Murai batu Natalia kini tinggal jadi legenda

Setelah sakit selama sebulanan, nyawa murai batu Natalia milik Om Gunawan Solo tidak tertolong. Pada sekitar pukul 10.00 Selasa 16 Juli 2013, Natalia mati meninggalkan nama yang akan terus menjadi legenda.

Kabar matinya Natalia saya peroleh dari Om Gunawan pagi ini setelah saya konfirmasi karena ada sejumlah teman yang menayakan ke saya baik melalui SMS maupun melalui pesan masuk di facebook.

“Iya Om. Ngedropnya sejak sebulanan yang lalu. Lantas dirawat teman karena saya tidak tega menanganinya. Beberapa saat membaik tetapi kemudian memburuk lagi, demikian terus naik-turun sampai akhirnya mati kemarin,” kata Om Gun melalui telepun.

“Beberapa upaya pengobatan sudah dilakukan tetapi ya bagaimana lagi Om kalau memang jalan itu yang harus dilalui,” kata Om Gunawan yang menggambarkan sakit Natalia seperti burung yang mengalami gangguan pernafasan.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Aksi murai batu jawara
Gaya murai batu Natalia yang selalu buka mulut lebar-lebar

Selama sebulan ini Om Gun mengaku tidak telepun saya untuk menginformasikan kondisi sakitnya Natalia karena merasa tidak enak merepotkan orang lain.  Tentu hal ini sangat disayangkan. Meski saya belum tentu bisa membantu menyembuhkan Natalia, minimal bisa memberikan masukan penanganan harian.

Sebab, meski sudah memilih obat yang tepat dengan dosis yang pas, kalau manajemen penanganannya tidak pas, tentu akan membuahkan hasil yang mengecewakan.

Terbiasa dengan “penyegar”

Saat bertelepun Om Gun menanyakan apakah penggunaan larutan penyegar (tidak menyebutkan merk) bisa menjadi penyebab kondisi sakitnya Natalia., sebab sejak lama Natalia diberi larutan penyegar secara rutin. Saya mengatakan “bisa jadi“.

Mengapa? Sebab pemberian larutan penyegar akan menyebabkan tenggorokan “bersih” dalam artian menghilangkan sekaligus cairan berlendir di dalam tenggorokan. Justru hal ini bisa  berakibat fatal. Dengan tenggorokan “bersih” ini, malah mudah radang dan karenanya burung pun mudah serak, hilang suara atau bahkan bisa menjadi penyebab kematian.

Natalia, kini tinggal jadi legenda
Natalia, kini tinggal jadi legenda

Untuk burung lain yang saat ini masih ada di rumah Om Gun, seperti murai batu Sukhoi misalnya, saya menyarankan “stop pemberian suplemen apapun yang memang tidak diperuntukkan bagi burung, Jangan ambil risiko.”

“Ya, semoga ini bisa menjadi catatan untuk pelajaran bagi para penghobi burung ya Om,” kata Om Gunawan.

Dengan rasa penyesalan, akhirnya saya hanya bisa berkata,” Selamat Jalan Natalia… Namanu akan terus menjadi legenda”.

—-Untuk membaca ulang artikel-artikel terkait nama Natalia, sobat bisa cek di link murai batu Natalia.
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

18 Comments

  1. NATALIA engkau selebriti murai ekor hitam dengan besetan tembakan paling istimewa diantara beragam jenis murai batu nusantara….. Semoga ada pengantimu dari jenis murai ekor hitam yang punya keistimewaan setelah kepergianmu…. Agar di arena lomba ada pengantimu yang disegani lawan dari jenis murai lain. SELAMAT JALAN JAWARA EKOR HITAM…..

  2. emang klau burung kesayangan itu tewas hati/ prasaan sangatlah gelisah ,sakit, menyesal. apalagi klu burung itu nmr 1,apalagi udah pernah ditawar 200jt,wau….u. Tapi lebih sakit lagi kalau burung itu waktu dijemur hilang dicuri,wah itu lebih sakit lagi om,

  3. Ayo para Sobat kicau blacktail mania walau natalia sang legenda pengangkat blacktail telah tiada kita teruskan perjuangannya.. jadikan black tail kita semua sebagai penerus NATALIA

  4. turut prihatin, pantesan ditunggu up date tentang prestasi natalia ga ada…!!! Mudah2n om Gun dpet lgi MB sehebat bahkan lebih dri Natalia.

Komentar ditutup.