Di Vietnam, kulit jeruk untuk mempercepat proses ngurak

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Salah satu hal yang sering membuat kicaumania merasa bete adalah saat melihat burung piaraannya terlalu lama menjalani proses ganti bulu (moulting). Seperti diketahui, proses moulting terbagi dalam tiga fase, yaitu ngurak, ambrol, dan mabung (lihat detailnya di sini). Proses ngurak pada beberapa individu burung terkadang berjalan tidak lancar, sehingga membutuhkan waktu lama. Ngurak atau proses rontoknya bulu tersendat yang membuat kondisi burung kerap drop.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

orange-peel-oilBanyak sebab burung mengalami proses moulting terlalu lama, dan semuanya sudah dijelaskan secara detail dalam artikel di sini.

Beberapa kicaumania di Indonesia bahkan sampai melakukan aksi nekad dengan memandikan / menyemprot burung dengan air kelapa, dengan harapan gaconya dapat rontok bulu secara total, dan bisa segera dilanjutkan dengan tumbuhnya bulu-bulu jarum yang kelak akan menjadi bulu-bulu baru.

Terkadang, kenekadan itu membawa dampak buruk. Air kelapa yang menempel pada tubuh burung justru bisa mengundang kehadiran semut-semut. Demikian juga kandang dan tenggerannya akan terasa lengket saat dipegang akibat terkena cipratan air kelapa.

Praktik tradisional dalam mempercepat proses ngurak pada burung ini juga banyak dijumpai pada kalangan kicaumania di Vietnam. Media yang digunakan bukanlah air kelapa, melainkan kulit jeruk.

Kulit jeruk kerap diterapkan pada burung kutilang jambul dan pleci, sebagaimana diutarakan beberapa kicaumania dalam forum burung bulbul di Vietnam.

Caranya adalah menaruh beberapa kupasan kulit jeruk di dasar sangkar secara merata, kemudian sangkar dalam kondisi full kerodong. Hasilnya, beberapa hari kemudian, bulu-bulu burung mulai berjatuhan.

Om Kicau belum bisa merekomendasikan jenis jeruk apa yang digunakan untuk mempercepat proses ngurak tersebut. Sebab, boleh jadi, jenis jeruk itu tidak dijumpai di Indonesia. Atau, dengan melihat gambar kulit jeruk di dasar sangkar pada artikel ini, barangkali ada sebagian sobat kicaumania yang tahu jenis jeruk tersebut.

Yang pasti, jeruk tersebut dikenal dengan nama tangerine, atau sering pula disebut jeruk china, yang memang banyak dijumpai di pasar-pasar tradisional di Vietnam. Namun, kalau dilihat sekilas, bentuknya mirip dengan jeruk pamelo yang banyak dibudidayakan di Indonesia.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Burung kutilang yang diterapi dengan kulit jeruk
Kutilang jambul sedang diterapi dengan kulit jeruk.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Kuit jeruk mengandung aroma dan cairan / minyak. Jika diletakkan di dasar sangkar, dan sangkar dikerodong, maka suasana di dalam sangkar menjadi lembab. Selain itu, kulit jeruk mampu menyerap minyak yang terdapat pada bulu-bulu burung, sehingga dapat mempercepat luruhnya bulu-bulu tersebut.

Perlu diperhatikan, metode ini hanya bisa diterapkan pada burung yang benar-benar bermasalah saat proses ngurak, misalnya rontoknya tidak teratur atau nyulam. Jangan diterapkan ketika proses ngurak sudah selesai dan burung sedang mengalami pertumbuhan bulu-bulu jarum.

Jika mau lebih aman, sebenarnya Anda bisa menggunakan BirdMolt-Pre saat bulu-bulu burung mulai rontok. Selain membuat kondisinya tetap fit dan tidak mudah stres, produk ini bisa mempercepat proses ngurak dan berjalan total, sampai ambrol.

Selanjutnya, setelah semua bulu ambrol, penggunaan BirdMolt-Pre dihentikan, digantikan dengan BirdMolt-Post, untuk mempecepat proses mabung, yaitu tumbuhnya bulu-bulu jarum hingga menjadi bulu sempurna sebagai pengganti bulu lama yang rontok.

Hasilnya, bulu baru terlihat lebih sehat dan mengkilap. Burung pun bisa dipertahankan agar tetap fit dan tak mudah stres. Ketika Anda memperdengarkan kembali suara burung master pada masa mabung, burung pun akan lebih cepat mengingat memori yang pernah diterimanya sebelum mabung.

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1434 H

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

8 Comments

  1. apakah kulit jeruk apa pun jenis nya bisa di gunakan om kalau melihat warna kulit jeruk pada gambar seperti kulit jeruk peras dan apakah emang bisa ambrol alias brodol total trims om q tunggu balasan nya om salam sukses kicau mania

    • kulit jeruk mengandung minyak, kulit yang disebar dalam jumlah banyak didalam sangkarnya tersebut akan membuat atsmosfer dalam sangkar menjadi lembab dan hal tersebut bisa berpengaruh terhadap kandungan minyak yang ada dalam bulu burung sehingga membuat nya cepat rontok. kemungkinan bisa juga menggunakan kulit jeruk lain yang memiliki kulit tebal.

  2. Selamat hari raya Idul Fitri sebelumnya kepada seluruh awak media omkicau serta kicau mania.

    Menyambung artikel diatas mengenai mabung, apakah selama proses mabung kenari saya boleh diberikan BirdFood sebagai asupan tambahan. Klo blh brp takaran yg baik dalam seminggu. Karena saya perhatikan saat ini kenari saya jarang memakan biji2an yg disediakan. Sedangkan utk sayuran2 dan buah2an saya selang seling tiap hari dan cenderung lbh banyak dimakan.

    Wassalam,
    Kenari Mania

  3. om saya punya kapas tembak kebetulan macet mabung sampai bentuknya (raujud manuk om hehehe lebay ikit……..) seminggu ini saya terapi birdvit+birdmineral tapi blm ada hasil om…….,kiranya harus dengan cara apa om bisa mabungnya bisa berlanjut?

  4. Makasih om kicau,
    tulisan2 nya sangat membantu kami kicau mania.
    Numpang promosi blog om ___http://yahyaponsel.wordpress.com. Tulisan ngalur-ngidul tentang bisnis dan kehidupan.
    Salam

Komentar ditutup.