Ferry Louw, kicaumania asal Jambi, meraih kemenangan luar biasa dalam even akbar Merah Putih Bird Shop Cup 1 di lapangan Yon Arhanudri-3 Jalan Manado No 12 Bandung, Minggu (17/10) kemarin. Murai batu andalannya, Donat, berhasil menjuarai kelas utama, Merah Putih Special HUT, yang berhadiah Rp 40 juta dan hanya melombakan murai batu saja. Tak hanya itu, lovebird Putri juga menjuarai Kelas Mega Prima berhadiah Rp 15 juta, dan hanya melombakan lovebird dan anis merah.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Ketua panita Keke (kanan) dan Ko Afat serahkan trofi kepada Ferry Louw.

—-

Even Merah Putih Bird Shop Cup 1 benar-benar berlangsung meriah, dan diikuti burung-burung top di Indonesia. Sekitar 1.200 peserta datang dari berbagai daerah, mulai dari Sumatera, Kalimantan, Bali, Sulawesi Selatan, dan tentu saja para kicaumania di Jawa. Hujan deras di pertengahan lomba tak mengganggu jadwal lomba, juga tidak mengurangi kemeriahan lomba itu sendiri.

Pertarungan seru terjadi pada hampir semua kelas, kecuali anis kembang ring dan campuran impor yang minim peserta. Selebihnya, setiap sesi nyaris full gantangan, terutama di kelas murai batu, anis merah, lovebird, dan kenari.

Sejumlah jawara murai batu turun di sini, misalnya Kiamat milik H Sona Lampung (Duta Pakde Karwo Cup), Gobi milik Yadi Suzuki (Cirebon), Pelor Mas milik H Nendra (Jakarta), Biang Kerok milik Trio WWY (Purbalingga), Rock’n milik Sukarto (Cicurug), Moby Dick milik Mr Delta (Semarang), Si Madu milik Fery (Pameungpeuk, Bandung), dan sebagainya.

Begitu ketat persaingan, tak ada seekor burung yang berhasil meraih double winner, apalagi hattrick. Kelas paling bergengsi dimenangi Donat milik Ferry Louw, yang kali ini memperkuat Duta Liga BnR Jambi. Juara 2 dan juara 3 ditempati Kiamat milik H Sona Lampung dan Patriot milik Yudi Voltus (Jakarta).

Ferry Louw (kanan) dan Ketua Yayasan BnR Bang Boy.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

—-

Di Kelas Zainal, giliran Biang Kerok tampil sebagai yang terbaik. Burung ini besutan tiga kicaumania asal Banyumas dan Purbalingga, yaitu H Warno, Wawan Sambas, dan Yopie. Si Madu milik Fery dari Pameungpeuk menempati posisi runner-up, dan Raja Batak kepunyaan Amin (Cipinang) di posisi 3.

Dua kelas murai batu lainnya, yaitu PM 22 dan Yon Arhanudri-3, masing-masing dimenangi Gada Mas milik Zee-Zee dari Mabes 27, dan Sampit kepunyaan Aldi dari Cipinang.

Ferry Louw menyatakan puas atas kemenangan murai batu Donat di kelas utama. Pasalnya, burung ini dibesutnya sendiri selama delapan bulan, dengan rutin menurunkannya dari latber ke latber yang digelar di Kota Jambi dan sekitarnya.

Jambi memang dikenal sebagai gudang murai batu jawara, dan arena sekelas latber pun kerap diikuti murai-murai jawara nasional seperti Happy Birthday milik Akia, Anatta milik Aphing, Panglima milik Yongka, dan sebagainya.

“Donat sudah tiga kali juara pertama dalam even latberan di Jambi. Burung ini baru pertama dibawa ke Jakarta saat mengikuti Jayakarta Cup (3/11), dan langsung menjadi runner-up Kelas EB-Odjoss, di bawah Moby Dick yang juara pertama. Kemudian ya turun di Merah Putih Bird Shop Cup, dan juara pertama di kelas paling bergengsi,” kata Ferry Louw kepada Om Kicau.

Selain juara 1 di kelas paling bergengsi, Merah Putih Special HUT, murai batu Donat juga juara 6 pada Kelas PM 22. Ferry merasa jerih payahnya selama berbulan-bulan menangani Donat terbayar lunas melalui prestasi ciamik gaconya. Dia berharap prestasi Donat tak berhenti sampai di sini, melainkan terus berlanjut dalam even-even berikutnya.

Kegembiraan Ferry makin lengkap, setelah andalannya yang lain, lovebird Putri, juga menjuarai Kelas Mega Prima. Panitia yang diketuai Ko Afat dan Keke membuka lima kelas lovebird, dan Mega Prima merupakan kelas utama untuk jenis burung tersebut.

Di kelas ini, Putri mengalahkan salah satu lovebird terbaik nasional, Dewa Erlang milik Kolomunyeng dari Makassar Team, yang harus puas sebagai juara 3. Posisi runner-up ditempati Bintang Surya milik H Mansyur dari Raja Fauna.

Berdasarkan catatan Om Kicau, Putri saat ini merupakan lovebird terbaik di Sumatera. Dalam Liga Sumatera, misalnya, burung ini sudah dua kali meraih hattrick, masing-masing pada Seri 3 di Kota Pariaman (Sumatera Barat) dan Seri 6 di Bengkulu.

Ferry Louw bersama lovebird Putri andalannya.

—-

Empat kelas lovebird lainnya dimenangi empat burung berbeda, masing-masing Kemuning milik Yoga (Siliwangi Bandung) di Kelas PM 22, Bantimurung milik Sultan Arief (Makassar Team) di Kelas PM 22A, dan Karmila milik H Heri Tan Tan (Cukang Kawung 36) di Kelas Yon Arhanudri -3, dan Gadis Bali kepunyaan Iwan Joko dari Bandung di Kelas Peta 251.

Kacer Kaisar sukses mencetak hattrick

Dalam even Merah Putih Bird Shop Cup 1, tidak ada burung yang berhasil meraih dua kemenangan. Namun, justru ada seekor burung yang mencetak hattrick, yaitu kacer Kaisar milik H Lasandi (Cahaya SF). Kaisar memborong tiga kelas yang dibuka panitia, masing-masing Kelas Zainal, Kelas PM 22, dan Kelas Yon Arhanudri-3.

Empat kelas anis merah berlangsung ketat, dan setiap sesi nyaris full gantangan. Kelas utama, Mega Prima, dimenangi Suarez milik Mr Fahmi Kobelko Jogja yang membela Duta WMP Cup 8 Desember.

Anis merah Suarez kembali menang di Blok Barat.

—-

Sudah beberapa kali Suarez meraih juara di Blok Barat. Kemenangan di Bandung makin memuaskan Fahmi, karena banyak anis merah jawara dari daerah ini, sehingga Bandung sering dianggap sebagai kandang macan untuk kelas anis merah.

Lawan-lawan yang dikalahkan Suarez kali ini bukan burung sembarangan. Tercatat ada burung milik H Ojon (Cikutra Bandung), yaitu Selebritis, yang sudah dipastikan menjuarai Liga Ronggolawe Jabar 2013 meski masih menyisakan satu seri. Selebritis bahkan harus puas menjadi juara 5.

Juara kedua ditempati Brayan milik Toni Joker dari Metland, diikuti Roda Gila milik H Udi / Eman dari Buana Raya, serta Klimax milik H Suryana / Umar (Kota Baru).

Tiga kelas anis merah lainnya masing-masing dimenangi Gladiator milik H Mungin (Sersan Bajuri), Klimax, dan Red Lable milik  Deded (Bintaro).

Pertarungan bernuansa balas dendam terjadi di cucak jenggot, di mana dua burung terbaik nasional saat ini, Ratu Jagat milik Mr Yayang Pangkalanbun dan Yasmin andalan M Khadafi (Aceh Bintang SF Lampung), kembali bertemu. Yasmin berhasil menjuarai kelas PM 22, adapun Ratu Jagat memenangi Kelas Yon Arhanudri-3.

Cucak jenggot Ratu Jagad selalu tampil prima.

—-

Ko Afat dan Keke selaku ketua panitia bersama mengucapkan terimakasih atas partisipasi peserta dari berbagai daerah, dan mohon maaf kalau ada kekurangan di sana-sini. (Kelana Lana / Waca)

—-

Hasil Lomba Merah Putih Bird Shop Cup 1, Bandung (Minggu, 17 November 2013)

—-

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis...

Murai Batu Merah Putih Special HUT
1 Donat Sabtiar FL Dt.Liga BnR Jambi
2 Kiamat H.Sona Dt.Pak De Karwo
3 Patriot Yudi Voltus Jakarta
4 Gobi Yadi Suzuki Cirebon
5 MD Bintang Aceh Bintang SF
6 Pelor Mas H.Nendra N 27 SF
7 Rock N Roll Sukarto Cicurug
8 Si Madu Ferry Pameungpeuk Bandung
9 Raja Batak Amin Cipinang
10 Vidi Wawan Yuna Bandung
11 Ronggeng Kim Hong Cianjur
12 Korban Yadi Eka Jaya Sumedang
Murai Batu Zainal
1 Biang Kerok Wwy Purbalingga
2 Si Madu Ferry Pameungpeuk Bandung
3 Raja Batak Amin Cipinang
4 Dragon Budi Indo Jakbar
5 Twincam Johan Garut
6 Cantona Mr.Tedjo Depok
7 Batistuta H.Mansur Raja Fauna
8 Moby Dick Mr.Delta Delta SF Semarang
9 Dewa Yudi Voltus Jakarta
10 Rengganis Eko Suara Alam Subang
11 Raden Wijaya Kolomunyeng Makassar Team
12 Chikung Tiger Ming Singasana Pradana
13 Raja Edan H.Asep B2T Cileunyi
14 Harley Davidson H.Bobby Pekanbaru
15 Panglima Heri Gempol Asri
Murai Batu PM 22
1 Gada Mas Zee-Zee Mabes 27
2 Gobi Yadi Suzuki Cirebon
3 Bajing Ireng Rido Karawang
4 Ohara Ikhsanudin Secapa AD Bandung
5 Madona Erik Tasikmalaya
6 Donat Sabtiar FL Dt.Liga BnR Jambi
7 Galaxy Kuwu Asikun Cimanuk BC Jatibarang
8 Si Madu Ferry Pameungpeuk Bandung
9 Dragon Budi Indo Jakbar
10 Biologis Heri Bangkit Subang
11 Artomoro Yudi Voltus Jakarta
12 MD Bintang Aceh Bintang SF
13 Crown Budi Roxi Dt.LBC
14 Senator Mr.Reza Zafa Pekalongan
15 Gonzales Doni Batujajar
Murai Batu Yon Arhanudri-3
1 Sampit Aldi Cipinang
2 Ohara Ikhsanudin Secapa AD Bandung
3 Pendekar Bodoh Ahmad Al-Asoy SF
5 Bintang Yudi/Imam Palmerah SF
7 X Factor Ust.Hamdan Limbangan Garut
8 Vini Vidi Vici Panji Perum Marga Asih
9 OO7 H.Apid Haurpugur Rancaekek
Anis Merah Mega Prima
1 Suarez Mr.Fahmi Dt.WMP8 Jogya
2 Brayan Toni Joker Metland
3 Roda Gila H.Udi/Eman Buana Raya
4 Klimax H.Suryana/Umar Kota Baru
5 Selebritis H.Odjon Cikutra Bandung
6 P.Merapi Mr.Tedjo Depok
7 Sinar Apung Cikampek
8 Red Lable Deded Bintaro
9 Rossy Charles Guntur BC Garut
Anis Merah Zainal
1 Gladiator H. Mungin Sersan Bajuri
2 Selebritis H. Odjon Cikutra Bandung
3 Rindu Kimpen Tasikmalaya
4 P.Merapi Mr. Tedjo Depok
6 Roda Gila Udi/Eman Buana Raya
7 Red Lable Deded Bintaro
8 Bintang H. Sunara Bandung
9 Kaisar H. Juanda Rancaekek
10 Suarez Mr. Fahmi Dt. WMP 8 Yogya
11 Boy JR Ust. Dadan Garut
12 Brayan Toni Joker Metland
13 Kobelco Mr. Fahmi Dt. WMP 8 Yogya
Anis Merah PM 22
1 Klimax H. Suryana/Umar Kota Baru
2 Red Lable Deded Bintaro
3 Rossy Charles Guntur BC Garut
4 Bintang H. Sunara Bandung
5 Jagorawi DR. Tan Tasikmalaya
6 P. Merapi Mr. Tedjo Depok
7 Raja Pramono Java BC Bandung
8 Matador Nanang PLN Dt. Plaza Cup
9 Roda Gila Udi/Eman Buana Raya
10 Pesawat Agus Joker Bandung
11 Mawar H. Odjon Cikutra Bandung
12 Boy JR Ust. Dadan Garut
13 Raja Duta Drs. Din Din Bandung
14 Zimat H. Asep Alba Garut
15 B 14 NTE Dede Brebes
16 Komando Pramono Java BC Bandung
17 Brayan Toni Joker Metland
Anis Merah Yon Arhanudri-3
1 Red Lable Deded Bintaro
2 Jagorawi DR. Tan Tasikmalaya
3 1/2 Dewa Pramono Java BC Bandung
4 Rossy Charles Guntur BC Garut
5 Braja Denta Drs. Din Din Cihanjuang
6 Jali-Jali Ronny BR Bandung
7 Zimat H. Asep Alba Garut
10 Bintang H. Sunara Bandung
11 Dewa Deni Police Garut
12 Mawar H. Odjon Cikutra Bandung
Lovebird Mega Prima
1 Putri Ferry Louw Dt. Liga BnR Jambi
2 Bintang Surya H. Mansyur Raja Fauna
3 Dewa Erlang Kolomunyeng Makassar Team
4 Karmila H.Heri Tan Tan Cukang Kawung 36
5 Mega Langit Marcel Semarang
6 Bluer 6 Budi TMG Magelang SF
7 City Mr. Zamhudi Batam
Lovebird PM 22
1 Kemuning Yoga Siliwangi Bdg
2 Dewi Malam H. Sunara Bandung
3 Olive Bonni N Jawara BC
5 Dewa Erlang Kolomunyeng Makassar Team
6 Si Kipas Ace Bandung
7 Pangeran Timur H. Mansyur Raja Fauna
8 Roket H. Odjon Cikutra Bandung
9 Neng Imet Abah Nunu Karawang
10 Jack H. Mansyur Raja Fauna
11 Dona Topan Sumedang
12 Robin 123 Budin Al-Asoy SF
13 Slu Vita H. Opik Padepokan Jendral
14 Pegasus Heri Garut
15 Onix Dede Homan Team
16 Agnes Jaya Sukabumi
Lovebird PM 22 A
1 Bantimurung Sultan Arief Makassar Team
2 Cantik Jr Asep Dedi Uber
3 Kunyuk Rana/Tono LB Lembang
4 Neng Inem Soqar Cimahi
5 Dollar Raja Rat SF
6 Mawar Bodas Dedi Oray Koploba Bubat
7 Putri Kuning H. Mansyur Raja Fauna
8 Kamasutra Acid LB Lembang
9 Dewi Malam H. Sunara Bandung
10 The Blues Hendrian KM Cup 13
11 Rahel Agus Agista Koploba Bansel
12 Naga Langit Marcel Semarang
13 Chelsea Nurul Depok Solo Jateng
14 Gadis Bali Iwan Joki Bandung
15 Argo Bromo Wawang Buah Batu
16 Perong Iskandar Bandung
17 Alibi Brother Al-Asoy SF
Lovebird Yon Arhanudri – 3
1 Karmila H.Heri Tan Tan Cukang Kawung 36
2 Remote Gun Gun Koploba Bandung
3 Virus Tomi Koploba
4 Bela H. Rico R.C.M.S.F
5 Monalisa Panji Pandawa Team
6 Neng Inem Abah Nanu Karawang
7 Dewi Malam H. Sunara Bandung
9 Argo Bromo Wawang Buah Batu
10 City Mr. Zamhudi Batam
11 Alibi Brader Dt KP
12 Al- Bahar Ahmad Al-Asoy SF
13 Piston H. Acep RCB BC
14 Vita Jovita Bacip
15 Gagurin Kolomunyeng Makassar Team
Lovebird Peta 251
1 Gadis Bali Iwan Joki Bandung
2 Cut Tari Anto Jerokuso 33
3 Dewa Erlang Kolomunyeng Makassar Team
4 City Mr. Zamhudi Batam
5 Buruy Jack Chivas Bubat
6 Rumpaka H. Aang LB Lembang
7 The Blues Hendrian Pemilu KM Cup 13
8 Al- Bahar Ahmad Al-Asoy SF
9 Imas Atoel Dentoel BC
10 Bople Danisa Suparjo Dt. KM JBB
Kenari Standar Besar Zainal
1 Sekar Jagad Jeannie Indria Dt. Pakde Karwo Cup
2 Fenomena Mr. Martin Rosa SF
3 Nikita Daden Nikita Team
4 White Boy H. Nendra N 27 SF
5 Brahma AMS Bandung
6 Okhie H. Sambas PR BC
7 Jibril Salim Makassar Team
8 Go Green H.Heri Tan Tan Cukang Kawung 36
9 Por SS 15 Mr. Fredy Duta IBC
10 Zeplin H. Besti Pasutri SF
Kenari Standar Kecil PM 22
1 Terminator Uji/Jhon Tas Dag Deg Dog
2 Satria Piningit Apeh Bandung
3 ABG Indra Gunawan Dt. Pakde Karwo Cup
4 Burak Siluman Salim Makasar Team
5 Park. SJ. 03 Mr. Fredy Dt. IBC
6 Hanoman Kusnadi Fox 36 Bandung
7 Lorenzo Emo Kartika Kartika SF Smd
8 Bangsawan Gun’x-Devi X-Brantas
9 Geboy Irfan GN SF Granat
Kenari Standar Besar Yon Arhanudri – 3
1 Big Bos Bambang Bojonegoro
2 Park. SJ. 03 Mr. Fredy DT. IBC
3 Laskar Hermanto Bandung
4 Dewa Azam Singaparna
5 Alpacino WW Angga Dt. Pakde Karwo Cup
6 Sancang Kuning Apeh Bandung
7 Dewi Cinta Tj Batik Pekalongan
8 Markues Haji Ajid, Faisal Bandung
9 Jibril Salim Bandung
10 Kudeta Adi Tores Dag Deg Dog
11 Alpacino Mr. Payor Jogya
12 Reno Mena Mr. Martin Rosa SF
13 Arjuna Emud Sumedang
14 Arjuna Kusnadi Fox 36 Bandung
Kenari Standar Kecil Peta
1 ABG Indra Gunawan Dt. Pakde Karwo Cup
2 Terminator Uji/Jhon Tas Dag Deg Dog
3 Burak Siluman Salim Makasar Team
4 Hanoman Deri Jusnadi Fox 36 Bandung
5 Sadewa Ujon T28
6 Sandekala H. Heri Bos SF Subang
7 Lorenzo Emo Kartika Kartika SF Smd
8 Zamorano Salim Makasar Team
9 Lorenzo Mr. Patur Jogya
10 Petruk Mr. Patur Jogya
11 Sae Tono BRT Creew
Cucak Hijau PM 22
1 Gajayana Nanang PLN Dt. Plaza Cup
2 Jaguar Dewan Bekasi
3 Giok Steven Cipinang
4 Dozer Tj Batik Pekalongan
5 Anggel ZKY Jakarta
Cucak Hijau Arhanudri – 3
1 Giok Steven Cipinang
2 Rere Mr. Rojab/Ilham Cilengkrang
3 Dozer Tj. Batik Pekalongan
Kacer Zainal
1 Kaisar H. Lasandi Cahaya SF
2 Hikari Mr. Martin Rosa Jatibarang
3 Java Jazz Nyoman Sumanata Legian Bali
4 Tuan Takur Mr Teguh Pekalongan
5 Ambasador H. Bandi Bandung
6 Merapi Agus Wijaya Saninten
Kacer PM 22
1 Kaisar H. Lasandi Cahaya SF
2 Merapi Agus Wijaya Saninten
3 Setan Alas Barok DBS Pusaka Team
4 Macho Mr. Agus Kujang
5 Raja Oteng Richard Bekasi
6 Ronggolawe Kolomunyeng Makassar Team
Kacer Yon Arhanudri – 3
1 Kaisar H. Lasandi Cahaya SF
2 Merapi Agus Wijaya Saninten
3 Ambasador H. Bandi Bandung
Pentet PM 22
1 Monster H.Heri Tan Tan Cukang Kawung 36
2 Babylon Duta Ong BSD City
3 Incognito Duta Ong BSD City
5 Konslet Rama Cikampek
6 Gergaji Otto Pejuang
Pentet Yon Arhanudri – 3
1 Monster H.Heri Tan Tan Cukang Kawung 36
5 Donking Dedi Palokakew
Cucak Jenggot PM 22
1 Yasmin M. Khadafi Aceh Bintang SF
2 Salma Kencana Romi Jatibarang
3 Abi Manyu Mr. Dedy BSD City
4 Laskar Pelangi Achen Bangka A2B BC
5 Orok H. Unang Cikarang
Cucak Jenggot Yon Arhanudri – 3
1 Ratu Jagat Mr. Yayang Pangkalanbun
2 Yasmin M. Khadafi Aceh Bintang SF
3 Bulan Agus Cilacap
4 Abi Manyu Mr. Dedy BSD City
5 Salma Kencana Romi Cimanuk BC Jatibarang
6 Cris Jhon Charles Guntur BC Garut
Anis Kembang Ring PM 22
1 Cristal Lie Nay Loen Purwakarta
Campuran Impor Yon Arhanudri – 3
1 Mentari Tedi 73 Indramayu

—-

Selamat kepada para pemenang, tetap semangat untuk peserta lainnya.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.