Pernah merasa didholimi di lapangan lomba dengan alasan atau jawaban dari para juri “burung kurang nampil”, sementara Anda sendiri menilai burung sudah kerja maksimal? Annas Naswa, salah satu kicaumania dari Sedan, tepatnya di sebelah selatan Hotel Hyatt Yogya, mengaku pernah sangat jengkel karena masalah ini. Namun, justru dari kasus ini membuatnya jadi punya ide untuk membuat sangkar yang lebih mudah terpantau dari segala sisi, termasuk dari sisi bawah sangkar sekali pun.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Agar keinginannya bisa sesuai, tentu harus dari bahan yang tembus pandang, alias bening, alias transparan layaknya aquarium.

Pendek kata, jadilah sangkar dengan bahan dasar dari acrylic, kecuali jeruji tetap memakai bahan dari bambu ori seperti lazimnya. Dibawalah sangkar itu ke Latber di KMYK Taman Kuliner Jogja. Di sana, sangkar dan tentu juga burung Annas pun jadi perhatian, soalnya burung kelihatan sangat jelas seperti tanpa sangkar.

Menjadi lebih sibuk

Kepada salah satu juri yang pernah bertugas sebelumnya di tempat lain, Annas pun menunjuk sambil mengatakan, “Itu loh burung yang dulu katanya kurang kerja, sekarang coba amati dari semua sisi, pasti tak ada alasan kurang jelas karena tidak bisa melihat pada saat burung kerja kan?”

Burung anis merah milik Annas pun kemudian jadi juara di KMYK. Tapi, bukan soal burung jadi juara yang kemudian membuatnya jadi lebih sibuk dari biasanya.

Beberapa orang yang melihat sangkar ‘aneh’ itu segera merapat dan memesan untuk dibuatkan sangkar serupa. Sampai sekarang, di Jogja sendiri sudah ada 5 orang yang memakai sangkar hasil kreasi Annas, belum yang dari luar kota bahkan luar pulau.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis...

Sangkar bening atau transparan
Sangkar bening tampak bawah

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Annas merangkai sangkar acrylic
Rangka sangkar bening siap dipasangi jeruji
Annas menggunakan sangkar bening untuk anis merah – dokumentasi Agrobur

Lebaran kali ini, pengusaha jasa belajar stir mobil dan rental NASWA ini juga dibuat lebih sibuk, sebab ada banyak sekali yang memesan sangkar bening. “Banyak yang mau membayar di depan via transfer, baik sekadar untuk DP maupun yang langsung mau melunasi, tapi saya tak berani terima. Saya memilih menunggu sampai sangkar jadi dulu, baru mau terima uangnya. Belasan sangkar insya Allah sudah jadi dan akan saya bawa ke even Kicau Mania Bersatu PBI Semarang, 16 September, dan berjanji dengan pemesan ketemu di sana. Setelah melihat sendiri produk dan cocok, baru bayar, jadi biar kita sama-sama enak.”

Anda tertarik? (Waca – Jogja)

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

-7.550085110.743895