Memprediksi jenis kelamin burung menggunakan cincin emas

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Masih ragu dengan jenis kelamin burung Anda? Untuk burung-burung dimorfik, seperti murai batu, kacer, serindit, dan sejenisnya, jenis kelamin relatif mudah dibedakan berdasarkan perbedaan penampilan fisik di beberapa bagian tubuhnya. Tetapi tidak demikian dengan burung-burung monomorfik seperti lovebird, kenari, atau gelatik, karena penampilan fisik jantan dan betina hampir sama. Bahkan burung dimorfik ketika masih anakan hingga muda pun sulit dibedakan. Nah, berikut ini ada cara jitu untuk memprediksi jenis kelamin burung, baik pada burung muda maupun burung dewasa, menggunakan media cincin emas.

Coba pinjam cincin emas milik istri Anda (tetapi jangan dijual dan uangnya untuk beli burung jantan ya…) . Cincin ini yang akan kita gunakan untuk memprediksi jenis kelamin burung Anda. Cara sexing seperti ini biasa disebut sebagai metode pendulum, dan banyak dilakukan oleh para penggemar burung di berbagai belahan dunia, mulai dari Eropa, Asia, Amerika, Afrika, hingga Australia.

CINCIN EMAS DAN BENANG UNTUK SEXING BURUNG
CINCIN EMAS DAN BENANG UNTUK SEXING BURUNG

Bahkan di beberapa negara Eropa, perangkat pendulum untuk mengetes jenis kelamin burung ini banyak diperjualbelikan. Penggemar burung di Indonesia juga pernah mengenal perangkat pendulum untuk keperluan sexing burung, namun tidak terbuat dari emas, dan banyak memunculkan komplain dari pembeli akibat tingkat akurasinya sangat rendah.

Tingkat akurasi dari metode pendulum cincin emas ini bisa  mencapai 90%, sehingga banyak digunakan para penangkar. Di Indonesia, sejauh ini, metode tersebut mulai banyak digunakan para penangkar perkutut.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Bagaimana cara kita memprediksi jenis kelamin burung dengan cincin emas ?

Sebenarnya media yang busa digunakan tidak terbatas pada cincin emas, tetapi bisa juga menggunakan media lain seperti jarum yang berukuran besar. Namun karena agak sulit mencarinya, ya lebih baik meminjam cincin milik istri dulu, he..he..he..

Berikut ini  cara membuat  pendulum cincin emas untuk memprediksi jenis kelamin  burung :

  1. Siapkan tali dengan panjang 15 – 20 cm, kemudian ikatkan bagian ujungnya pada cincin.
  2. Pegang burung dengan tangan kiri. Untuk hasil yang lebih akurat,  usahakan  sebagian badan dan kepalanya berada jauh dari genggaman.
  3. Julurkan cincin pelan-pelan, agar berada tepat di atas kepala burung, dengan jarak  antara cincin dan kepala burung sekitar 3-5 cm.
  4. Perhatikan gerakan yang terjadi pada pendulum tersebut, lalu prediksikan jenis kelamin berdasarkan gerakan tersebut :
    –> Gerakan cincin yang satu arah (bergerak maju dan mundur) menandakan burung jantan.
    –> Gerakan cincin yang memutar menandakan burung betina.

Untuk lebih jelas silahkan lihat gambar dibawah ini:

MEMPREDIKSI JENIS KELAMIN BURUNG DENGAN METODE CINCIN PENDULUM
MEMPREDIKSI JENIS KELAMIN BURUNG DENGAN METODE CINCIN PENDULUM

Demikian informasi singkat mengenai bagaimana memprediksi burung jantan atau betina dengan cara menggunakan pendulum cincin emas. Namun perlu diingat, ini hanyalah prediksi. Untuk memastikan akurasinya, perlu dicoba beberapa kali (minimal 3 kali), lants silakan ambil kesimpulan sendiri apakah burung Anda jantan atau betina.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

20 Comments

  1. Emang ada unsur apa antara cincin emas sama burung.? Kenapa pergerakan cincin bisa berbeda antara burung jantan dan betina.?? Mohon penjelasan yg bisa masuk di akal..

  2. tapi om teknik pendulum ini ada yang harus perlu diingat om, si penguji sebelum menguji nya jgn punya pemikiran atau harapan terhadap salah satu jenis kelamin tertentu, karena jika si penguji pada saat menguji dengan teknik ini mempunyai pikiran atau harapan burung yg di uji ini berjenis kelamin perempuan maka nanti pendulum tersebut akan bergerak memutar seperti menunjukan jenis kelamin perempuan…

  3. Eh buset masih percaya aja yg kya beginian!!! pendulum kya gtu bergerak kareng tgn kita yg gerak di saat badan kita sedang ambil napas coba aja taro pendulum di gantung tmpt laen apa bsa bergerak?? macem2 aja…hari gini percaya ama yg kya gtu!!! think smart lah jaman teknologi uda maju… mau yg pasti akurat bawa aja ke org yg sudah pakar berternak burung tsb atau ke dokter hewan itu sudah pasti akurat

    • judulnya sudah jelas ‘MEMPREDIKSI’ jadi beda dengan Menentukan atau Memastikan. Beberapa peternak juga masih mengandalkan teknik pendulum ini karena paling mendekati serta tidak memakan waktu. Berbeda jika harus ‘MEMASTIKAN’ berarti harus lewat serangkain test DNA yang memakan biaya dan waktu.

    • mblo mblo,
      om gue aja pakai teknik ini, bisa dikata 99% akurat terus.

      apapun prediksi yg dia lakukan, selalu tepat.

      ya kasihan aja kalau anda masih tidak mau percaya,
      tapi ini faktanya.

      teknik pendulum ini menang benar dan nyata. 🙂

    • awalnya saya kira ini magic om,, tpi ternyata bbukan,, mgkin kalo bisa d jelaskan secara ilmiah ada kaitan dgn ilmu fisika n biologi,, jd tehnik ini sah2 saja,, bukan musrik atw apapun namanya,, jgn asal bicara klo belom coba,,mari silakan test

    • iya om, teori pendulum memang dari dulu sudah digunakan untuk bermacam kegunaan termasuk menghipnotis dan lain2nya. untuk media yang digunakan bisa menggunakan apa saja om, termasuk kristal, jarum, logam, dan lain lain. hanya saja untuk hasil yang lebih akurat digunakan pada burung bisa menggunakan logam mulia atau jarum.

Komentar ditutup.