Jika jari kaki belakang burung menekuk ke depan, bagaimana mereparasinya?

Ada beberapa pemasalahan pada kaki burung yang pernah dikupas Om Kicau, misalnya mengatasi kaki patah, radang di pembuluh darah pada kaki, dan bumble foot. Kali ini kita bahas masalah kaki belakang burung yang menekuk ke belakang. Apakah gangguan seperti ini masih bisa direparasi? Tentu saja bisa!

jari kaki menekuk
Jari kaki belakang burung menekuk ke arah depan [Foto: finchforum]
Masalah ini bisa menimpa semua jenis burung, termasuk aneka burung kicauan yang dipelihara sobat kicaumania. Ada beberapa faktot penyebabnya, antara lain:

  • Jari kaki burung tersangkut, lalu terinjak sendiri yang menyebabkan posisi jari kaki belakang berada di bawah telapak kaki dan melipat ke arah depan.
  • Burung kekurangan mineral kalsium (Ca) dan fosfor (P).
  • Burung dipegang dengan cara yang tidak tepat.
  • Pemilik / perawat jarang memeriksa kondisi burung, sehingga tak menyadari gangguan ini sejak dini.

Jari kaki belakang yang menekuk  atau terlipat ke arah depan ini biasa disebut toe disposition (disposisi jari). Umumnya burung yang mengalami disposisi untuk kali pertama akan merasa kesulitan bertengger.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Namun lama-kelamaan terbiasa dengan kondisi tersebut, meski hal itu justru memperparah keadaan. Misalnya, tulang jari yang bengkok akan patah karena berada di bawah telapak kakinya sehingga sering terinjak.

mengatasi jari burung yang bengkok
Segera beri tindakan agar proses penyembuhannya lebih cepat.

Karena itulah, begitu mengetahui burung mengalami disposisi, segera ambil tindakan untuk memosisikan jari kakinya ke lokasi semula. Selain itu, segera berikan pertolongan agar proses penyembuhannya bisa berlangsung lebih cepat.

Cara yang lazim dilakukan adalah memanfaatkan bahan-bahan tertentu untuk mengikat jari kaki yang bengkok tersebut. Bahan-bahan yang dimaksud antara lain:

  • Solatip atau plester.
  • Ring plastik atau bungkus kabel.
  • Tali pengikat.

Ketiga jenis bahan tersebut memiliki fungsi dan tujuan yang sama, yaitu mengikat dan menahan posisi jari kaki belakang pada posisi semula (posisi normal). Setelah beberapa minggu kemudian, ketika ikatannya dibuka, maka jari belakangnya akan kuat dan tidak akan melipat / bengkok lagi ke depan.

Pada gambar di bawah ini terlihat, jari kaki belakang yang melipat / bengkok ke depan dikembalikan pada posisi semula, lalu diikat dengan bahan pengikat seperti plester, ring plastik, atau tali pengikat.

Mengatasi jari kaki yang bengkok
Mereparasi jari kaki belakang menggunakan ring plastik [foto: mfgouldianfinches]
Setelah jari dikembalikan ke posisi semua dengan cara diikat, sebaiknya burung ditempatkan di dalam sangkar dengan tenggeran rendah. Bagian dasar sangkar perlu diberi alas dari lembaran kertas koran, karpet, kertas tisu, atau handuk. Sangkar seperti ini akan membuat burung tidak terlalu aktif, sehingga bisa ikatan pada kakinya tidak mudah terlepas.

Selama perawatan, burung sebaiknya diberikan pakan bernutrisi tinggi, khususnya kaya kalsium dan fosfor. Mengingat kandungan Ca dan P pada pakan burung tidak diketahui secara pasti, dianjurkan memberikan multimineral dari luar, misalnya BirdMineral, untuk menguatkan jari-jari kaki belakang yang sedang dikembalikan ke posisi normal.

Semoga bermanfaat.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.