Beberapa sobat kicaumania sempat kebingungan, kok ada ekek geling yang berekor panjang dan ada pula yang berekor pendek. Bahkan ada juga yang bertanya, mengapa ekek gelingnya berwarna biru, padahal sepengetahuannya ekek geling berwarna hijau. Sebenarnya tidak ada ekek geling / short-tailed green magpie (Cissa thalassina) yang berekor panjang. Namun ada spesies burung ekek dengan ekor panjang, penampilannya juga mirip ekek geling, yaitu burung ekek layongan / common green magpie (Cissa chinensis).

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Burung ekek layongan / common green magpie (Cissa chinensis).

—-

Di Indonesia, ekek layongan di alam liar hanya dapat dijumpai di Sumatera dan Kalimantan. Tetapi di luar Indonesia, spesies ini tersebar mulai dari Asia Tengah, wilayah selatan China, dan kawasan Asia Tenggara kecuali Filipina.

Sebagaimana ekek geling, burung ekek layongan memiliki warna tubuh yang sangat cantik. Postur cukup besar, dengan panjang tubuh 34 cm (ekek geling 32 cm). Warna bulunya hijau-terang dengan setrip mata berwarna hitam.

Ekornya panjang, bertingkat, berwarna hijau dan pada bagian ujung terdapat warna hitam dan putih. Adapun bulu sayapnya berwarna cokelat-berangan. Iris mata, paruh, dan kaki berwarna merah.

Ada beberapa hal yang membedakan antara ekek layongan dan ekek geling. Pertama, ekornya lebih panjang daripada ekek geling. Kedua, bagian kepalanya lebih kuning. Ketiga, iris mata berwarna merah. Untuk lebih jelasnya, silakan cermati gambar di bawah ini.

Perbedaan burung ekek layongan (kiri) dan ekek geling.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

—-

Bagaimana ekek bisa berwarna biru?

Warna dominan pada burung ekek layongan adalah hijau, itu sebabnya burung ini dinamakan common green magpie. Demikian pula dengan ekek geling yang memiliki nama internasional short-tailed green magpie, karena ekornya lebih pendek daripada ekek layongan.

Tetapi dalam kondisi tertentu, burung ini dapat berubah warna menjadi biru. Penyebab utama adalah faktor pakan dan / atau kekurangan pigmen kuning dalam makanannya. Hal seperti ini biasa dijumpai pada burung yang dipelihara di dalam sangkar, termasuk burung-burung yang ada di kandang penangkaran.

Berikut ini video burung ekek layongan dalam penangkaran yang berubah warna menjadi biru: