Lima manfaat mengejutkan dari kicauan burung

Kicauan burung memang membawa banyak manfaat terhadap manusia. Setidaknya, manfaat ini sudah bisa dirasakan sobat kicaumania di Indonesia, antara lain sebagai media penyaluran hobi, memanfaatkan waktu luang dengan aktivitas positif, memperbanyak kolega dan menjalin silaturahmi antar-kicaumania, bahkan sebagian bisa memperoleh uang dari hobi burung ini (penangkar, pedagang, pemenang lomba, dll). Tetapi, sebagaimana dipublikasikan bbc.co.uk, kicau burung bisa membawa berbagai manfaat mengejutkan bagi manusia dan lingkungan. Apa saja sih?

Berikut ini beberapa manfaat mengejutkan dari suara kicauan burung, yang semuanya berdasarkan hasil penelitian dan sudah diaplikasikan di lapangan :

1. Mengatasi pasien yang takut disuntik 

Bermanfaat untuk anak yang takut disuntik
Suara burung diperdengarkan kepada anak yang takut disuntik ( Foto: BBC )

Dalam tayangan [Bukan] Empat Mata di Trans-7, beberapa hari lalu, saya baru taku kalau Tukul Arwana phobia terhadap jarum suntik. Hal itu terungkap ketika Tukul mengaku tidak takut terhadap apapun, kecuali Allah. Pepi lalu mengundang adik Tukul, yang kemudian mengambil sesuatu di dalam kantong bajunya, yang ternyata berisi jarum suntik. Tanpa ba-bi-bu, Tukul berlari meninggalkan panggung tempat dia menjadi host.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Apakah Anda juga phobia terhadap jarum suntik? Sejauh ini, banyak anak yang mengalami ketakutan melihat jarum suntik. Jika tak segera diatasi, jadinya ya seperti Mister Tukul.

Rumah Sakit Anak Alder Hey di Liverpool, Inggris, punya resep jitu untuk mengatasi anak yang takut disuntik. Ketika berjalan di sepanjang koridor rumah sakit tersebut, Anda akan mendengarkan kicauan burung-burung. Itu bukan suara burung betulan, melainkan audio burung yang direkam dari taman-taman setempat.

Tujuannya adalah untuk membawa suasana keceriaan dari luar ke dalam ruangan di rumah sakit anak terbesar dan tersibuk di Eropa ini. Ya, inilah natural therapy yang menghadirkan suasana kegembiraan dari sebuah taman ke dalam benak pasien anak-anak.

“Hanya” untuk audio burung pun pihak rumah sakit harus bekerja sama dengan pihak lain yang dianggap sangat ahli, yaitu Chris Watson dan Yayasan Teknologi Kreatif (FACT). Siapa Chris Watson? Dialah pemenang penghargaan bergengsi kategori perekam suara alam liar di Inggris.

Suara rekaman tersebut digunakan untuk menenangkan pasien anak-anak yang takut disuntik. Hasilnya terbukti positif. Anak-anak menjadi lebih tenang dan bisa membantu dalam mengatasi stres sebelum menjalani pengobatan ataupun operasi. Bahkan anak-anak mengaku tidak takut lagi dengan jarum suntik.

Rekaman suara burung itu akhirnya dipasang dan digunakan secara permanen di koridor rumah sakit tersebut. Bukan hanya itu, setiap pasien juga bisa mendapatkan CD suara burung untuk diputar di rumah masing-masing.

2. Mengatasi rasa kantuk

Bagi penggemar kopi, minuman ini sangat tepat untuk mengusir rasa kantuk. Tetapi bagaimana jika Anda bukan penggemar kopi, atau kalau minum kopi lambung terasa perih? Padahal Anda tidak boleh tertidur, karena masih banyak pekerjaan yang belum terselesaikan. Silakan dicoba terapi kicauan burung, sebagaimana diujicoba di beberapa sekolah dasar di Liverpool.

Ilustrasi . Photo : Google.com
Ilustrasi . Photo : Google.com

Uji coba ini dilakukan dalam rangka penelitian gabungan yang dilakukan pihak swasta, Universitas Glyndwr, dan Architects Nightingale Associates. Dalam penelitian ini terungkap fakta bahwa memutarkan suara kicauan burung dan suara alam lainnya mampu membuat murid-murid di kelas tersebut menjadi waspada dan lebih berkonsentrasi dengan baik.

Hal ini makin terlihat setelah istirahat makan siang, di mana pada jam-jam tersebut banyak murid yang mengalami penurunan konsentrasi dan sering mengantuk di kelas. Rasa kantuk memang biasa menyerang manusia selepas makan siang, akibat kadar gula darah mengalami penurunan.

Agar rasa kantuk bisa terusir secara maksimal, tim peneliti menyarankan penggunaan suara yang diulang-ulang alias ngeban. Jadi, kicauan yang terdengar diusahakan secara bervariatif, seperti yang dimunculkan dari seekor burung nightingale jantan, karena bisa memiliki 300-an lagu cinta yang berbeda. Jika penasaran dengan audio dan video burung nightingale, silakan buka lagi artikelnya di sini.

Suara burung yang efektif mengusir rasa kantung harus bersifat stokastik, yang terdiri atas suara acak serta tidak ada pola atau ritme yang berulang-ulang.

3. Membantu menyelesaikan pekerjaan rumah

Membantu mengatasi stress dalam pekerjaan rumah
Membantu mengatasi stress dalam pekerjaan rumah

Pekerjaan rumah bukan hanya dalam pengertian PR bagi pelajar dan mahasiswa, tetapi juga karyawan yang terpaksa lembur menyelesaikan tugas dari kantor untuk dikerjakan di rumah, atau para eksekutif yang sedang membuat blue print untuk bisnis / usahanya.

Keadaan lingkungan yang terlalu bising bisa memecahkan konsentrasi Anda ketika harus merampungkan pekerjaan rumah. Misalnya suara televisi, lalu lintas, hingga suara orang yang berteriak atau berbicara dengan kencang.

Tetapi para ahli audio sependapat, suara-suara tertentu seperti kicauan burung bisa membantu seseorang lebih fokus dan konsentrasi terhadap apa yang sedang dikerjakannya di rumah.

Mengapa kicauan burung bisa membuat seseorang lebih fokus dengan tugas-tugas yang harus dikerjakannya? Sebab suara mampu membuat seseorang menjadi rileks secara fisik, serta merangsang kemampuan daya pikir atau kemampuan kognitifnya. Kicauan burung akan menciptakan kondisi yang disebut “body relaxed, mind alert ” atau ” tubuh rileks, pikiran waspada”.

Selain membantu dalam mengerjakan tugas-tugas kantor atau pekerjaan rumah lainnya dengan tenang, kicauan burung juga bisa membantu daya ingat dan pola pikir seorang siswa saat mengerjakan tugas ataupun pekerjaan rumahnya.

Beberapa perusahaan media bahkan telah mengembangkan aplikasi dengan memanfaatkan suara kicauan burung untuk tablet, smartphone, maupun software komputer yang diklaim bisa meningkatkan produktivitas apabial dijalankan selama melakukan pekerjaan. Om Kicau pernah menulis artikel mengenai salah satu software di sini. Ada juga beberapa jenis suara terapi alam dan suara burung yang bisa Anda dengar dan download di halaman ini.

Penelitian terhadap pengaruh kicauan burung terhadap otak manusia memang masih diteliti Eleanor Ratcliffe, ahli psikologi lingkungan di University of Surrey. Studi yang dibiayai National Trust and Surrey Wildlife Trust ini dilakukan selama tiga tahun, untuk mengetahui bagaimana suara alam bisa meningkatkan mood dan konsentrasi seseorang.

4. Membantu pengguna sarana transportasi 

Bandara Schiphol di Amsterdam
Bandara Schiphol di Amsterdam

Beberapa fasilitas umum di Eropa, termasuk sarana transportasi darat dan udara, kini juga sedang menjajaki pemanfaatan audio burung. Hal ini penting dalam rangka mengurangi tingkat kebisingan yang membuat seseorang mudah stres. Bandara Schiphol, Amsterdam, bahkan sudah menerapkannya di ruang tunggu keberangkatan.

Jadi, sambil menunggu proses pemberangkatan, para penumpang akan diperdengarkan suara burung. Bahkan saat menuju ke pesawat pun, mereka masih akan mendengar suara burung, yang berasal dari speaker yang tersembunyi di balik pohon-pohon di sekitar bandara.

Bulan lalu, Schiphol terpilih sebagai bandara terbaik ketiga di dunia versi World Airport Award. Sebelumnya, pada tahun 2012, bandara ini mencatat 95% penumpangnya berperilaku baik atau sangat baik. Ke depan, Bandara Schiphol akan menggunakan suara dari burung asli (entah apakah burungnya bisa bunyi di tempat bising seperti bandara, he.. he.. he..).

5. Meningkatkan citra perusahaan

Suara alam dan kicauan burung saat ini juga menjadi salah satu proyek di Kolombia, dalam rangka mengubah citra perusahaan perbankan. Pencitraan kantor bank melalui suara burung terbukti bisa meningkatkan jumlah orang yang datang ke kantor bank tersebut. Bank mengalami peningkatan jumlah nasabah.

Bukan hanya itu, dalam waktu enam bulan sejak kicauan burung diperdengarkan di kantor bank, terjadi lonjakan persetujuan pelanggan dari 64% menjadi 90%.

Sebuah SPBU di Cambridgeshire dan di sejumlah negara Eropa bahkan telah mengaplikasi penggunaan kicauan burung di toilet. Strategi ini dimaksudkan untuk menciptakan koneksi antara mental pelanggan dan kesegaran. Hasilnya, tingkat kepuasan para pelanggan pun meningkat 50%.

Barangkali, metode pencitraan korporasi dengan cara memperdengarkan kicauan burung layak ditiru perusahaan-perusahaan di Indonesia. Selain bisa mencapai manfaat berupa peningkatan citra perusahaan, para penangkar dan pelaku usaha berkaitan dengan burung pun ikut kecipratan rezeki.

Itulah beberapa manfaat yang bisa dihasilkan dari memutarkan suara kicauan burung di lokasi-lokasi strategis.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

3 Comments

  1. Poin 3 saya rasakan sendiri om,,ketika masa2 sekolah dulu menjelang ujian nasional rekaman kicau whamei selalu menemani saat belajar,,sy merasakan konsentrasi brtambah daya ingat meningkat,meredam perasaan gelisah,, alhasil ga ada kesulitan utk raih nilai memuaskan

  2. Wah suara burung ternyata efeknya luar biasa Чα”̮ om, coba di Indonesia diterapkan cara spt ini. Kalo bisa di terminal, gedung DPR, rmhnya mbah SUKUR, dan kantor pengacara dll dipasang audio burung biar dapat merubah pola pikir mereka menjadi lbh lembut dan santun hehehe…
    Salam

Komentar ditutup.