Semarak kicauan di Pasar Burung Sukahaji

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

Pasar Burung Sukahaji Bandung merupakan pasar burung terbesar kelima di Indonesia. Bagi yang belum pernah singgah dan ingin hunting burung-burung favorit, silakan meluncur ke Jalan Peta Bandung. Silakan menikmati kicauan burung-burung yang dijajakan oleh 152 orang pedagang.

Pasar ini diresmikan tahun 1994, berdiri di atas lahan seluas 5.800 meter persegi milik Pemkot Bandung. Tetapi pengelolaannya diserahkan ke pihak swasta. Para pedagang umumnya pindahan dari Pasar Andir. Ketika ditelisik, sebagian besar pedagang berasal dari Jawa Tengah dan warga Bandung.

Sedangkan pembeli umumnya berasal dari kota kota di Jawa Barat seperti Sumedang, Cianjur, Sukabumi, dan Bogor. Bahkan tidak sedikit pula kicau mania dari DKI Jakarta yang ngeluruk ke sana.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com
pasar-burung-sukahaji
GERBANG PASAR BURUNG SUKAHAJI BANDUNG
Foto: lomba.kompasiana.com

Untuk menuju kawasan Pasar Burung Sukahaji tidaklah sulit. Akses dari Jakarta bisa lewat jalan tol, kemudian keluar dari pintu tol Pasir Koja langsung lurus menuju Jalan Peta Bandung. Nah, di ujung jalan ini, setelah belok kanan, Anda akan menjumpai pasar burung tersebut.

Sama seperti pasar burung lainnya, aneka jenis burung bisa dijumpai di sini. Bukan hanya burung berkicau saja, tetapi juga ada burung hias. Harga bervariasi, mulai dari Rp 10.000 sampai puluhan juta rupiah (misalnya jalak bali atau burung-burung juara lomba). Untuk jalak bali hasil penangkaran, dan burung-burung jawara, para pedagang menyertakan sertifikat penangkaran atau sertifikat juara lomba.

Selain burung, di pasar ini juga tersedia beragam jenis sangkar, baik standar maupun  ukiran. Bahkan ada juga jasa pemolesan sangkar burung, yang akan “menyulap”  sangkar lama menjadi seperti baru lagi dan lebih indah. Satwa non-burung pun bisa dijumpai di Sukahaji, misalnya kucing angora, tikus putih, tupai, dan kelelawar.

Jumlah pengunjung biasanya membeludak di hari Minggu atau haru libur nasional, terutama pada pagi hari. Beberapa pedagang dadakan juga muncul di hari libur. Mereka menggelar lapak di atas trotoar, bahkan sampai ke bahu jalan. Sebagian pengunjung lebih suka membeli di lapak dadakan, karena harganya lebih murah.

Jika Anda penggemar burung, dan kebetulan berkunjung ke Bandung, jangan lewatkan kesempatan untuk melihat suasana kicauan di Pasar Burung Sukahaji. Kualitas burungnya rata-rata oke, namun tetap dengan “harga bandung“. Mampir yuuuk….

Salam dari Om Kicau.

Duto Sri Cahyono

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.