MB Donat dan LB Putri milik Ferry juara Merah Putih

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Ferry Louw, kicaumania asal Jambi, meraih kemenangan luar biasa dalam even akbar Merah Putih Bird Shop Cup 1 di lapangan Yon Arhanudri-3 Jalan Manado No 12 Bandung, Minggu (17/10) kemarin. Murai batu andalannya, Donat, berhasil menjuarai kelas utama, Merah Putih Special HUT, yang berhadiah Rp 40 juta dan hanya melombakan murai batu saja. Tak hanya itu, lovebird Putri juga menjuarai Kelas Mega Prima berhadiah Rp 15 juta, dan hanya melombakan lovebird dan anis merah.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Ferry Louw juara di kelas utama
Ketua panita Keke (kanan) dan Ko Afat serahkan trofi kepada Ferry Louw.

—-

Even Merah Putih Bird Shop Cup 1 benar-benar berlangsung meriah, dan diikuti burung-burung top di Indonesia. Sekitar 1.200 peserta datang dari berbagai daerah, mulai dari Sumatera, Kalimantan, Bali, Sulawesi Selatan, dan tentu saja para kicaumania di Jawa. Hujan deras di pertengahan lomba tak mengganggu jadwal lomba, juga tidak mengurangi kemeriahan lomba itu sendiri.

Pertarungan seru terjadi pada hampir semua kelas, kecuali anis kembang ring dan campuran impor yang minim peserta. Selebihnya, setiap sesi nyaris full gantangan, terutama di kelas murai batu, anis merah, lovebird, dan kenari.

Sejumlah jawara murai batu turun di sini, misalnya Kiamat milik H Sona Lampung (Duta Pakde Karwo Cup), Gobi milik Yadi Suzuki (Cirebon), Pelor Mas milik H Nendra (Jakarta), Biang Kerok milik Trio WWY (Purbalingga), Rock’n milik Sukarto (Cicurug), Moby Dick milik Mr Delta (Semarang), Si Madu milik Fery (Pameungpeuk, Bandung), dan sebagainya.

Begitu ketat persaingan, tak ada seekor burung yang berhasil meraih double winner, apalagi hattrick. Kelas paling bergengsi dimenangi Donat milik Ferry Louw, yang kali ini memperkuat Duta Liga BnR Jambi. Juara 2 dan juara 3 ditempati Kiamat milik H Sona Lampung dan Patriot milik Yudi Voltus (Jakarta).

Ferry Louw dan Bang Boy
Ferry Louw (kanan) dan Ketua Yayasan BnR Bang Boy.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

—-

Di Kelas Zainal, giliran Biang Kerok tampil sebagai yang terbaik. Burung ini besutan tiga kicaumania asal Banyumas dan Purbalingga, yaitu H Warno, Wawan Sambas, dan Yopie. Si Madu milik Fery dari Pameungpeuk menempati posisi runner-up, dan Raja Batak kepunyaan Amin (Cipinang) di posisi 3.

Dua kelas murai batu lainnya, yaitu PM 22 dan Yon Arhanudri-3, masing-masing dimenangi Gada Mas milik Zee-Zee dari Mabes 27, dan Sampit kepunyaan Aldi dari Cipinang.

Ferry Louw menyatakan puas atas kemenangan murai batu Donat di kelas utama. Pasalnya, burung ini dibesutnya sendiri selama delapan bulan, dengan rutin menurunkannya dari latber ke latber yang digelar di Kota Jambi dan sekitarnya.

Jambi memang dikenal sebagai gudang murai batu jawara, dan arena sekelas latber pun kerap diikuti murai-murai jawara nasional seperti Happy Birthday milik Akia, Anatta milik Aphing, Panglima milik Yongka, dan sebagainya.

“Donat sudah tiga kali juara pertama dalam even latberan di Jambi. Burung ini baru pertama dibawa ke Jakarta saat mengikuti Jayakarta Cup (3/11), dan langsung menjadi runner-up Kelas EB-Odjoss, di bawah Moby Dick yang juara pertama. Kemudian ya turun di Merah Putih Bird Shop Cup, dan juara pertama di kelas paling bergengsi,” kata Ferry Louw kepada Om Kicau.

Selain juara 1 di kelas paling bergengsi, Merah Putih Special HUT, murai batu Donat juga juara 6 pada Kelas PM 22. Ferry merasa jerih payahnya selama berbulan-bulan menangani Donat terbayar lunas melalui prestasi ciamik gaconya. Dia berharap prestasi Donat tak berhenti sampai di sini, melainkan terus berlanjut dalam even-even berikutnya.

Kegembiraan Ferry makin lengkap, setelah andalannya yang lain, lovebird Putri, juga menjuarai Kelas Mega Prima. Panitia yang diketuai Ko Afat dan Keke membuka lima kelas lovebird, dan Mega Prima merupakan kelas utama untuk jenis burung tersebut.

Di kelas ini, Putri mengalahkan salah satu lovebird terbaik nasional, Dewa Erlang milik Kolomunyeng dari Makassar Team, yang harus puas sebagai juara 3. Posisi runner-up ditempati Bintang Surya milik H Mansyur dari Raja Fauna.

Berdasarkan catatan Om Kicau, Putri saat ini merupakan lovebird terbaik di Sumatera. Dalam Liga Sumatera, misalnya, burung ini sudah dua kali meraih hattrick, masing-masing pada Seri 3 di Kota Pariaman (Sumatera Barat) dan Seri 6 di Bengkulu.

Ferry Louw dan lovebird Putri
Ferry Louw bersama lovebird Putri andalannya.

—-

Empat kelas lovebird lainnya dimenangi empat burung berbeda, masing-masing Kemuning milik Yoga (Siliwangi Bandung) di Kelas PM 22, Bantimurung milik Sultan Arief (Makassar Team) di Kelas PM 22A, dan Karmila milik H Heri Tan Tan (Cukang Kawung 36) di Kelas Yon Arhanudri -3, dan Gadis Bali kepunyaan Iwan Joko dari Bandung di Kelas Peta 251.

Kacer Kaisar sukses mencetak hattrick

Dalam even Merah Putih Bird Shop Cup 1, tidak ada burung yang berhasil meraih dua kemenangan. Namun, justru ada seekor burung yang mencetak hattrick, yaitu kacer Kaisar milik H Lasandi (Cahaya SF). Kaisar memborong tiga kelas yang dibuka panitia, masing-masing Kelas Zainal, Kelas PM 22, dan Kelas Yon Arhanudri-3.

Empat kelas anis merah berlangsung ketat, dan setiap sesi nyaris full gantangan. Kelas utama, Mega Prima, dimenangi Suarez milik Mr Fahmi Kobelko Jogja yang membela Duta WMP Cup 8 Desember.

Anis merah jawara
Anis merah Suarez kembali menang di Blok Barat.

—-

Sudah beberapa kali Suarez meraih juara di Blok Barat. Kemenangan di Bandung makin memuaskan Fahmi, karena banyak anis merah jawara dari daerah ini, sehingga Bandung sering dianggap sebagai kandang macan untuk kelas anis merah.

Lawan-lawan yang dikalahkan Suarez kali ini bukan burung sembarangan. Tercatat ada burung milik H Ojon (Cikutra Bandung), yaitu Selebritis, yang sudah dipastikan menjuarai Liga Ronggolawe Jabar 2013 meski masih menyisakan satu seri. Selebritis bahkan harus puas menjadi juara 5.

Juara kedua ditempati Brayan milik Toni Joker dari Metland, diikuti Roda Gila milik H Udi / Eman dari Buana Raya, serta Klimax milik H Suryana / Umar (Kota Baru).

Tiga kelas anis merah lainnya masing-masing dimenangi Gladiator milik H Mungin (Sersan Bajuri), Klimax, dan Red Lable milik  Deded (Bintaro).

Pertarungan bernuansa balas dendam terjadi di cucak jenggot, di mana dua burung terbaik nasional saat ini, Ratu Jagat milik Mr Yayang Pangkalanbun dan Yasmin andalan M Khadafi (Aceh Bintang SF Lampung), kembali bertemu. Yasmin berhasil menjuarai kelas PM 22, adapun Ratu Jagat memenangi Kelas Yon Arhanudri-3.

Cucak jenggot Ratu Jagat
Cucak jenggot Ratu Jagad selalu tampil prima.

—-

Ko Afat dan Keke selaku ketua panitia bersama mengucapkan terimakasih atas partisipasi peserta dari berbagai daerah, dan mohon maaf kalau ada kekurangan di sana-sini. (Kelana Lana / Waca)

—-

Hasil Lomba Merah Putih Bird Shop Cup 1, Bandung (Minggu, 17 November 2013)

—-

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Murai Batu Merah Putih Special HUT
1DonatSabtiar FLDt.Liga BnR Jambi
2KiamatH.SonaDt.Pak De Karwo
3PatriotYudi VoltusJakarta
4GobiYadi SuzukiCirebon
5MDBintangAceh Bintang SF
6Pelor MasH.NendraN 27 SF
7Rock N RollSukartoCicurug
8Si MaduFerryPameungpeuk Bandung
9Raja BatakAminCipinang
10VidiWawan YunaBandung
11RonggengKim HongCianjur
12KorbanYadi Eka JayaSumedang
Murai Batu Zainal
1Biang KerokWwyPurbalingga
2Si MaduFerryPameungpeuk Bandung
3Raja BatakAminCipinang
4DragonBudi IndoJakbar
5TwincamJohanGarut
6CantonaMr.TedjoDepok
7BatistutaH.MansurRaja Fauna
8Moby DickMr.DeltaDelta SF Semarang
9DewaYudi VoltusJakarta
10RengganisEko Suara AlamSubang
11Raden WijayaKolomunyengMakassar Team
12ChikungTiger MingSingasana Pradana
13Raja EdanH.AsepB2T Cileunyi
14Harley DavidsonH.BobbyPekanbaru
15PanglimaHeriGempol Asri
Murai Batu PM 22
1Gada MasZee-ZeeMabes 27
2GobiYadi SuzukiCirebon
3Bajing IrengRidoKarawang
4OharaIkhsanudinSecapa AD Bandung
5MadonaErikTasikmalaya
6DonatSabtiar FLDt.Liga BnR Jambi
7GalaxyKuwu AsikunCimanuk BC Jatibarang
8Si MaduFerryPameungpeuk Bandung
9DragonBudi IndoJakbar
10BiologisHeri BangkitSubang
11ArtomoroYudi VoltusJakarta
12MDBintangAceh Bintang SF
13CrownBudi RoxiDt.LBC
14SenatorMr.Reza ZafaPekalongan
15GonzalesDoniBatujajar
Murai Batu Yon Arhanudri-3
1SampitAldiCipinang
2OharaIkhsanudinSecapa AD Bandung
3Pendekar BodohAhmadAl-Asoy SF
5BintangYudi/ImamPalmerah SF
7X FactorUst.HamdanLimbangan Garut
8Vini Vidi ViciPanjiPerum Marga Asih
9OO7H.ApidHaurpugur Rancaekek
Anis Merah Mega Prima
1SuarezMr.FahmiDt.WMP8 Jogya
2BrayanToni JokerMetland
3Roda GilaH.Udi/EmanBuana Raya
4KlimaxH.Suryana/UmarKota Baru
5SelebritisH.OdjonCikutra Bandung
6P.MerapiMr.TedjoDepok
7SinarApungCikampek
8Red LableDededBintaro
9RossyCharlesGuntur BC Garut
Anis Merah Zainal
1GladiatorH. MunginSersan Bajuri
2SelebritisH. OdjonCikutra Bandung
3RinduKimpenTasikmalaya
4P.MerapiMr. TedjoDepok
6Roda GilaUdi/EmanBuana Raya
7Red LableDededBintaro
8BintangH. SunaraBandung
9KaisarH. JuandaRancaekek
10SuarezMr. FahmiDt. WMP 8 Yogya
11Boy JRUst. DadanGarut
12BrayanToni JokerMetland
13KobelcoMr. FahmiDt. WMP 8 Yogya
Anis Merah PM 22
1KlimaxH. Suryana/UmarKota Baru
2Red LableDededBintaro
3RossyCharlesGuntur BC Garut
4BintangH. SunaraBandung
5JagorawiDR. TanTasikmalaya
6P. MerapiMr. TedjoDepok
7RajaPramonoJava BC Bandung
8MatadorNanang PLNDt. Plaza Cup
9Roda GilaUdi/EmanBuana Raya
10PesawatAgus JokerBandung
11MawarH. OdjonCikutra Bandung
12Boy JRUst. DadanGarut
13Raja DutaDrs. Din DinBandung
14ZimatH. Asep AlbaGarut
15B 14 NTEDedeBrebes
16KomandoPramonoJava BC Bandung
17BrayanToni JokerMetland
Anis Merah Yon Arhanudri-3
1Red LableDededBintaro
2JagorawiDR. TanTasikmalaya
31/2 DewaPramonoJava BC Bandung
4RossyCharlesGuntur BC Garut
5Braja DentaDrs. Din DinCihanjuang
6Jali-JaliRonny BRBandung
7ZimatH. Asep AlbaGarut
10BintangH. SunaraBandung
11DewaDeni PoliceGarut
12MawarH. OdjonCikutra Bandung
Lovebird Mega Prima
1PutriFerry LouwDt. Liga BnR Jambi
2Bintang SuryaH. MansyurRaja Fauna
3Dewa ErlangKolomunyengMakassar Team
4KarmilaH.Heri Tan TanCukang Kawung 36
5Mega LangitMarcelSemarang
6Bluer 6Budi TMGMagelang SF
7CityMr. ZamhudiBatam
Lovebird PM 22
1KemuningYogaSiliwangi Bdg
2Dewi MalamH. SunaraBandung
3OliveBonni NJawara BC
5Dewa ErlangKolomunyengMakassar Team
6Si KipasAceBandung
7Pangeran TimurH. MansyurRaja Fauna
8RoketH. OdjonCikutra Bandung
9Neng ImetAbah NunuKarawang
10JackH. MansyurRaja Fauna
11DonaTopanSumedang
12Robin 123BudinAl-Asoy SF
13Slu VitaH. OpikPadepokan Jendral
14PegasusHeriGarut
15OnixDedeHoman Team
16AgnesJayaSukabumi
Lovebird PM 22 A
1BantimurungSultan AriefMakassar Team
2Cantik JrAsep DediUber
3KunyukRana/TonoLB Lembang
4Neng InemSoqarCimahi
5DollarRajaRat SF
6Mawar BodasDedi OrayKoploba Bubat
7Putri KuningH. MansyurRaja Fauna
8KamasutraAcidLB Lembang
9Dewi MalamH. SunaraBandung
10The BluesHendrianKM Cup 13
11RahelAgus AgistaKoploba Bansel
12Naga LangitMarcelSemarang
13ChelseaNurul DepokSolo Jateng
14Gadis BaliIwan JokiBandung
15Argo BromoWawangBuah Batu
16PerongIskandarBandung
17AlibiBrotherAl-Asoy SF
Lovebird Yon Arhanudri – 3
1KarmilaH.Heri Tan TanCukang Kawung 36
2RemoteGun GunKoploba Bandung
3VirusTomiKoploba
4BelaH. RicoR.C.M.S.F
5MonalisaPanjiPandawa Team
6Neng InemAbah NanuKarawang
7Dewi MalamH. SunaraBandung
9Argo BromoWawangBuah Batu
10CityMr. ZamhudiBatam
11AlibiBraderDt KP
12Al- BaharAhmadAl-Asoy SF
13PistonH. AcepRCB BC
14VitaJovitaBacip
15GagurinKolomunyengMakassar Team
Lovebird Peta 251
1Gadis BaliIwan JokiBandung
2Cut TariAntoJerokuso 33
3Dewa ErlangKolomunyengMakassar Team
4CityMr. ZamhudiBatam
5BuruyJackChivas Bubat
6RumpakaH. AangLB Lembang
7The BluesHendrianPemilu KM Cup 13
8Al- BaharAhmadAl-Asoy SF
9ImasAtoelDentoel BC
10Bople DanisaSuparjoDt. KM JBB
Kenari Standar Besar Zainal
1Sekar JagadJeannie IndriaDt. Pakde Karwo Cup
2FenomenaMr. MartinRosa SF
3NikitaDadenNikita Team
4White BoyH. NendraN 27 SF
5BrahmaAMSBandung
6OkhieH. SambasPR BC
7JibrilSalimMakassar Team
8Go GreenH.Heri Tan TanCukang Kawung 36
9Por SS 15Mr. FredyDuta IBC
10ZeplinH. BestiPasutri SF
Kenari Standar Kecil PM 22
1TerminatorUji/Jhon TasDag Deg Dog
2Satria PiningitApehBandung
3ABGIndra GunawanDt. Pakde Karwo Cup
4Burak SilumanSalimMakasar Team
5Park. SJ. 03Mr. FredyDt. IBC
6HanomanKusnadiFox 36 Bandung
7LorenzoEmo KartikaKartika SF Smd
8BangsawanGun’x-DeviX-Brantas
9GeboyIrfanGN SF Granat
Kenari Standar Besar Yon Arhanudri – 3
1Big BosBambangBojonegoro
2Park. SJ. 03Mr. FredyDT. IBC
3LaskarHermantoBandung
4DewaAzamSingaparna
5AlpacinoWW AnggaDt. Pakde Karwo Cup
6Sancang KuningApehBandung
7Dewi CintaTj BatikPekalongan
8MarkuesHaji Ajid, FaisalBandung
9JibrilSalimBandung
10KudetaAdi ToresDag Deg Dog
11AlpacinoMr. PayorJogya
12Reno MenaMr. MartinRosa SF
13ArjunaEmudSumedang
14ArjunaKusnadiFox 36 Bandung
Kenari Standar Kecil Peta
1ABGIndra GunawanDt. Pakde Karwo Cup
2TerminatorUji/Jhon TasDag Deg Dog
3Burak SilumanSalimMakasar Team
4HanomanDeri JusnadiFox 36 Bandung
5SadewaUjonT28
6SandekalaH. HeriBos SF Subang
7LorenzoEmo KartikaKartika SF Smd
8ZamoranoSalimMakasar Team
9LorenzoMr. PaturJogya
10PetrukMr. PaturJogya
11SaeTonoBRT Creew
Cucak Hijau PM 22
1GajayanaNanang PLNDt. Plaza Cup
2JaguarDewanBekasi
3GiokStevenCipinang
4DozerTj BatikPekalongan
5AnggelZKYJakarta
Cucak Hijau Arhanudri – 3
1GiokStevenCipinang
2RereMr. Rojab/IlhamCilengkrang
3DozerTj. BatikPekalongan
Kacer Zainal
1KaisarH. LasandiCahaya SF
2HikariMr. Martin RosaJatibarang
3Java JazzNyoman SumanataLegian Bali
4Tuan TakurMr TeguhPekalongan
5AmbasadorH. BandiBandung
6MerapiAgus WijayaSaninten
Kacer PM 22
1KaisarH. LasandiCahaya SF
2MerapiAgus WijayaSaninten
3Setan AlasBarok DBSPusaka Team
4MachoMr. AgusKujang
5Raja OtengRichardBekasi
6RonggolaweKolomunyengMakassar Team
Kacer Yon Arhanudri – 3
1KaisarH. LasandiCahaya SF
2MerapiAgus WijayaSaninten
3AmbasadorH. BandiBandung
Pentet PM 22
1MonsterH.Heri Tan TanCukang Kawung 36
2BabylonDuta OngBSD City
3IncognitoDuta OngBSD City
5KonsletRamaCikampek
6GergajiOttoPejuang
Pentet Yon Arhanudri – 3
1MonsterH.Heri Tan TanCukang Kawung 36
5DonkingDediPalokakew
Cucak Jenggot PM 22
1YasminM. KhadafiAceh Bintang SF
2Salma KencanaRomiJatibarang
3Abi ManyuMr. DedyBSD City
4Laskar PelangiAchen BangkaA2B BC
5OrokH. UnangCikarang
Cucak Jenggot Yon Arhanudri – 3
1Ratu JagatMr. YayangPangkalanbun
2YasminM. KhadafiAceh Bintang SF
3BulanAgusCilacap
4Abi ManyuMr. DedyBSD City
5Salma KencanaRomiCimanuk BC Jatibarang
6Cris JhonCharlesGuntur BC Garut
Anis Kembang Ring PM 22
1CristalLie Nay LoenPurwakarta
Campuran Impor Yon Arhanudri – 3
1MentariTedi 73Indramayu

—-

Selamat kepada para pemenang, tetap semangat untuk peserta lainnya.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.