Kasus burung mati dalam pengiriman, musibah ataukah modus penipuan baru?

Begitu melihat foto bangkai dua ekor burung kenari, tepatnya burung lizard, yang diunggah Om Daniel Wijaya di grup Kenari Mania Indonesia di facebook.com, saya ikut sedih dan prihatin. Sedih melihat nasib kenari itu, prihatin dengan nasib Om Daniel karena telah membeli burung dari penjual yang nekat dan ternyata lantas menghilang tak ketahuan rimbanya.

Inilah foto yang saya maksud:

Burung mati dalam pengiriman
Burung mati dalam pengiriman, ataukah sudah mati sebelum dikirim?

Ketika mengupload foto tersebut, Om Daniel, menuliskan demikian: “Kiriman lizard dari Eko Setianto. Dibuka mati semua. Di telepun hp, nomer tidak terdaftar. BB ga dibalas. Postingan jualan di forum ini juga di hapus. Akses facebook diblok pula.”

Karena pengin tahu duduk perkaranya dan berharap pengalaman serupa tidak menimpa teman-teman kicaumania, saya pun  mengirim pesan di FB: “Bagaimana kronologi lengkapnya Om? Siapa tahu nanti bisa saya upload di omkicau.com dan bisa menjadi pengalaman teman-teman, atau barangkali ada yang bisa mengenalinya. Sebutkan nama, alamat dia dan juga rekening yang dipakai. Salam.”

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Om Daniel pun membalas, “Nanti saya copas chat BBM-nya yah Om. Di chat saya dah ingetin dua kali supaya jangan pake bus. Coba dibaca aja chatnya om.”

Kemudian dikirimlah chat BBM-an itu seperti di bawah ini:

Participants: Daniel jackmcduck, Eko Setiyanto

Messages:

Eko Setiyanto: Bos yg ayaman KN jadi kan ?Daniel jackmcduck: Jadi

Daniel jackmcduck: Harganya berapa pak?

Daniel jackmcduck: Yg kaya difotoku ada kan?

Eko Setiyanto: ntr aku info mas, ini lg di pb semarang

Eko Setiyanto: PING!!!

Eko Setiyanto: Bos 1biji 2000 gmn ?

Eko Setiyanto: Bos

Eko Setiyanto: Sepasang lizard 1650rb + sarang KN 20rb = 1670rb

Bank mandiri 1290009826849 a/n Eko Setiyanto. Ditunggu konfirmasinya mas. Barang saya kirim hari ini. Suwun

Daniel jackmcduck: Ya

Daniel jackmcduck: Nanti aja pak

Daniel jackmcduck: Bank tutup hari ini

Daniel jackmcduck: Saya lagi nguli:D

Eko Setiyanto: Aku senin udh berangkat sulawesi piye mas ?

Eko Setiyanto: Saya takut ga ada yg kirim burungnya

Eko Setiyanto: ScreenShot_by_s4bb_2012-08-25_09-40-44.jpg (26.22 KB)

Daniel jackmcduck: Gak ragu

Daniel jackmcduck: Ga ada rek mandiri (˘_˘٥)

Daniel jackmcduck: Herona mingu bisa?

Daniel jackmcduck: Harus pinjem rekening temen yg punya mandiri

Daniel jackmcduck: Rencana mau tak setor lewat teler, krn ga punya rek mandiri

Daniel jackmcduck: Nanti tak kabarin pak, saya minta tolong adik suruh usaha transferin

Daniel jackmcduck: Mudah2an mesin stor tunainya bisa pak

Eko Setiyanto: Hari ini s/d besok saya usahakan herona mas, klo herona msh tutup paling via bus jurusan tegal mas.. Paling ambil di terminal nanti aku info nama bus (nopol) dan no hp nama sopir/kenet nya.

Daniel jackmcduck: Herona aja lebih aman pak

Eko Setiyanto: Klo buka hari senin gmn mas, sedang saya hari senin berangkat nguli ke sulawesi mas.. Nanti coba saya tanyakan lagi ya, kmrn aku telpon blm nyambung2 sm operatornya

Daniel jackmcduck: Herona gak buka ya batal saja lah pak

Daniel jackmcduck: Pernah beli waterslanger dari purwokerto, kirim pake bus mati semua

Daniel jackmcduck: Mati kepanasan

Daniel jackmcduck: Hp saya pak 08129491437

Daniel jackmcduck: Barangkali lowbat bb saya gak bisa bbm

Eko Setiyanto: Ok mas.. Saya ga janji ya bisa ato tdk heronanya

Daniel jackmcduck: Pak. Herona buka tgl 27

Daniel jackmcduck: Buat binatang tgl 29

Daniel jackmcduck: Tadi saya telp cabang tegal

Daniel jackmcduck: Coba bapak tanya ke poncol

Eko Setiyanto: Di telpon blm bisa mas (ga diangkat), ya sdh mas klo saya ga bisa senin kirim ke herona krn senin nguli.

Daniel jackmcduck: Gak ada yg bisa bantu ngirimin yah?

Daniel jackmcduck: Pernah pake bus pahala kencana?

Daniel jackmcduck: Mati gak?

Daniel jackmcduck: Yg beli lb orang tegal kirim pake apa pak?

Daniel jackmcduck: Lb lebih gak tahan panas

Eko Setiyanto: Saya kirim dr indramayu ke jkt ga ada masalah mas..

Eko Setiyanto: Ya mungkin kondisi burungnya yg kurang fit

Daniel jackmcduck: Coba tanya paket bus esl lorena pak

Daniel jackmcduck: Ongkosnya berapa,

Eko Setiyanto: Maaf ya teman numpang lapak grin

Yg doyan 2pastel ijo + 1ijo standar umur 2,5bln PM me !!!! Borongan aja 3ekor… Siap cepat dia dapat ({})

Matur suwun

Eko Setiyanto: Ntr agak sorean jam 3an aku mau ke bus coyo mas.. Kirim lovebird ke mas arief tegal…

Eko Setiyanto: Paling 20-30 rb mas

Daniel jackmcduck: Coyo poolnya dimana mas?

Daniel jackmcduck: Di tegalnya.

Daniel jackmcduck: 1650rb sama kirim

Daniel jackmcduck: Coba tolong tanya pak arif

Daniel jackmcduck: Ya pake coyo aja pak

Daniel jackmcduck: No hp nya mas eko brp

Daniel jackmcduck: Lowbat bgt

Eko Setiyanto: 085779022228

Eko Setiyanto: Paling klo tdk sore ini ato terakhir besok pagi saya kirim dr semarang.

Daniel jackmcduck: Alamat saya daniel wijaya.

Daniel jackmcduck: Jl. Ciliwung no 18 dan 9 tegal jateng 52121

Eko Setiyanto: Phone nya mas

Daniel jackmcduck: Sms ku masuk?

Eko Setiyanto: 1650+20 = 1670

Daniel jackmcduck: Ok

Eko Setiyanto: Blm ada sms masuk mas

Daniel jackmcduck: 08129491437

Eko Setiyanto: Baru masuk mas..

Daniel jackmcduck: Udah trans mas kata adiku. Tapi 1650rb

Daniel jackmcduck: Nanti tak sms struk m bangkingnya

Eko Setiyanto: Ok gpp lah mas , secepatnya aku kirim. Nanti aku info lagi

Daniel jackmcduck: munch_2012_08_25_135709.png (34.62 KB)

Daniel jackmcduck: Tak munch aja lah

Eko Setiyanto: Yg 20 itu wadah sarang nya mas.. Kemaren kan udh deal 1650 termasuk pengiriman.. Jadi nanti pengiriman berapapun itu tanggung jawab saya.

Daniel jackmcduck: Mas poolnya coyo di tegal dimana?

Daniel jackmcduck: Dulu di tegal sari skr pindah

Eko Setiyanto: Coyo ga bisa mas, dia ga berani resiko.. Gini aja besok pagi saya muter2 ke cari pengiriman.. Tenang aja mas burung aman kok…

Eko Setiyanto: Besok pagi segera aku kabari

Daniel jackmcduck: Ok

Eko Setiyanto: Besok Saya usahakan sebaik mungkin utk memuaskan para pelanggan mas… Kepuasan pelanggan jauh lebih penting bagi saya…

Daniel jackmcduck: Transfer BERHASIL dr rek.xxx928 ke rek.1290009826849/Eko Setiyanto Rp. 20.000,00 tgl 25-08-12 jam 18:22:08 Ref:543876225 – kekurangan 20rb

Daniel jackmcduck: Kurangan 20rb nya mas

Daniel jackmcduck: Kirim pake expedisi apa mas?

Eko Setiyanto: Ok mas, sebetulnya biarin aja tdk apa2..

Eko Setiyanto: Suwun

Daniel jackmcduck: Gak enak lah. Yg trans adik saya

Daniel jackmcduck: Saya gak punya rek mandiri

Eko Setiyanto: Besok aku cari2kan ekspedisi, klo memang tdk mungkin besok coba pake travel ya mas. Soalnya td muter2 udh dapet bus yg coyo, tp msh agak ragu. Besok rencana mau ke travel, seandainya travel tdk bisa mau tdk mau pake bus coyo. Nanti aku suruh jangan di taruh bagasi tp di dalam biar ga kepanasan. Suwun

Daniel jackmcduck: Ok lah

Eko Setiyanto: Seandainya semua tdk ada nanti saya sendiri yg ke tegal naek kereta sekalian jalan2 mas grin

Daniel jackmcduck: (˘_˘٥)

Eko Setiyanto: Hehehee

Daniel jackmcduck: Baru mau nyoba kenari import mas. Buat nambah2 beli susu anak saya

Eko Setiyanto: Hehehe

Eko Setiyanto: Ga coba LB aja mas

Daniel jackmcduck: Lb ada

Daniel jackmcduck: Cuma palmas yg dah hampir produksi

Eko Setiyanto: Banyak mas ? LB apa aja

Daniel jackmcduck: Ada 2 pasang doang

Daniel jackmcduck: Item personata sama palmas

Daniel jackmcduck: Ada cobalt tapi titipan sodara, sepasang juga

Daniel jackmcduck: Beli dulu umur 3 bln an. Gak kuat beli siapan

Daniel jackmcduck: Klo masih bujang sih beli indukan sekalian

Eko Setiyanto: Iya mas, sekarang harganya gila2an fenomena lovebird

Daniel jackmcduck: Pak arif yg di tegal rumahnya dimana mas?

Daniel jackmcduck: Barangkali pas lewat nanti mampir

Daniel jackmcduck: Besok saya juga nguli mas

Daniel jackmcduck: Libur malah senin

Eko Setiyanto: Djoko arief hidayat d/a Jl. Prof. Moh. Moh. Yamin ( sebelah selatan Pom bensin kudaile ) Slawi- kab. Tegal

Eko Setiyanto: Itu mas, aku kurang tau juga grin

Daniel jackmcduck: Wah slawi. Jauh dari tempat saya

Daniel jackmcduck: 15km an

Daniel jackmcduck: Klo tempat saya ke stasiun tegal 5 menit

Eko Setiyanto: Oooh

Daniel jackmcduck: Pak arif alamatnya kurang jelas.grin

Eko Setiyanto: Ga tau juga mas.. Dia udh transfer dr hari jumat kemaren…

Daniel jackmcduck: (˘_˘٥)

Daniel jackmcduck: Klo pake herona alamat nya gitu gak bisa ngambil

Daniel jackmcduck: Klo kirim burung ke luar pulau pake apa mas?

Eko Setiyanto: Susah mas klo luar jawa, yg pertama masalah ekpedisi dan yg kedua kondisi burungnya.

Daniel jackmcduck: Ok lah

Daniel jackmcduck: Besok kabarin mas. Mau tidur dulu, cape bgt 3-|

Eko Setiyanto: Iya besok pasti saya kabarin.. Suwun

Daniel jackmcduck: Thanks

Daniel jackmcduck: Mase klo dateng ke tegal nanti tak traktir:D

Eko Setiyanto: Hehe… Ini lg mau dipacking bro.. Bentar ya

Daniel jackmcduck: Mau dateng sendiri apa kirim?

Daniel jackmcduck: Klo mau dateng siangan aja mas, saya lagi nguli di pasar brebes

Eko Setiyanto: Saya usahakan cari ekpedisi dulu mas, klo saya agak ragu InsyaAllah maen tegal.

Daniel jackmcduck: Ok

Eko Setiyanto: Tugu-20120826-00102.jpg (44.37 KB)

Eko Setiyanto: Ntr aku info ekpedisinya mas.. Suwun

Daniel jackmcduck: Pake besek:D

Eko Setiyanto: Iya mas.. Aman kok

Eko Setiyanto: Aku beli lutino mm dr lampung pake besek juga mas. Alhamdulillah tdk kenapa2 burungnya alias sehat

Daniel jackmcduck: Alamatku tambahin mas rt 08/09

Eko Setiyanto: Ok mas

Eko Setiyanto: Nanti aku info lagi ya mas

Daniel jackmcduck: Ok

Eko Setiyanto: Sopir 087710222218 bus coyo (nopol G 1590 AA) berangkat barusan mas.. Kira2 4jam klo lancar dr semarang.. Katanya nanti mau di telpon sama org bus nya mas… Suwun

Eko Setiyanto: Jurusan semarang – tegal

Daniel jackmcduck: Coyo pool nya dimana mas?

Eko Setiyanto: Td ga dibagasi mas taruhnya, ada didalam mobil. Klo ditaruh dibagasi pasti panas dan kasian burungnya

Eko Setiyanto: Coba sms aja mas.. Td Katanya dia sih katanya ntr mas mau di tlpn klo sdh mau sampe tegal, td buru2 soalnya jalannya macet di krapayak.

Daniel jackmcduck: Ok

Daniel jackmcduck: Nanti aja telp nya lah. Pasti lg nyetir

Eko Setiyanto: PING!!!

Eko Setiyanto: Mas, barusan aku di telpon sopir nya katanya dia udh sampe di terminal tegal. Dia ga bisa antar sampe home mas

Eko Setiyanto: +6285740135653 ini nope sopirnya

Daniel jackmcduck: Ok aku kesana

Eko Setiyanto: Coba ditelpon dulu aja mas

Daniel jackmcduck: Ok

Eko Setiyanto: Soalnya gw di telpon 2x bos

Daniel jackmcduck: IMG00023-20120826-1520.jpg (37.03 KB)

Daniel jackmcduck: Mati semua mas

Eko Setiyanto: Ntr aku konfirmasi ke coyo nya

Daniel jackmcduck: IMG00024-20120826-1522.jpg (51.81 KB)

Daniel jackmcduck: Pas aku ambil aja gak gerak2

Daniel jackmcduck: Ini baru sampe rumah tak buka

Daniel jackmcduck: Sama kaya waterslanger via bus juga mati

Eko Setiyanto: Iya mas aku coba telpon coyo, soalnya yg punya mas arief tdk kenapa2

Eko Setiyanto: Dan semua burung dalam kondisi sehat2 semua

Eko Setiyanto: Aku coba konfirmasi dulu ke agen coyo dulu mas

Daniel jackmcduck: Ok

Daniel jackmcduck: IMG00025-20120826-1527.jpg (52.87 KB)

Daniel jackmcduck: Gimana mas?

Daniel jackmcduck: (˘_˘٥)

Penjual nekat atau memang sudah berniat tidak baik?

Kalau melihat chat di atas, memang sudah diingatkan kepada penjual untuk tidak mengirim dengan bus karena pengalaman buruk sebelumnya. Namun ternyata nekat juga.

Yang lebih memprihatinkan memang dalam hal packingnya. Packing burung dengan besek untuk pengiriman jarak jauh tanpa ada kontrol setiap sekian menit/jam jelas-jelas kesalahan fatal.

Pertanyaan berikutnya tentu saja mengapa setelah transaksi itu berlangsung, si penjual tidak bisa dihubungi sama sekali? Apakah memang ini salah satu modus penipuan ataukah penjual mendapat musibah sedemikian rupa sehingga dia tidak bisa dihubungi sama sekali?

Apakah kecurigaan bahwa burung tersebut dikirim sudah dalam kondisi mati? Kalau burung hidup, tentunya ada kotoran di dalam besek pengiriman. Minimal sebelum mati, burung sudah buang kotoran. Tetapi kalau dilihat dari kertas  yang digunakan sebagai dasar besek, masih terlihat bersih tidak ada kotorannya. Nah jadinya, pertanyaan tentang apakah ini memang modus penipuan model baru, tetap relevan diajukan.

Artikel ini bertujuan untuk membantu sharing pengalaman teman, sekaligus bertanya “kemana gerangan perginya sang penjual?”. Semoga dia membaca artikel ini dan semoga pula bisa memberikan penjelasan atas masalah ini. Oleh karena itu, di sini saya sampaikan pula nama dan nomer rekening yang digunakan untuk bertransaksi, yakni: Rekening Mandiri .1290009826849/EKO SETIYANTO.

Begitulah teman, semoga kejadian ini bisa Anda petik hikmahnya.

catatan omkicau:

Perlu diketahui, rata-rata jasa pengiriman barang atau ekspedisi tidak akan menerima paket pengiriman hewan saat memasuki 1 minggu menjelang hari raya Idul fitri hingga 1 minggu setelah hari raya.

Bagaimana komentar Anda?
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

15 Comments

  1. sekedar info neegh apabila mengalami penipuan atas jual beli online maka si korban bisa meminta bank yang bersangkutan untukmemblok no rekening si penjual coba cari info di internet so pernah baca low kena tipu online bisa mengajukan pemblokiran no rek si pelaku tentunya dengan surat B.A.P. dari kepolisian

  2. Ini Jelas Penipuan karena pengalaman saya bawa Kenari pakai Besek dari Wonosobo – Surabaya( naik Bis Dari Maleng) – Balikpapan di dalam Besek ( 23jam ) Cuma di Hambur Makanan tanpa Air tetapi sampai Balikpapan Alhamdulilah sehat’ Semua. Kok ini cuma Semarang – Tegal yang Paling 4 jam Sudah Kaku.

  3. Mungkin ga ada niat ntk nipu,tp krn burung nya mati smua wkt dlm pengiriman si penjual jadi takut,maka nya smua bbm no hp fb, ga bisa di hubngi. Krn takut

  4. burung mo mati biasanya sekarat dulu dalam proses sekarat dipastikan buang kotoran dulu berceceran, jadi terlalu rapi untuk dikatakan mati dalam perjalanan, klo lihat seluruh komunikasi tersebut terlihat klo semua kondisinya dibuat teramat sangat kritis shg sulit bagi pembeli untuk bikin solusi pengiriman yg bagus waktunya, sayang pembeli intuisinya kurang shg dibawa ke situasi settingan yg rumit tidak nyadar, trs napa nggak bisa dihubungi, sb saya pernah order anggrek lwt kenalan di FB aja pengirim malah memonitor terus apakah kiriman dah nyampe tanpa harus saya tanya kemudian setelah saya kasih tahu barang dah nyampe si pengirim mohon maaf klo agak telat dan ucapin makasih, mestinya klo kondisi memingkinkan pengirim ngga usah dicari tp justru aktis pantau terus barang kirimana, semoga hanya sekedar kesalahan komunikasi.

  5. Belom tentu penipuan om..
    Bisa juga si sopir yang belom pengalaman bawa burung..
    Besek klo jarak dekat mungkin ga masalah,tapi klo jarak jauh lebih aman pakai sangkar kecil,kasih pakan,minum airnya kasih kapas..

  6. Klo di lihat dri awal-akhir chat nya,,mgkin sya nebak itu penipuan om,sya pernah bwa kenari sepasang dari madiun-serang banten,nyampe rumah sehat walafiat,jga naik bis dri madiun dan pake besek pula.yg jelas ini modus baru,dri semarang-tegal itu gak sampe setengah hari kok mati,,,

  7. sepertinya memang modus penipuan om kalo dibaca dari chatnya si penjual kayaknya dah niat banget maksa buat dijadiin dagangannya, & kalopun memang niatnya ga nipu tentu tlp, bbm dll pasti ada penjelasan ga ngilang gitu aje..

Komentar ditutup.