Tiga jagoan berhasil meraih dua gelar juara 1 alias nyeri dalam Lomba Burung Berkicau Salatiga Beraksi di Pasar Burung Banyuputih Salatiga, Minggu (13/4). Ketiga burung tersebut adalah kacer Dewa Langit milik Sonny Lie (Duta Mystic – 29 Mei), lovebird Star Melinda milik Mr Winoto (Star Regency), dan pleci Naga Bonar kepunyaan Imam Mebel dari Gemawang.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Suasana lomba Salatiga Beraksi di PB Banyuputih, Minggu (13/4).

Even Salatiga Beraksi secara teknis digarap Gondrong dan kawan-kawan, dan mendapat support penuh dari Wisnu Pandu. Wisnu Pandu selaku penyandang dana berada di belakang layar. Segala urusan teknis ditangano Gondrong dan konco-konconya.

“Rencananya, kita akan menggelar even sebulan sekali. Bahkan, dalam waktu dekat, kami juga dipercaya menggelar even di kawasan Temanggung,” kata Om Wisnu Pandu.

Meski pada sesi-sesi akhir turun hujan lebat, lomba tetap berjalan lancar. Sebab lokasi lomba memang dilengkapi tempat berteduh. Tepat di pinggir lapangan tersedia ruangan terbuka yang cukup luas.

Sepanjang koridor kios juga bisa dimanfaatkan para kicaumania untuk berteduh, termasuk yang berada di luar pasar seperti teras sekolah, pelataran masjid, sampai seputaran rumah pemotongan hewan (RPH) yang persis berada di sampung PB Banyuputih.

Sonny Lie dari Duta Mystic 29 Mei tampak mendominasi lomba ini. Sejumlah gaconya nangkring di posisi teratas, seperti kacer Dewa Langit yang meraih double winner dan cendet Lapendos. Sonny Lie akan menggelar lomba burung berkicau dalam rangka Anniversary Mystic SF di RM Indah Sari Ungaran, Kamis tanggal 29 Mei 2014.

“Kemasannya dibuat terjangkau, tetapi hadiahnya tetap memikat. Pelaksanaan teknisnya saya serahkan kepada Etik dan kawan-kawan dari Pasar Burung Karimata Semarang,” ujar Om Sonny.

Kelas cendet terdiri atas dua sesi. Satu sesi dimenangi Lapendos milik Om Sonny, satu sesi lagi dijuarai Kudeta milik MrSantos (Kalingga SF) yang memang spesialis cendet.

Prestasi Kudeta di kawasan pantura, khususnya bagian timur, memang tak diragukan lagi. MrSantos pun mengaku mengoleksi puluhan ekor cendet. Sebagian sudah sering berprestasi dan siap menuju even yang lebih besar, seperti Piala Bupati Jepara (20/4), Ebod Joss Cup di Solo (4/5), dan Pakualam Cup Jogja, 11 Mei mendatang.

Lovebird Star Melinda milik Mr Winoto dari Star Regency Salatiga kembali unjuk gigi. Sempat vakum cukup lama, sejak Desember 2013, Mr Winoto kembali menurunkan sejumlah jagoannya ke arena lomba.

Om Agam Idola sukses menangani lovebird Star Melinda milik Mr Winoto Star Regency.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Star Melinda sempat mengalami over birahi beberapa waktu lalu. Tetapi berkat penanganan Agam Idola, burung ini bisa kembali ke top form, meski butuh waktu dua bulan. Om Kicau pernah memuat cara Om Agam mengatasi lovebird yang over birahi (silakan cek di sini).

Lovebird Star Melinda memiliki ngekek panjang, seperti terlihat pada video berikut ini: