Galeri video performa MB pascamabung perdana

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

Bagi penggemar / pemilik murai batu yang belum berkesempatan mengawal momongannya mabung dewasa untuk pertama kalinya, galeri video berikut ini bisa menjadi bekal di kemudian hari. Ada lima video, semuanya milik Om David de Souza, yang menggambarkan perkembangan murai batu setelah rampung masa mabung, dengan rincian hari pertama pascamabung, hari ke-3, hari ke-8, hari ke-13, dan sebulan pascamabung.

Murai batu Rave
Murai batu Rave, umur 8 bulan, milik David de Souza.

—-

Objek dari lima video ini adalah Rave, murai batu hasil penangkaran Om David, yang merampungkan mabung perdananya pada 23 Oktober lalu, pada umur sekitar 7 bulan.  Proses ganti bulu ini berjalan baik, tanpa kendala berarti. Panjang bulu ekor utamanya mencapai 30 cm.

Menurut Om David, kondisi top form baru tercapai sekitar 1,5 bulan pascamabung. Artinya, Anda tak perlu cemas jika selepas mabung, burung belum terlalu rajin bunyi.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

Om David dengan teliti membuat tahap demi tahap perkembangan performa MB mudanya setelah rampung mabung pertama. Dalam beberapa hal, performa gaya dan suara ini juga dijumpai pada MB pascamabung kedua dan seterusnya. Misalnya, soal agresivitas dan kemampuannya dalam berkicau yang akan meningkat secara bertahap dari waktu ke waktu.

Tetapi, untuk beberapa hal lain, ada juga yang berbeda. Misalnya volume suara, yang pada MB muda akan terlihat lebih lirih pada hari-hari pertama pascamabung. Selain itu, murai batu muda juga tidak langsung berminat terhadap MB betina yang didekatkan ke sangkarnya.

Video MB Rave hari ke-1 pascamabung      l    Download

Video berikut ini akan menggambarkan kondisi Rave sehari setelah rampung mabung. Terlihat bulu-bulunya belum nyingset ke tubuh, atau biasa disebut masih bulu basah. Suaranya juga masih lirih, dengan lagu isian kutilang jambul.

—-

Pada video di atas, Rave tidak menunjukkan reaksi apapun, meski Om David sengaja mendekatkan sangkarnya dengan sangkar murai batu betina. Apa artinya?

Reaksi “dingin” ini menunjukkan hormon testosteron pada tubuh Rave belum mencapai level / kadar yang dibutuhkan untuk membuatnya birahi, sekaligus membuatnya rajin berkicau. Sebab kondisinya belum fit, seperti burung yang baru sembuh dari sakit, sehingga perlu revocery atau masa prakondisi selama beberapa waktu agar bisa mencapai top form.

Menurut Om David, lama masa prakondisi murai batu pascamabung idealnya sekitar 1,5 bulan. Bisa juga dua bulan seperti pendapat Om Syamsul Saputro, pemilik SKL Bird Farm Jatibarang, Indramayu.

Video MB Rave hari ke-3 pascamabung      l    Download

Tiga hari pascamabung, bulu-bulu tubuh murai batu mulai terlihat lebih singset. Gerakannya sudah lebih gesit / lincah daripada hari pertama, dan terus mencari sumber suara burung sejenis.

Meski dalam video tak terlihat Rave berkicau, Om David menjelaskan burung tetap bernyanyi, tetapi cuma sesekali dan cenderung pada siang hari.

—-

Video MB Rave hari ke-8 pascamabung      l    Download

Delapan hari setelah rampung mabung, burung makin menunjukkan performa gaya serta suara yang meningkat daripada sebelumnya.

Burung sudah mampu mengeluarkan beberapa lagunya, namun masih belum terlalu keras. Lagu-lagu ini akan makin bervariasi, dengan volume lebih keras, apabila kondisi fisiknya benar-benar fit, yaitu sekitar 1,5 – 2 bulan pascamabung.

Silakan lihat gaya dan suaranya dalam video berikut ini :

—-

Video MB Rave hari ke-13 pascamabung      l    Download

Sekitar 2 minggu, atau tepatnya 13 hari pascamabung, penampilan burung mengalami peningkatan secara bertahap seperti terlihat pada video di bawah ini. Burung sudah mampu meladeni suara MB lain, meski ia tidak melihatnya secara langsung.

—-

Video MB Rave 1 bulan pascamabung      l    Download

Sebulan setelah rampung mabung, seperti inilah penampilan murai batu Rave. Burung sudah makin gacor, dengan lagu lebih lengkap, dan speed cukup rapat. Minimal setengah bulan lagi, burung sudah dalam kondisi top form.

Meski demikian, ini tetap burung muda, dan baru benar-benar mencapai puncak penampilannya setelah 3 – 4 kali mabung berikutnya, atau ketika umurnya sekitar 4 tahun.

—-

—-

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.