap jam. Kapasitas perut mereka kecil, dan tidak bisa menahan terlalu banyak makanan sekaligus. Itulah sebabnya mengapa mereka harus makan sangat sering agar tidak kelaparan.

Pada suatu waktu tertentu selama periode aktivitas mereka, burung ini sangat dekat kematian jik mereka mengalami kelaparan. Jadi persoalan makanan adalah masalah kelangsungan hidup utama bagi mereka, terutama dalam masa sekarang di mana hutan beton terus bertumbuhan memusnahkan hutan, pohon-pohon dan bunga.

Manusia biasanya makan sekitar 2% hingga 4% dari berat badan mereka sendiri setiap hari. Bandingkan dengan makan dari burung kolibri, yang dalam keadaan normal harus makan lebih dari 500% berat badan sendiri setiap hari hanya untuk bisa bertahan hidup. Untuk alasan ini, memberikan energi yang tinggi berupa air gula dalam makanan mereka adalah salah satu hal terbaik.
Salam lestari burung Kolibri….
Om Kicau

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

65 Comments

  1. om mo tnya bnyak nih wadah air gula.x pke yg kcil ato sdang” jja om n bysa.x shari air gula.x d gnti brpa x ..
    dan apa ada lomba khusus kolibri !!
    thx omkicau.

    • pakai kecil saja, cepuk sedang isi air matang biasa. air gula sebaiknya ganti 2-3x/hari supaya kandungan gula tidak larut dan selalu fresh. Kolibri salah satu burung dilindungi dan tidak boleh dilombakan.

  2. Met siang om, cuman mau kepastian aja neh om mengenai air gula tuh, takerannya 1 gula + 4 bagian air, apa ga terlalu manis tuh om……? Makasih sebelumnya om

  3. om saya mau tanya,
    burung kolibri raja saya kok akhir” ini jarang bunyii yahh , itu knp tuh kllo boleh tauu om??
    bagus nga yah kllo kolibri di kasih makan kroto ??

  4. oom saya mau tanya kok kolibri saya kok kalo diliatin ke kaca kok g rajin ya bunyinya malh cuex ajhhh terus sayapnya belum mulai riang masiih anteng2 ajh bagai mana cara ngatasiinya pakan yang baiik apa ya om tereus supaya biar rajin bunyinya bagai mana

  5. saya cuma mo tanya om , sampain di kartosuro di mananya om sya di Gawok om, saya baru aja punya kolibri eeh sudah kegilaan burung, kapan kapan saya pulang kampung tak mampir om

  6. haiii omm…. gua pengen cerita sekaligus nanya ni…
    gua kan td siank mikant_burung tuzzz aq dapat burung kolibri ninja 1..
    nah yg jadi pertanyaan nya saat ini adalah gi_mana sih cara ngepurin burung paruh panjang yg 1 ni….
    plase jawaban nya…secepat nya y..
    trmksh…

  7. lam kenal om , tanya klo kolibri tu ada brp macem ya trus beda dimana tuh om, aq pengen download suara tuq master kemana yah om

  8. om mau tny apa bnr bu2r bayi kering baik untuk brng kolibri trs trs pentingkah air mineral bagi burung tersebut mohon bantuanya

  9. om duto , saya punya kolibri ninja,baru 2 minggu ini selama ini tak kasih air gula + madu, makasih pencerahan nya ttg ga boleh di kasih madu, sdh mau kroto, tapi kebanyakan yg di makan malah serangga kecil2 di kroto itu ( kroto nya juga mau ), tak kasih pisang manis,oles madu ga di makan ?, tak kasih voer campur ulat kandang juga ga di makan , sebenar nya makan nya apa om ? , masak cuma minum air gula aja ? , trimakasih atas jawaban nya…

  10. om saya punya kolibri anakan jenis Raja klo gk salah mirip di pic no2 . cara biar tau jnis kelaminnya gmn soalnya cm ada 1 ekor, apa harus nunggu sampai warnanya muncul? burungnya klo di siulin mw bunyi dikit2 dan doyan kroto, untuk perawatan apa sama dengan burung kolibri sperti di atas mohon share ilmunya tq . SALKOMSEL

    • klow setau saya untuk mengetahui jenis kelamin burung kolibri bisa di liat dari bentuk tubuhnya,tp lebih jelasnya kalau sudah ganti bulu.
      perawatanya mudah,hanya dikasih air gula dan di ganti 1 atau 2 hari sekali,sediain air tawar juga dan jangan lupa kroto pagi dan sore.

  11. di tempat saya masih banyak pak ndhe…. sering disebut “mantenan”… keluarnya kalo banyak orang duwe gawe,tapi sayang seribu kali sayang…..mulai banyak tukang pikat…. tidak cuma memikat gadis atau janda… kolobri yang biasanya makan ontong (bunga pisang) disamping rumah mulai lenyap disikat si tukang pikat…. wis embuh… pancene kebutuhan dapur….

  12. om kolibri punya saya adalah kolibri tasik (bulu hitam) bisa di kasih buah-buahan ga kalo bisa buahnya apa ? & bisa lepas air minum susunya ga ? & bisa makan voer ga? dari piyik (warna ijo sampe dewasa
    (warna hitam) berapa lama ?

  13. Wah untung ada penjelasan ini setelah search engine. Kemaren saya menemukan burung jenis ini. Baru tau ternyata namanya colibri ya. Burung kecil, tapi berparuh panjang. Saya menemukan di kantor, karena waktu itu dia terjebak di ruangan saya. Trus saya bawa pulang, gak tau mau dikasih makan apa tuh burung, coz dah ku kasih pepaya, pisang, poer, ulat, jangkrik. Dan gak ada 1 pun yang dimakan, akhirnya pagi ini dia memejamkan matanya untuk selamanya. 🙁 kasian banget tuh burung.

  14. Saya pgn tau lbh lngkp ciri2 kolibri berdasarkan asal usulnya,menu makan mandi jemur utk lomba brg kolibri tu yg bener gmn to om?trims.

  15. OM yg biasa dlombakan colibri jenis apa?colibri bs dmasterkan tdk?klo bs dmasterkan dg suara burung apa saja?colibri yg suaranya tembakannya kencang jenis apa?dt4 sy ada kolibri yg makan pisang jenis apa?saat ini saya sdg merawat colibri tasik 2 ekor yg satu sdh mulai bunyi tp blm terlalu kencang,porsi makan masih air gula trs blm bs makan kroto n pur lembut

  16. OM apa bedanya colibri raja sama colibri tasik??tolong sy dberikan referensinya yg lengkap ya om,karena sy baru beli colibri tasik bakalan baru sy ksh air gula saja…tks

  17. Didi NP :

    Siang OM sy mau tanya seputar burung colibri,bgmn crnya mencampurkan pur lembut(SKM/fortune) yg dcambur dg serbuk gula??sama kroto yg dkasih serbuk gula??agar colibri bs makan pur n kroto secara murni,tolong arahannya ya om….klo colibri sdh bs makan pur n kroto secara murni apa msh dksh air gula??

  18. Om Duto,
    kemaren saya dapat kolibri dari temen, katanya dia dapet nangkep di rumahnya dan karena udah g piara burung yang makan kroto makanya di alihkan ke saya,..
    klo boleh tau gimana ya caranya supaya kolibri itu bisa makan kroto or voer halus???
    coz takut mati klo kelupaan kasih madu,..
    dalam 2 hari ini saya kasih madurasa+air dan kroto,..

    Thanks infonya

    • Jangan pakai madu. Kalau terfermentasi, kolibri bisa KO. Air gula saja.
      Kalau mau pakai voer halus ya bisa, coba dicampur dengan bubukan gula dulu. Untuk kroto, ya kroto yang dikasih bubukan gula juga. Lama2 mau makan kroto murni juga.

  19. lam kenal om, sy ada pelihara burung madu.. (termasuk kolibri jg bkn ya om?) ta kasih makan pisang, kroto dan ta kasih minum air campuran madu.. udah pelihara sebulanan, kira2 perawatan.nya gmn lg ya om? matur thank u

Komentar ditutup.