Pengalaman Om Awie Mengunjungi Pasar Burung Guangzhou

Bagi seorang kicaumania sejati, berkunjung ke China sepertinya belum lengkap jika tak menyambangi Pasar Burung Guangzhou. Meski China juga memiliki puluhan pasar burung, Guangzhou mempunyai magnet tersendiri bagi kicaumania yang datang ke sana. Hal ini pula yang dilakukan Djon Wie, atau akrab disapai Awie, saat berkunjung ke Pasar Burung Guangzhou belum lama ini. Dia pun ingin membagi pengalamannya untuk para pembaca setia omkicau.com.

Pasar Burung Guangzhou
Om Awie di depan Pasar Burung Guangzhou.

Dibandingkan dengan pasar burung-pasar burung yang ada di Indonesia, kata Awie, Pasar Burung Guangzhou jauh lebih tertata, lebih rapi, dan lebih bersih. Komoditas yang diperjualbelikan juga bukan sekadar burung, tetapi digabung jadi satu dengan pusat penjualan ikan hias, tanaman hias, batu-batuan, dan sejenisnya. Namun masing-masing terpisah dalam blok yang berbeda.

Meski demikian, jumlah kios maupun toko khusus burung sangat banyak dan lengkap. Tidak hanya aneka jenis burung, tapi juga dilengkapi dengan aneka kebutuhan burung, mulai dari sangkar ukiran gaplok hingga sangkar harian, cangkir (tempat pakan / minum) dan segala aksesoris lainnya.

Pasar Burung Guangzhou
Suasana pasar burung terlihat bersih dan rapi.

Di antara deretan burung yang dijajakan pada masing-masing bird shop, yang paling dominan antara lain hwamei, kacamata / pleci, lovebird, parkit, poksay, sanma, pailing, pancawarna, bahkan ada pula kacer dan murai batu. “Kabarnya, jenis murai batu sengaja didatangkan dari Indonesia,” ungkap Awie.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Sebagai burung impor, harga murai batu di sana lumayan selangit. Burung bahan saja harganya hingga 2.500 yuan. Untuk burung muda hutan yang masih bahan di kisaran Rp 3-4 juta seekor.

Dari sekian burung yang dipajang di masing-masing kios, ada pemandangan yang menyita perhatian Awie. Sebab, dia melihat ada puluhan ekor anis merah. Ya, anis merah (Zoothera citrina) di Indonesia memiliki wilayah persebaran di Jawa dan Bali.

Berdasarkan literatur, anis merah memang tidak hanya dijumpai di Jawa dan Bali saja, karena wilayah persebarannya meliputi Asia Tenggara hingga Cina. “Sayangnya, saya belum sempat tanya soal harga anis merah di sana,” kata Awie.

Selain burung, yang paling favorit dikunjungi tamu-tamu di pasar tersebut adalah penjualan sangkar, baik sangkar harian maupun sangkar ukir gaplok. Menurut Awie, harganya bervariasi, mulai yang murah hingga puluhan juta rupiah. “Tergantung kualitas dan nama besar pengrajin atau ahli ukirnya,” tambahnya.

Pasar Burung Guangzhou
Kios sangkar alumunium untuk burung paruh bengkok.
Ahli ukir sangkar burung di Guangzhou
Awie bersama ahli ukir sangkar di Guangzhou.

Bahkan, dalam kesempatan tersebut, Awie juga berkenalan dengan salah seorang pengrajin sangkar (pengukir) yang baru saja memenangkan kontes dan festival khusus sangkar burung.

Kategori penilaian meliputi motif hingga kualitas sentuhan ukiran pada bagian sangkar tersebut serta kehalusannya. Semua handmade atau hasil senuthan tangan tanpa menggunakan mesin.

Sangkar pemenang kontes.
Sangkar pemenang kontes.

Selain sangkar, di sana juga ada stand khusus yang menyediakan aneka aksesoris sangkar berupa cangkir keramik, baik yang berharga murah hingga jutaan rupiah. Satu set cangkrir (berisi 3 buah) yang berkualitas bagus dijual seharga Rp 4 juta.

Biasanya produk ini pesanan atau limited edition. Gambar dan motifnya mewah, dengan sentuhan ukir yang cantik. Apalagi bagian pada cangkir juga tertera nama goresan tangan si pembuatnya.

Cangkir eksklusif
Cangkir eksklusif, untuk wadah pakan dan air minum.

Awie yang sebelumnya dikenal sebagai pengorbit kenari isian, kini sedang menyiapkan Gelombang Cinta, gaco murai batu, untuk persiapannya menghadapi musim lomba tahun ini. Prestasi jawara barunya ini sudah lumayan banyak, karena sudah beberapa kali mencetak kemenangan di beragam even di Jabodetabek. (d’one)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.