Dalam daftar juara Latber Papburi Klaten, 23 Juli lalu, nama kenari Fatamorgana tercatat sebanyak dua kali, dan selalu berada di urutan pertama, baik di Kelas Standar A dan Standar B. Nama pemilik tertulis Nareswari. Om Kicau yang merasa asing dengan nama itu lalu melakukan penelusuran, dan sempat merekam aksinya dalam video singkat. Sang pemilik juga memberikan tips perawatan, juga sederet prestasi kenari Fatamorgana.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Nareswari ternyata merupakan nama baru bird club / tim, pengganti Parikesit yang sekarang sudah menjadi event organizer (EO) dan rutin menggelar latihan rutin khusus burung kenari di Balai Desa Dompyongan, Jogonalan, Klaten, setiap Sabtu.

(baca juga Latber Kenari Parikesit Klaten)

Secara kepemilikan, kenari Fatamorgana merupakan koleksi Tari S, yang tak lain adalah ketua PPK 1, sekaligus penyelenggara Latber Parikesit. “Latber perdana Parikesit pascalebaran kita gelar kembali hari Sabtu, tanggal 9 Agustus mendatang, mulai jam dua siang,” kata Om Tari.

Kenari Fatamorgana meraih double winner dalam kontes Papburi Klaten, 23 Juli 2014.

Hebatnya lagi, Fatamorgana yang kini berumur sekitar 1,5 tahun merupakan hasil breeding Om Tari sendiri. Sebenarnya Fatamorgana itu burung lama. Semula dia tak berniat menurunkannya. Tapi ada teman yang ingin membawanya untuk coba-coba.

“Saya bilang oke saja, tetapi namanya mesti diganti. Termasuk soal pemiliknya, jangan sebut nama saya. Tidak enaklah, sebab burung yang sudah senior kok diturunkan di latber,” kata Om Tari, ketika ditemui Om Kicau di kediamannya, Dukuh Ngladon, Kelurahan Njoton, Kecamatan Jogonalan, yang berada di perbatasan dengan Dompyongan.

Om Tari S bersama kenari Fatamorgana.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Apabila Fatamorgana merupakan nama baru, lalu siapa nama awalnya? Ternyata inilah gaco kenari jawara yang dulu bernama Ilusi. Sebagian kenarimania di Solo Raya dan Jogja tentu sudah mengenal nama ini, sebab sering menjadi juara baik dalam kontes Papburi maupun even yang digelar sejumlah EO lainnya.

Daftar prestasi kenari Fatamorgana

Berikut ini sebagian prestasi yang pernah diraih kenari Fatamorgana alias Ilusi:

NAMA EVEN TANGGAL PRESTASI
Sembego Jogja 28 Jan 2014 Juara 1 Kelas B
Juara 2 Kelas A
Papburi Klaten 23 Feb 2014 Juara 2 Standar A
Juara 2 Standar B
Papburi Cilacap 25 April 2014 Juara 1
Wali Kota Magelang 4 Mei 2014 Juara 7 Campursari
Papburi Klaten 15 Juni 2014 Juara 2 Standar Biojana
Latber Papburi  Klaten 23 Juli 2014 Juara 1 Standar A
Juara 1 Standar B

Video dan audio kenari Fatamorgana

Bagi yang ingin melihat aksi kenari Fatamorgana, berikut ini rekaman videonya:

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis...