Dua President hattrick di KNPI Bersatu Balikpapan

Ada dua burung bernama President yang sama-sama tampil memukau dan mencetak kemenangan hattrick dalam Lomba Burung Berkicau KNPI Bersatu di halaman Graha Pemuda Balikpapan, Minggu (10/8). Yang satu kenari President milik H Fitri BKS (Pelangi BC Samarinda), yang lainnya adalah kacer President milik Sadewa SF juga dari Samarinda. Keduanya sama-sama menjadi burung terbaik.

Meski lapangan diguyur hujan sejak pagi hingga siang hari, kontes KNPI Bersatu yang dikemas M16 Balikpapan ini tetap berlangsung meriah dan lancar, diikuti 825 peserta.

Lomba dibuka oleh Lurah Sutadi, yang mewakili Wali Kota Balikpapan, ditandai dengan penyerahan sangkar burung oleh Ketua KNPI Andi Amir Solong kepada Pak Lurah.

Lomba Burung KNPI Bersatu Balikpapan
Ketua KNPI Balikpapan Andi Amir Solong menyerahkan sangkar burung kepada Lurah Sutadi.

Sejumlah kicaumania di Balikpapan kumpul dalam acara ini, antara lain Tani Jaya SF, 451Q SF, YNC SF, PCMI Chapter Balikpapan, M16, Hob United SF, Oblo BC, Duta Mawija, BPPN Team, Fantastic BC, Mr Agung, dan sebagainya.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

H Fitri BKS dari Pelangi BC Samarinda juga mengirim beberapa krunya ke Balikpapan. Pasalnya, pada hari yang sama dia mengikuti even KMB Cup 2 di Semarang dan menjadi juara umum SF. Bahkan Om Fitri juga mengirim kru ke Royal Cup Jakarta, juga pada hari yang sama, serta menempel ketat KDV Star BF yang menjadi juara umum SF.

Penampilan kenari President benar-benar luar biasa. Turun di empat kelas, burung ini meraih tiga gelar juara 1, masing-masing di Kelas Bintang A dan B, serta Kelas Sejati.

President nyaris meraih kemenangan quattrick. Sayangnya, di Kelas Favorite, burung ini harus puas menjadi juara 2. Juara di kelas ini diraih Satria Langit milik EQ (Samarinda).

Kenari President merupakan hasil polesan Om Kiki Doank, yang dalam even ini mengawal langsung gaco milik Om Fitri BKS.

Kiki Doank dan kenari Presiden
Om Kiki Doank dan kenari President milik H Fitri BKS.

Dalam beberapa sesi, President mendapat perlawanan sengit dari kenari Jiung milik Uut Tani Jaya. Mat Jiung dua kali berada di posisi runner-up, masing-masing di Kelas Bintang A dan B.

Kenari Ballack 99 milik Hendra (Milono 09), yang dalam beberapa pekan terakhir merajai kontes di Balikpapan, kali ini harus puas menjadi juara 2 dan 5.

Saat ini kenari memang menjadi kelas favorit di Kalimantan Timur. Gaco-gaco yang berlomba di sini pun mempunyai kualitas di atas rata-rata.

Menurut Om Agus Sanjaya yang pernah lama menjadi juri lomba di Kalimantan Timur, beberapa EO di Balikpapan kerap menyediakan hadiah lumayan besar, Rp 500.000, untuk burung terbaik di kelas kenari. “Hal ini memacu para kenarimania untuk memoles gacoannya agar tampil maksimal di arena lomba,” ujarnya.

Di kelas kacer, President milik Sadewa SF Samarinda dinobatkan sebagai burung terbaik, setelah tiga kali juara 1. Kemenangan itu diraihnya pada Kelas Bintang A dan B, serta Kelas Favorite.

Kelas Executive dimenangi Simbada, kacer langganan juara milik H Yantri (YNC SF). Sedangkan satu-satunya kelas kacer dada hitam dijuarai Caplin milik Uut Tani Jaya SF.

Selain dua President, ada dua burung lagi yang meraih hattrick, yaitu murai borneo Bandawa milik Hob United dan lovebird Cygnus milik MKS SF.

Murai borneo Bandawa tampil ngedan, dengan mengeluarkan lagu tonjolan, disertai materi ngerol dan tembakan saat digantang pada lomba tersebut. Burung ini pun sukses menjuarai Kelas Bintang B, Sejati, dan Favorit.

Murai borneo Bandawa milik Hob United
Murai borneo Bandawa milik Hob United meraih kemenangan hattrick.

Selain itu, Bandawa juga menjadi juara 2 Kelas Executive dan juara 3 Kelas Bintang A. Akumulasi poin yang dikumpulkan Bandawa tidak terkejar lawan-lawannya, sehingga terpilih sebagai murai borneo terbaik dalam gelaran ini.

Meski demikian, Bandawa mendapat perlawanan sengit dari KTM, murai andalan Uut Tani Jaya. KTM bahkan menjuarai kelas paling bergengsi, Executive, serta dua kali juara 2 dan sekali juara 3.

Satu kelas lainnya, Bintang A, dimenangi murai borneo Mahabarata milik Hengky (BPP Team), diikuti KTM dan Bandawa. Sungguh, sebuah pertarungan sengit antarmurai jawara di Kalimantan Timur.

Lovebird Cygnus kembali memperlihatkan dominasinya dalam gelaran di Kaltim. Gaco koleksi MKS SF Samarinda ini tampil dengan ngekek panjang, durasi kerja yang rutin mengeluarkan suara emasnya, sehingga dinonatkan sebagai lovebird terbaik.

Dari empat kelas lovebird, Cygnus tiga kali juara 1 dan sekali juara 3. Satu-satunya kelas yang gagal dimenanginya adalah Bintang C, yang dijuarai lovebird Bulu milik Uut Tani Jaya.

Uut Tani Jaya ditetapkan sebagai juara umum single fighter (SF), setelah sejumlah gaconya berhasil menjuarai beberapa kelas. Adapun gelar juara umum bird club (BC) diraih Pelangi BC Samarinda.

Pada akhir lomba, panitia mengucapkan terimakasih kepada sobat kicaumania yang hadir dan turut mendukung acara ini sehingga berjalan sukses dari awal hingga akir lomba. (v1rgoboy)

Burung Terbaik dan Juara Umum SF / BC

KACER TERBAIKPRESIDENTSADEWA SF SAMARINDA
MURAI BORNEO TERBAIKBANDAWAHOB UNITED SF BALIKPAPAN
CUCAK HIJAU TERBAIKBOILERH YUDHI 451Q SF BALIKPAPAN
LOVEBIRD TERBAIKCYGNUSMKS SF
KENARI TERBAIKPRESIDENTH FITRI (PELANGI BC SAMARINDA)
PLECI TERBAIKUPINMUCH MORE (PELANGI BC SAMARINDA)
JUARA UMUM SFTANI JAYA SF BALIKPAPAN
JUARA UMUM BCPELANGI BC SAMARINDA
Lpmba Burung Berkicau KNPI Bersatu di Balikpapan
Suasana lomba burung berkicau KNPI Bersatu di Balikpapan, Minggu (10/8).

Hasil Lomba KNPI Bersatu Balikpapan (klik di sini)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.