Cara Om Agam Idola mengatasi lovebird over birahi

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Over birahi benar-benar tak pernah pilih kasih. Gangguan hormonal ini bisa terjadi kapan saja, tidak peduli pada lovebird rumahan, lovebird lomba, maupun lovebird yang ada di penangkaran. Lovebird jawara pun bisa mengalami over birahi, seperti pernah terjadi pada Star Melinda, lovebird jenis green fischeri milik Mr Winoto dari Star Regency Salatiga. Om Win Star, panggilan akrabnya, lalu meminta Agam Idola untuk menurunkan birahi Star Melinda. “Butuh waktu dua bulan untuk mengatasi hal  ini secara tuntas,” kata Om Agam. Mau tahu caranya?

Lovebird Star Melinda
Star Melinda, lovebird jawara milik Om Winoto Star Regency.

—-

Nama Om Win Star sudah dikenal luas di kalangan kicaumania. Dia memiliki sejumlah burung jawara, seperti kacer Star Nikisae, kenari Star Shower, dan lovebird Star Melinda. “Star Melinda merupakan lovebird jenis green fischeri. Induknya juga green fischeri impor,” kata Om Agam.

Star Melinda merupakan salah satu lovebird istimewa koleksi Om Win Star. Prestasinya kini kembali bersinar. Setelah menjuarai even Kere Hore di Pasar Burung Banyuputih Salatiga, 24 November lalu, Star Melinda juga sukses menjuarai Kelas Raja Muda dalam kontes WMP Cup di Klaten, 8 Desember 2013.

<---maaf menyela sebentar--->

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

-----------------------------------

“Tanggal 1 Desember lalu, Star Melinda juga turun dua kali di Boyolali, dengan hasil juara kedua dan keempat. Banyak penonton dan pemain yang menilai, burung ini seharusnya juara pertama, lantaran penampilannya bagus sekali. Tetapi saya legawa saja, yang terpenting burung sudah nampil bagus,” kata Om Agam, yang selalu mengawal langsung Star Melinda dalam beberapa even terakhir.

Om Winoto Star Regency
Om Winoto Star Regency punya seabrek burung jawara.

—-

Tetapi, seperti dijelaskan di awal tulisan, beberapa waktu lalu Star Melinda sempat mengalami over birahi berkepanjangan, yang membuatnya sulit nampil di berbagai even lomba.

Dulu, burung ini milik Om Agam dan beberapa kali moncer di Blok Tengah. Namanya masih Melinda. Karena prestasinya terus mencorong, Om Win Star terpikat, lantas melakukan take-over.

Sejak di tangan Om Win Star, burung berganti nama menjadi Star Melinda. Hampir semua gaco milik Om Win Star memiliki nama depan Star, sebagai penanda dari bisnis propertinya: Star Regency.

Lovebird Star Melinda kecil
Star Melinda (tengah) ketika masih kecil.

—-

“Karena over birahinya sulit disembuhkan, akhirnya saya dipercaya untuk memoles lagi Star Melinda, agar birahinya bisa kembali stabil,” tutur Om Agam.

Bagaimana Om Agam Idola melakukan terapi untuk mengatasi lovebird yang mengalami over birahi? Berikut ini tipsnya :

  • Setiap pagi, burung dimandikan (tentu jika cuaca mendukung).
  • Usai mandi, burung dimasukkan ke kandang umbaran, sekalian dijemur. Penjemuran cukup satu jam saja.
  • Setelah dijemur, kandang umbaran dipindah ke tempat teduh. Jadi, burung tetap berada di kandang umbaran.
  • Pakan utama berupa millet putih. Seminggu sekali, burung diberi jagung dan kangkung.
  • Setelah sore, burung dikembalikan ke sangkar harian dan dikerodong sampai esok pagi.
  • Terapi dijalankan secara konsisten selama dua bulan.
Kandang umbaran lovebird
Kandang umbaran untuk lovebird Star Melinda.

—-

Dengan ketekunan dan kesabaran, Om Agam akhirnya mampu mengembalikan kondisi Star Melinda seperti kondisinya saat sering moncer di berbagai even.

Setelah yakin birahinya sudah stabil, Star Melinda kemudian mulai diturunkan di beberapa even, dan selalu moncer. Termasuk saat menjuarai even Kere Hore dan WMP Cup.

Agam Idola dan lovebird Star Melinda
Om Agam Idola bersama LB Star Melinda dan trofi juara 1 WMP Cup.

—-

Star Melinda memiliki durasi ngekek yang cukup panjang. Bahkan dalam satu menit lebih, ia mampu ngekek panjang hingga empat kali. “Gayanya saat ngekek lumayan unik, yaitu dengan posisi ndlosor (rebah). Terkadang kepalanya sampai di bawah tangkringan,” tambah Om Agam.

Meski berhasil menjuarai Kelas Raja Muda dalam kontes WMP Cup, sebenarnya kondisi Star Melinda mulai drop. “Lombanya kan hari Minggu. Dua hari sebelumnya, atau Jumat, ada bulu sayapnya yang sudah jatuh,” kata Om Agam.

Makanya, ketika tampil di kelas utama, Kaila, stamina Star Melinda terlihat mulai gembos. Burung ini hanya mampu ngekek sedang sebanyak tiga kali. Padahal, biasanya durasi ngekeknya selalu panjang.

Itu sebabnya, sepulang dari Klaten, Star Melinda langsung istirahat total karena mabung. Om Win Star berencana menurunkannya di berbagai even penting tahun depan. Kalau Plaza Cup 2 di Semarang, 12 Januari mendatang, burung ini mungkin belum rampung total dari mabungnya. Tetapi untuk Valentine PBI Jogja, Februari 2014, Star Melinda siap memberi prestasi baru.

—-

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

6 Comments

  1. maaf om,,mau nnya….memasukan kembali LB dr umbaran k sangkar harianny gmn tu om,,dgn cara d tangkap atau d biarkan msuk dgn sndiri’ny ????

    soalny sy prnh cb mau msukin k umbaran,,tp gx mau2 om,,ngruji trus2 LB’ny….

    mohon pencerahan & sarannya om….

    • Kalau lovebird lomba, biasanya dimasukkan dalam ruang terpisah dari lovebird lain. Jadi tetap harus disendirikan dulu.
      Namun terkadang pengalaman seseorang berbeda-beda, karena karakter LB juga berbeda. Dokter Mulyana, pemilik lovebird Janda, justru selalu mendekatkan LB jantan untuk menjaga birahi Janda yang betina.

Komentar ditutup.