Gelatik batu pun punya lingkaran pertemanan seperti FB

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Ketika membaca berita penemuan strain baru dari virus cacar burung yang menyerang gelatik batu (Parus major), saya jadi teringat dengan hasil penelitian yang pernah dilakukan sejumlah ilmuwan dari Universitas Oxford Inggris. Mereka menemukan bukti bahwa gelatik batu juga bisa membentuk lingkaran pertemanan atau jejaring sosial, sebagaimana kita melakukannya melalui Facebook.

gelatik-batuUniversitas Oxford kebetulan juga terlibat dalam penelitian gabungan yang menemukan strain baru dari virus avian pox pada gelatik batu, atau di Inggris dikenal dengan nama great tits atau burung berdada-besar.

Mereka memiliki teman terdekat, yaitu pasangannya sendiri, anak, juga saudara kandung. Burung jantan punya teman baik sesama burung jantan maupun betina. Begitu pula burung betina. Ketika berjodoh, lingkar pertemanan mereka makin meluas. Melalui temannya, setiap individu gelatik batu dapat berkenalan dengan teman dari temannya tersebut.

Penelitian itu dilakukan di Taman Burung Wytham Woods, tempat yang juga menjadi objek tim peneliti gabungan saat menemukan strain baru dari virus cacar burung. Mereka meneliti ribuan burung gelatik batu di Wytham Woods, yang letaknya tidak jauh dari Oxford, sejak tahun 2007 hingga 2009.

Setiap burung dilengkapi dengan transponden radio, untuk memantau aktivitas setiap individu burung. Tetapi kalau ada individu burung yang tertutup, tidak mau berinteraksi dengan kawan-kawannya, maka ia tidak akan dimasukkan lagi dalam objek penelitian.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

“Kami pun akhirnya bisa mengumpulkan 770 ekor great titsyang rutin mengunjungi 67 tempat pakan. Kami juga mengumpulkan bulubulu burung yang luruh di sekitar tempat pakan itu,” kata Ioannis Psorakis, penulis utama hasil penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Royal Society Interface.

Peta jejaring pertemanan

Lingkar pertemanan gelatik batu
Lingkar pertemanan gelatik batu yang membentuk seperti facebook

Interaksi yang dilakukan setiap individu gelatik batu itu kemudian dipetakan dalam sebuah gambar, dan ternyata membentuk lingkaran pertemanan yang unik, yang mengingatkan kita pada media sosial Facebook.

Jika berkenan, saya akan mengkonfirmasi permintaan pertemanan dari seseorang. Sebaliknya, ketika berminat, saya akan mengajukan permintaan pertemanan kepada seseorang di FB.

Menurut Psorakis, penelitian ini bukan menunjukkan dunia burung meniru media sosial seperti Facebook. Sebaliknya, hasil penelitian ini justru mencerminkan karakteristik yang ditemukan dalam jejaring sosial yang terbentuk alami oleh manusia, burung, dan spesies lainnya. Mereka juga meyakini adanya kesamaan antara FB dan jejaring pertemanan pada spesies gelatik batu.

Wah, apakah gelatik-gelatik itu tahu ya, kalau ada wabah cacar burung yang melanda Wytham Woods dan menimpa sejumlah temannya? Apakah mereka juga bikin status, “Eh… si anu lagi benjol-benjol di kepalanya” (he..he..he…).

Salam sukses untuk Anda, salam sukses dari Om Kicau.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

2 Comments

Komentar ditutup.