200 Burung eksotis mulai masuk GLZoo

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

Sebanyak 200 ekor burung eksotis dan cantik mulai mengisi Taman Burung di Gembira Loka Zoo (GLZoo) Jogja, yang saat ini masih dalam tahap penyelesaian pembangunannya. Proses pengisian burung sudah dimulai sejak Februari lalu, diawali dengan ratusan ekor burung dari keluarga paruh bengkok (parrot) yang memiliki warna bulu eksotik.

Macau blue and gold
Macau blue and gold yang jinak di kandang terbuka.

“Nantinya, sejumlah burung cantik tersebut dipajang di Taman Burung GLZoo. Sebagian burung itu didatangkan dari seorang peternak di Jakarta. Adapun burung-burung jenis lokal nantinya akan kita datangkan dari Solo,” kata Kabid Perawatan Satwa GLZoo, Miftah Nur Khasan, Senin (1/7) kemarin.

Meski tidak dijelaskan peternakan di Jakarta, sebenarnya yang dimaksud dalah MBOF Bogor seperti pernah ditulis Om Kicau beberapa waktu lalu (cek beritanya di sini). Pusat penangkaran burung impor dan burung langka milik Megananda ini memang menjadi konsultan sejumlah kebun binatang di Jawa Tengah dan DIY.

“Burung-burung eksotis dari Jakarta itu kami datangkan ke GLZoo melalui beberapa tahap, melalui angkutan kereta api,” kata Miftah. Saat ini, sejumlah kandang di Taman Burung juga mulai diisi sejumlah burung, seperti burung rangkok (rangkong), elang, kakatua, dan angsa.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com
Burung rangkong
Burung rangkong / rangkok / enggang.

Burung-burung lokal koleksi GLZoo ini digunakan sebagai uji coba, apakah nanti merasa nyaman atau tidak dikandangkan di kompleks taman burung setempat.

Miftah menjelaskan, burung-burung eksotis ini sebelum dipajang dan menjadi penghuni Taman Burung memang perlu dikarantina terlebih dulu di tempat karantina satwa GLZoo.

Pembangunan tahap pertama Taman Burung di atas tanah seluas 4.500 meter persegi ini juga akan dilengkapi dengan koleksi 12 ekor penguin dan 12 ekor flamingo yang didatangkan dari luar negeri.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.