Membuat pakan buatan untuk ciblek agar tetap sehat dan rajin bunyi

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Merawat burung ciblek agar tetap aktif, sehat, dan rajin bunyi tidak bisa dilakukan hanya melalui perawatan harian seperti mandi dan jemur saja. Kualitas suara adalah perpaduan sifat genetik dan hasil latihan. Tetapi stamina burung agar bisa mengeluarkan kemampuan suara terbaiknya berasal dari asupan nutrisi yang terkandung dalam pakan. Selain serangga, ciblek juga bisa diberi pakan lain yang memiliki kualitas gizi memadai. Kali ini, Om Kicau ingin berbagi tips mengenai cara membuat pakan buatan untuk ciblek agar tetap sehat dan rajin bunyi.

Pakan buatan untuk ciblek
Pakan buatan sendiri pun bisa membuat ciblek tetap sehat dan rajin bunyi.

Seperti biasa, pakan yang kita buat kali ini menggunakan telur sebagai bahan dasarnya. Selama ini telur memang popular dan banyak digunakan sebagai bahan baku pembuatan pakan berbagai jenis burung berkicau, karena manfaat dan kandungan gizinya yang tinggi.

Bahkan Om Kicau sudah sering menurunkan artikel terkait resep-resep pakan untuk berbagai jenis burung kicauan dengan memanfaatkan telur sebagai bahan bakunya, atau dikenal sebagai egg food.

Namun berbeda dari egg food terdahulu yang umumnya menggunakan telur rebus, kali ini kita akan membuat pakan dengan memanfaatkan telur mentah. Dalam hal ini, kita hanya mengambil bagian yolk atau kuning telurnya saja.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Oh ya, pakan buatan ini juga cukup popular dan sering digunakan para ciblekmania di Indonesia. Jadi, untuk menambah pengetahuan Anda, tak ada salahnya kalau kita share di sini mengenai bahan baku yang digunakan, serta bagaimana membuat pakan ciblek agar tetap sehat dan rajin bunyi berikut ini:

Bahan baku (takaran bisa disesuaikan)

  1. Voer yang biasa diberikan kepada burung ciblek peliharaan Anda.
  2. 1  butir telur mentah ( ayam / bebek ), hanya diambil kuning telurnya saja.
  3. 3 butir minyak ikan.
  4. 1 sachet susu bubuk yang tidak manis.

Proses pembuatan

  • Kuning telur dimasukkan ke dalam mangkuk atau wadah yang telah disiapkan. Campurkan minyak ikan, lalu aduk hingga merata. Setelah itu, campurkan susu bubuk dan aduk hingga mengental. Masukkan pula voer ke dalam adonan secukupnya, lalu aduk lagi hingga merata.
  • Setelah semua bahan tercampur rata, proses selanjutnya adalah pengeringan. Anda bisa memanfaatkan cahaya matahari dengan cara dijemur, atau boleh juga dkeringkan dalam oven (hanya untuk mengeringkan saja).
  • Yang perlu diperhatikan saat menjemur adalah lokasi penjemuran sebaiknya jauh dari binatang seperti ayam, cicak, kadal, atau serangga yang bisa membawa bakteri yang tidak baik.
  • Berikutnya proses penghalusan atau membuat pakan menjadi bubuk sehingga burung mudah mengkonsumsinya.
  • Jika sudah jadi, pakan bisa disimpan dalam toples yang tertutup rapat, sambil diberikan silica gel yang berfungsi menjaga agar pakan tetap kering, tidak lembab, dan tidak berjamur.
  • Kini pakan siap diberikan kepada ciblek kesayangan Anda, kapan pun dibutuhkan.

Itulah cara membuat pakan untuk ciblek agar tetap sehat dan selalu rajin bunyi. Sebab bagaimanapun perawatan burung tidak hanya bisa dilakukan dengan perawatan seperti mandi dan jemur saja, namun ada melalui pemberian pakan yang bergizi.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.