Wawan, perawat murai batu Natalia, mengaku masih belum memahami cara kerja dan pakem yang dipakai para juri BnR. Hal ini disampaikannya kepada omkicau.com, terkait partisipasinya dalam even Galamedia Cup di Bandung, Minggu (16/12) lalu. Menurut Wawan, Natalia yang saat itu turun di Kelas Galamedia tampil luar biasa, nyaris tanpa ngetem, dengan senjata andalannya tembakan-tembakan lagu kecil dan panjang-panjang. “Semua orang di sekitar saya memuji penampilan dan keistimewaan Natalia, dan bilang bakal jadi juara,” kata Wawan.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Namun keputusan juri benar-benar membuatnya gelang-geleng kepala dan tak bisa dimengerti. Natalia hanya diganjar di peringkat keempat. “Wah kacau jurinya. Boleh tanya kepada semua orang yang ada, seperti apa penampilan Natalia saat itu.”

Bingung dengan keputusan juri, Wawan diikuti Om Gunawan, pemilik Natalia, masuk ke lapangan untuk menanyakan kenapa jagoannya bisa kalah. Kiki Hoki, ketua panitia, mencoba menenangkan keduanya. Hal-hal yang lebih teknis kemudian dijelaskan Keu Keu kepada Wawan dan Om Gunawan.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...
KEU KEU (TENGAH) MENJAWAB KOMPLAIN OM GUNAWAN (KANAN) DAN WAWAN

Penjelangan ini rupanya masih belum sepenuhnya bisa memuaskan Wawan dan Om Gun. Menurut Wawan, Natalia mestinya layak mendapatkan hasil yang lebih baik daripada sekadar juara 4. Karena tak mendapatkan penjelasan memuaskan, Om Gun dan Wawan akhirnya memilih pulang lebih awal.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis...

Tonjolan dan volume di atas rata-rata

Dari hasil ngobrol-ngobrol dengan sejumlah juri dan para pengamat murai batusebelum dan sesudah lomba, tentang perbandingan sejumlah murai top saat ini, Natalia dikenal sebagai burung yang dahsyat dengan mengandalkan senjata pada tonjolan dalam bentuk tembakan.Tonjolan dan volumenya dinilai di atas rata-rata, bisa dibilang di ranking teratas. Model atau karakter Natalia sama dengan Pelor Mas milik H Nendra Jakarta.

Namun Natalia juga memiliki kelemahan, yaitu tidak punya lagu ngerol. Ada yang menyebutnya dengan istilah, gaya tembak lari. Untuk bisa meraih juara, burung seperti Natalia (juga Pelor Mas), harus benar-benar kerja keras, tidak boleh ada ngetem atau spasi, atau mengeluarkan sisi lemah lainnya.

Adapun burung murai batu yang volume atau tonjolannya tidak sehebat Natalia, tetapi memiliki materi lebih lengkap (tembakan diselingi lagu ngerol), antara lain Happy Birthday milik Akia Jambi, atau Super Bejo milik Ming Basket Surabaya.

Pada kondisi burung sama-sama bekerja dan sama-sama ngotot, disebutkan kemungkinan paling umum juri akan lebih cenderung memenangkan Happy Birthday atau Super Bejo. Tentu saja, harus benar-benar mencermati kondisi dan kinerja di lapangan dari awal sampai akhir.

Bagaimana menurut sobat-sobat kicaumania, khususnya para penggemar murai? (Waca-Jogja)

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.