Perawatan CI muda ala Wayan Agus Tabanan

Bermula dari kehati-hatiannya menangani cucak ijo yang masih muda, Wayah Agus (Tabanan) belum berani melakukan perawatan intensif terhadap Heboh. Ia tak mau sembarang menggenjot burung ini dengan ekstra fooding berlebihan. Tapi apa hasilnya? Heboh benar-benar menghebohkan: dua kali menjadi juara pertama di kelas cucak ijo (CI) dalam Bali Peace Seri VI di Pasar Sanglah, Denpasar, Minggu (4/11) lalu.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Wayan Agus dan Kru
WAYAN AGUS DAN KRU
(Foto: Tabloid Agrobur)

Pada even tersebut, penampilan Heboh sangat prima: ngentrok dan ngejambul. Juri pun sepakat menobatkannya sebagai juara di kelas CI Bintang dan CI Executive A. Satu-satunya gelar yang lepas hanya CI Executive B, di mana Heboh menempati juara ketiga.

“Baru pertama kali dicoba di lapangan, eh.. ternyata bisa maksimal,” terang Wayan Agus yang banyak mengoleksi cucak ijo di rumahnya.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Ia membeli Heboh ketika usianya masih muda, sebagai pelapis untuk beberapa gacoannya seperti Surga dan Brontax, yang sebelumnya juga sering moncer di arena lomba. Karena itulah, Wayan mengaku belum terlalu intensif merawat Heboh. “Masih mencari-cari (metode) yang pas,” tambahnya, seperti dikutip Tabloid Agrobur.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Untuk setelan harian, ia hanya melakukan perawatan mandi dan jemur. Untuk ekstra fooding (EF), pagi hari diberi 7 ekor jangkrik, kemudian sore hari diulangi dengan porsi yang sama.

Bahkan menjelang lomba , ia masih memakai setelan harian yang sama, tanpa penambahan porsi EF. “Saya masih pelan-pelan ngangkat ekstra fooding-nya. Takut malah nakal,” ujar Wayan Agus.

Menurut dia, prestasi Heboh juga tidak lepas dari karakternya. Saat dibeli, ia sudah melihat burung ini memiliki karakter ngentrok dan jambul, meski belum dikondisikan demikian.

Untuk sementara waktu, Wayan akan tetap mempertahankan setelan harian ini, sambil mencari metode untuk lebih menstabilkan penampilannya di lapangan. Mungkinkah ini berkah dari nama burung ini, Heboh, sehingga penampilannya benar-benar menghebohkan?

Salam dari Om Kicau!

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

1 Comment

Komentar ditutup.