Riddick, cendet dengan kebiasaan mandi yang unik

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Entah mengapa, cendet Riddick milik Mr Jombang (Jogja) memiliki kebiasaan mandi yang unik. Juara Plaza Cup 2 di Semarang (12/1) ini mandi dua kali sehari, dan dilakukan di dalam sangkar yang masih dikerodong. Bagian atas kerodong didesain sedemikian rupa sehingga bisa dibuka. Dari bagian atas inilah, burung disemprot air menggunakan sprayer.

Cendet Riddick
Cendet Riddick

Mr Jombang sejak lama dikenal piawai mengorbitkan cendet jawara. Empat tahun lalu, dia memiliki cendet XTrime  yang pernah menjuarai Gubernur Jawa Tengah Cup di Solo. Cukup lama gaco ini merajai Blok Tengah.

Akhir tahun lalu, Mr Jombang memperoleh cendet prospek dalam kontes Gebyar Tutup Tahun IKPBS Solo (29/12). Gaco tersebut tidak lain adalah Riddick, yang sama sekali tak masuk dalam daftar juara di Solo. Namun Mr Jombang tahu pasti kalau Riddick adalah gaco yang sangat prospektif.

Benar saja. Hanya dua pekan dia memoles Riddick bersama sang mekanik, Udik. Burung lalu dibawa ke Semarang, mengikuti even nasional Plaza Cup 2. Hasilnya luar biasa. Cendet Riddick tampil sebagai juara 1 dan juara 5.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Menurut Mr Jombang, ketika hanya menjadi juara 5 di Kelas Permata Hotel, penampilan Riddick pun sebenarnya sangat oke. Dalam versinya, mestinya bisa lebih dari sekadar juara 5. Namun dia tak mau mempersoalkannya. Apalagi setelah pada sesi kedua, Kelas Plaza Hotel yang merupakan kelas paling bergengsi, Riddick justru mampu menjadi yang terbaik.

Perawatan harian cendet Riddick

Perawatan harian cendet Riddick relatif sederhana. Tetapi, sebagaimana ditulis dalam artikel Dasar-dasar perawatan harian burung cendet, pemain yang sama pun tidak selalu menerapkan perawatan yang sama untuk dua burung yang berbeda.

Ini bisa dibuktikan dari cara Mr Jombang merawat Riddick dan XTrime. Setelan jangkrik, misalnya, ia hanya memberikan porsi 4/4 untuk XTrime. Tetapi untuk Riddick, porsi jangkriknya lebih tinggi, yaitu 7/7.

Mr Jombang dan Udik
Duet Mr Jombang / Udik siap meramaikan kelas cendet.

Berikut ini ringkasan perawatan harian cendet jawara bernama Riddick:

  • Extra fooding (EF) harian berupa jangkrik, yang diberikan 7 ekor pada pagi hari, dan 7 ekor sore hari.
  • Mandi dua kali sehari, dalam kondisi tetap dikerodong, dengan cara disemprot dari atas.
  • Usai mandi, burung dijemur dalam suasana sepi, tidak boleh ada orang asing lalu-lalang di sekitarnya.

Hari Minggu (26/1) ini, cendet Riddick masih mengikuti even Jumbo Oil Cup di Bandung. Selanjutnya,  Mr Jombang akan membawanya ke Kapolres Magetan Cup (2/2), dan Valentine Day di Jogja, Minggu tanggal 16 Februari 2014. (Waca)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

17 Comments

  1. Ok tak do’akan om dudung, semoga pemilik burung2 jawara mau berbagi videonya, klo materi burungnya memang bagus? kenapa harus malu malu… Stigma yang ada di pemula untuk lomba burung skarang inikan gini, JANGAN LIAT MATERINYA APA? TAPI LIAT YANG GANTANG SIAPA?

    • Keinginan kita sama. Cuma perjuangan untuk mendapat rekaman video, juga izin sang pemilik, tidak semua orang bisa memahaminya, he.. he…

      Pokoknya kalau semua kendala teratasi, pasti video diupload, bukan hanya cendet, tetapi juga burung jawara lainnya.

  2. Iya om, pdhal dari dulu tntang cendet udah q bca brkali2, seumpama brupa buku kra2 udah smp lungset om, 🙂
    tp trkdng bngung menrapkan k cndt ku,
    ya udah makash bwt om dudung! Smga om kcau tetp jaya! Tmbh siiiiip,,

    • Nanti kalau setiap ada masalah bisa teratasi, lama-lama juga bisa jadi pakar. Para pengorbit burung jawara pun dulu ya grotal-gratul. Setelah memperoleh banyak kendala, dan sedikit demi sedikit bisa mengatasi, akhirnya pegang burung sejenis apapun dia lihai.
      Tetap semangat…

  3. ma’af tanya lg om, pdhal udah gacor typ hari tu om. Apa msh dlm kteg0ri stres om? Emang kmarin pernh tk bwa ke ltber, d sana munting2 (salto) krn lawan cndet tua2 &mapan! Sdngkn cendt ku bru stengah tahun/mabung gnti bulu trotol, stlah tu d rumh serng trun tgkringan &smbunyi,

  4. Om dudung, mau curhat nih.
    Sy punya cendet, yg dulunya kata orang pertama gacor lalu mental-y drop karena ada cendet yg lebih superior dalam satu rumah.
    Saya terapi dengan mengkerodong-y selama sebulan penuh. Kebetulan jg waktu it mabung, jadi paslah.
    Sekarang ud 3 bln, mabung-y selesai bulu-bulu-y jg bagus.
    Masalah-y, kok gk gacor jg ya om. Padahal sdh sy kasih testobird 3 hr brturut-turut selama 1 bulan.
    Mohon petunjuk…
    Thanks omkicau.

    • Maksudnya TestoBird atau TestoBirdBooster (TBB)? Kalau TestoBird untuk burung penangkaran, mungkin maksudnya TBB ya.

      Jika burung dulu sudah pernah gacor, dan sudah diberi TBB 3 hari berturut-turut selama 1 bulan belum bisa pulih seperti dulu lagi, pasti stres atau dropnya belum teratasi.

      Silakan simak solusinya di sini: https://omkicau.com/2013/06/24/membangkitkan-mental-cendet-yang-drop/

      Ada poin penting untuk membangkitkan mentalnya, yaitu dekatkan sangkarnya dengan sangkar burung-burung kecil seperti perenjak. Tentu prenjaknya yang asal saja, jangan yang bagus, karena hanya untuk sarana cendet menunjukkan dominasinya saja.
      Selebihnya bisa dilihat dalam link artikel tersebut ya.
      Semoga lekas pulih dan gacor lagi…

Komentar ditutup.