Februari tahun ini menjadi bulan yang mengesankan bagi Om Likin dari Solusindo Canary Team (SCT) Klaten. Pasalnya, tiga pekan beruntun, jagonya selalu menang dalam even-even bergengsi. Dimulai dari kenari Raja Melody yang menjuarai HUT Ke-7 Papburi Solo (9/2) dan juara 2 Valentine Day Jogja (16/2), serta Dewa Asmara yang menjuarai Kelas Kenari Isian dalam kontes Papburi Klaten, Minggu, 23 Februari lalu.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Raja Melody juara di Papburi Solo dan Valentine Day Jogja.

Dalam kontes Papburi Solo, yang dihadiri sejumlah tokoh Papburi dari Solo, Klaten, dan Jogja, kenari Raja Melody sukses menjuarai Kelas Reguler dan juara 5 Kelas Olimpiade.

Kelas Olimpiade dimenangi Dugem milik Koko dari Klaten. Satu sesi lainnya, Kelas Kalitan, dimenangi gaco milik Haris (Sragen) bernama Amuba. Hasil lengkap kontes Papburi Solo bisa dilihat di sini.

Seminggu kemudian, Raja Melody tampil dalam even nasional Valentine Day di kawasan Denggung, yang merupakan Taman Pemkab Sleman. Saat itu, Raja Melody menjadi runner-up, kalah tipis dari Comando milik Fitri BKS (Samarinda).

Likin: Maestro kenari isian.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Saat itu para pengamat menilai, dari sisi lagu, Raja Melody sebenarnya lebih unggul dari Commando. Tetapi Commando sedikit lebih rajin bunyi, dengan lagu standar cengkok yang dimainkannya secara halus. Kalau Raja Melody bisa tampil lebih rajin, atau lebih maksimal sedikit saja, daftar juara sangat mungkin berubah.

Berikut ini cuplikan aksi Raja Melody, ketika direkam Om Kicau di rumah Om Likin beberapa waktu yang lalu, sekadar menjadi referensi bagi penggemar kenari lainnya: