Sistem pinjam indukan jawara di LBM Kraton Jogja

LBM Kraton Jogja dikenal sebagai salah satu breeder penghasil lovebird berkualitas. Banyak hal yang bisa kita pelajari dari breeder ini, yang tentunya sangat berguna bagi para penangkar pemula burung cantik tersebut.

Kandang Produksi Lovebird
KANDANG PRODUKSI LOVEBIRD
(Foto: Tabloid BNR)

Saat ini, LBM Kraton memiliki tiga kandang. Yang terbesar berada di Jl Lokananta No 11, Patangpuluhan, Jogja. Penangkaran yang dipimpin Mr Bucho ini mempunyai beberapa keunikan yang dapat dijadikan inspirasi bagi penangkar-penangkar lainnya.

Misalnya, soal indukan, Mr Bucho tidak hanya mengandalkan koleksi burung jawara miliknya sendiri. Ia juga meminjam indukan jawara milik sesama anggota LBM dari seluruh Indonesia.

“Ini sudah menjadi komitmen LBM Team untuk saling berbagai, sesuai dengan motto LBM: One Team, One Family, One Spirit,” ujar Mr Bucho, seperti diberitakan Tabloid BNR.

Indukan-indukan jawara yang dipinjam dari berbagai daerah ini kemudian dikawinsilangkan. Misalnya, indukan jawara dari LBM Sumatera yang sedang birahi didatangkan ke Jogja. Anakan hasil perkawinan itu dibagikan ke teman yang meminjamkan.

“Ternyata, melalui cara seperti ini, banyak lovebird dari LBM Kraton yang moncer di lapangan. Karena cukup efektif mencetak anakan trah jawara, tradisi ini masih berjalan hingga sekarang,” jelas Mr Bucho.

Selain itu, Mr Bucho juga rutin memantau indukan jantan dari luar negeri. Sebab, indukan betina yang dimiliki merupakan jawara lintas-blok. “Ngekeknya panjang-panjang. Untuk mengimbangi birahi induk betina, kita berusaha mencari pejantan yang memiliki kualitas sama. Dari 20 pasang indukan yang berproduksi, 80 persen pejantannya adalah impor dan salah satunya dari jenis Nyasa,” imbuhnya.

Anakan dan Pemasteran

Sangkar Koloni Lovebird
KANDANG ANAKA DENGAN PEMANAS DARI LAMPU NEON (Foto: Tabloid BNR)

Untuk menjaga kualitas anakan, Mr Bucho sudah memulainya sejak dari proses perkawinannya. Birahi indukan sudah harus seimbang. Setelah itu proses penjodohan lewat sistem koloni. Indukan yang sudah siap kawin langsung dipisah dan dimasukkan ke kandang sendiri.

Selama bertelur dan menetas, indukan tidak boleh diganggu. Sekitar 5-7 minggu, anakan yang sudah berusaha makan sendiri langsung dipisah dalam satu glodok. Karena masih rentan, untuk kandang anakan dipasang neon sebagai pemanas.

Setelah 2 bulan, anakan sudah masuk sangkar sendiri. Pada fase masuk sangkar sendiri ini, proses pemasteran sudah dilakukan. Untuk pemasteran, LBM Kraton memakai cucak jenggot dan kenari yang gacor. Selain itu, indukan lovebird yang gacor juga sering dipajang sebagai masteran tambahan.

Setiap anakan yang akan keluar dari kandang breeding sudah harus teruji di lapangan. Kebetulan banyak arena latber di Jogja, seperti KMYK, Singosaren, Pasty, XT BC, dan Sembegeo. Di tempat inilah lovebird-lovebird hasil penangkarannya diujicoba.

Hasilnya, mereka sering menjadi juara. Nama-nama lovebird seperti Putri Ayu, Kraton, Dewi Ayu dan Nyi Ronggeng adalah sederet anakan LBM Kraton yang kini membanjiri daftar jawara di Kota Pelajar.

Catatan:

Tentang penangkaran di area Jogja dengan indukan-indukan trah jawara dengan hasil anakan yang langsung melejit namanya di arena lomba, tidak pas rasanya jika Anda tidak menengok pula penangkaran DT BirdFarm milik Om Dwi Lovebird Jogja yang berlokasi di Griya Taman Asri, Sleman, dengan kontak person HP. +6285729406875 (ada baiknya SMS dulu sebelum kontak).

Salam dari Om Kicau!

loading…


loading…





Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Jika Anda kesulitan mencari artikel di blog ini, silakan dicari dengan memasukkan kata kunci artikel yang Anda cari, pada kolom kosong yang tertera pada halaman ini.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.