Mengenal 7 Spesies burung kakatua di Indonesia

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

6. Burung kakatua raja

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Kakatua Raja
Kakatua raja / palm cockatoo (Probosciger aterrimus)

Burung kakatua raja  / palm cockatoo (Probosciger aterrimus) sering juga disebut goliath cockatoo, mengingat inilah spesies kakatua dengan postur tubuh paling besar. Panjang tubuhnya bisa mencapai 55 – 70 cm.

Bulu tubuh dan jambulnya berwarna hitam, adapun pipinya merah tua. Karena bulu dan jambulnya hitam, burung ini juga sering disebut kakatua hitam. Selain dijumpai di Papua dan Kepulauan Aru, kakatua raja juga dijumpai di Australia.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Berikut ini tiga subspesies / ras kakatua raja :

  1. Probosciger aterrimus goliath : Ukuran tubuhnya lebih besar daripada dua ras lainnya, yaitu 60 – 70 cm.  Persebarannya meliputi wilayah barat Papua, daerah kepala burung, dan Pulau Waigeo.
  2. Probosciger aterrimus aterrimus : Ukuran tubuhnya 55 – 60 cm.  Persebaran meliputi wilayah selatan Papua, Kepulauan Aru, dan wilayah utara Australia.
  3. Probosciger aterrimus stenolophus : Ukuran tubuhnya hampir sama dengan ras goliath, tetapi lebar bulu jambulnya lebih sempit.  Persebarannya meliputi wilayah utara Papua dan Pulau Yapen.

Meski kakatua raja mulai terancam akibat maraknya alihfungsi hutan dan penangkapan liar untuk untuk tujuan perdaganan, secara umum burung ini masih sering ditemukan di habitat aslinya.

Kakatua raja termasuk burung dilindungi di Indonesia !!!

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Sebelumnya   l   Berikutnya

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.