Mengenal 7 Spesies burung kakatua di Indonesia

Kontak Whatsapp Om Kicau? Klik ini (akan dibalas begitu ada sempat).

6. Burung kakatua raja

Kakatua Raja
Kakatua raja / palm cockatoo (Probosciger aterrimus)

Burung kakatua raja  / palm cockatoo (Probosciger aterrimus) sering juga disebut goliath cockatoo, mengingat inilah spesies kakatua dengan postur tubuh paling besar. Panjang tubuhnya bisa mencapai 55 – 70 cm.

Bulu tubuh dan jambulnya berwarna hitam, adapun pipinya merah tua. Karena bulu dan jambulnya hitam, burung ini juga sering disebut kakatua hitam. Selain dijumpai di Papua dan Kepulauan Aru, kakatua raja juga dijumpai di Australia.

TBB bikin burung ngos jadi joss

Berikut ini tiga subspesies / ras kakatua raja :

  1. Probosciger aterrimus goliath : Ukuran tubuhnya lebih besar daripada dua ras lainnya, yaitu 60 – 70 cm.  Persebarannya meliputi wilayah barat Papua, daerah kepala burung, dan Pulau Waigeo.
  2. Probosciger aterrimus aterrimus : Ukuran tubuhnya 55 – 60 cm.  Persebaran meliputi wilayah selatan Papua, Kepulauan Aru, dan wilayah utara Australia.
  3. Probosciger aterrimus stenolophus : Ukuran tubuhnya hampir sama dengan ras goliath, tetapi lebar bulu jambulnya lebih sempit.  Persebarannya meliputi wilayah utara Papua dan Pulau Yapen.

Meski kakatua raja mulai terancam akibat maraknya alihfungsi hutan dan penangkapan liar untuk untuk tujuan perdaganan, secara umum burung ini masih sering ditemukan di habitat aslinya.

Voer jangkrik luar biasa

Kakatua raja termasuk burung dilindungi di Indonesia !!!

Sebelumnya   l   Berikutnya

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Kontak Whatsapp Om Kicau? Klik ini (akan dibalas begitu ada sempat).

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini