Bagi penggemar / pemilik murai batu yang belum berkesempatan mengawal momongannya mabung dewasa untuk pertama kalinya, galeri video berikut ini bisa menjadi bekal di kemudian hari. Ada lima video, semuanya milik Om David de Souza, yang menggambarkan perkembangan murai batu setelah rampung masa mabung, dengan rincian hari pertama pascamabung, hari ke-3, hari ke-8, hari ke-13, dan sebulan pascamabung.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Murai batu Rave, umur 8 bulan, milik David de Souza.

—-

Objek dari lima video ini adalah Rave, murai batu hasil penangkaran Om David, yang merampungkan mabung perdananya pada 23 Oktober lalu, pada umur sekitar 7 bulan.  Proses ganti bulu ini berjalan baik, tanpa kendala berarti. Panjang bulu ekor utamanya mencapai 30 cm.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Menurut Om David, kondisi top form baru tercapai sekitar 1,5 bulan pascamabung. Artinya, Anda tak perlu cemas jika selepas mabung, burung belum terlalu rajin bunyi.

Om David dengan teliti membuat tahap demi tahap perkembangan performa MB mudanya setelah rampung mabung pertama. Dalam beberapa hal, performa gaya dan suara ini juga dijumpai pada MB pascamabung kedua dan seterusnya. Misalnya, soal agresivitas dan kemampuannya dalam berkicau yang akan meningkat secara bertahap dari waktu ke waktu.

Tetapi, untuk beberapa hal lain, ada juga yang berbeda. Misalnya volume suara, yang pada MB muda akan terlihat lebih lirih pada hari-hari pertama pascamabung. Selain itu, murai batu muda juga tidak langsung berminat terhadap MB betina yang didekatkan ke sangkarnya.

Video MB Rave hari ke-1 pascamabung      l    Download

Video berikut ini akan menggambarkan kondisi Rave sehari setelah rampung mabung. Terlihat bulu-bulunya belum nyingset ke tubuh, atau biasa disebut masih bulu basah. Suaranya juga masih lirih, dengan lagu isian kutilang jambul.