Bengkak pada pembuluh darah di kaki burung? Ini cara mengobatinya!

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Masalah kesehatan yang umum terjadi pada burung kicauan adalah gangguan pada bagian kaki. Bisa dimaklumi, karena kaki merupakan bagian yang tak terlindungi bulu, dan selalu berinteraksi dengan benda-benda di dalam kandang seperti tangkringan, dasar sangkar, jeruji, hingga wadah pakan dan wadah minum. Jika sedang apes, pembuluh darah pada kaki bisa mengalami pembengkakan, dan terlihat jelas dari luar. Bagaimana cara mengobati bengkak pada pembuluh darah di kaki burung?

Urat kaki burung menonjol
Bagian kaki burung tidak terlindungi bulu sehingga rawan gangguan.

Penyakit yang disebabkan pembengkakan pembuluh darah pada kaki burung ini bisa langsung kita lihat, karena adanya urat-urat yang menonjol. Penyakiy ini berbeda jauh dari apa yang disebut scaly leg / kaki berkerak.

( baca juga Mengatasi kaki berkerak pada burung )

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Sampai saat ini belum diketahui jelas penyebab pembengkakan pembuluh darah pada kaki burung. Beberapa ahli sejauh ini baru memprediksi beberapa kemungkinan penyebabnya, misalnya kaki burung terbentur benda yang menyebabkan ligamen tertekan sehingga pembuluh darah tersumbat. Kemungkinan lain, burung mendarat ke permukaan benda yang keras, atau bisa juga infeksi akibat perlukaan.

Kaki burung bengkak
Burung yang mengalami pembengkakan pembuluh darah pada kakinya.

Jika diperhatikan, gangguan kesehatan ini sangat mirip dengan gejala phlebitis pada manusia. Phlebitis atau superficial phlebitis (thrombophlebitis phlebitis) adalah kondisi di mana pembuluh darah vena mengalami inflamasi / peradangan. Phlebitis biasanya terjadi pada pembuluh darah di bagian kaki.

GEJALA KLINIS YANG TAMPAK PADA BURUNG

Pada umumnya, pembengkakan pembuluh darah di bagian kaki sering menyerang burung kenari maupun burung dari keluarga jalak-jalakan. Namun, burung dari jenis lainnya juga bisa saja mengalaminya.

Burung yang mengalami penyakit ini akan sangat merasakan sakit di bagian kakinya, sehingga ia kerap mengangkat kaki dan cenderung tidak mau menggunakan kakinya untuk beraktivitas. Akibatnya, burung lebih sering berada di dasar sangkar.

Dalam kondisi parah, burung mulai ogah makan. Pada saat itu kakinya terlihat kemerahan, dan pembuluh darah makin jelas terlihat dari luar. Ketika memegang kakinya, kita akan merasakan hangat karena adanya penumpukan darah akibat pembengkakan tersebut. Pembuluh darah pada kaki pun terlihat menonjol.

Kaki burung bengkak
Pembuluh darah pada kaki burung terlihat bengkak, merah, dan menonjol.

PENANGANAN DAN PENGOBATAN

Ketika menghadapi situasi tersebut, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah memindahkan burung ke kandang / sangkar karantina, kemudian meletakkan handuk lembut pada bagian dasar sangkarnya. Jangan lupa menurunkan posisi tenggeran, agar burung tidak terlalu banyak melakukan aktivitas.

Untuk mengurangi rasa sakit, Anda bisa mengolesi Orajel ke bagian kaki burung yang bengkak. Orajel merupakan obat tumbuh gigi yang biasa diberikan kepada bayi atau balita. Obat berupa jel ini bisa Anda dapatkan di apotek, dan diyakini efektif dalam mengatasi rasa sakit akibat pembuluh darah yang bengkak pada kaki burung.

Itu solusi mengurangi rasa sakit pada burung, sehingga nafsu makan burung bisa diatasi terlebih dulu. Untuk mengobati pembengkakan itu sendiri, Anda bisa menggunakan kombinasi Dimethyl sulfoxide (DMSO) dan krim vitamin A & D yang biasa digunakan untuk pengobatan kulit.

Oleskan campuran obat-obatan tersebut, kemudian dioleskan pada bagian kaki burung yang bengkak. Lakukan hal ini beberapa kali, sampau pembuluh darah yang bengkak akan mengering dan pelan-pelan mengecil.

Semoga bermanfaat.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

3 Comments

  1. Okelah kl gt om Aries. Trims ya. Udah sy kasi birdcream sekali kmrn. Dan sptnya ada sedikit perubahan krn wlpn msh terlihat sering mengangkat 1 kakinya tp udah ga selama dan sesering hari sebelumnya. Besok pagi mau saya ulangi lagi. Mg2 bisa segera sembuh. Kl utk obat2an apotek, saya tdk terlalu suka krn bukan obat yg khusus didesain utk burung. Ga berani om..hehehe

  2. Kl pake birdcream aja bisa membantu penyembuhan gak om? salah 1 kenari saya ada yg bengkak dan bentol merah di ujung kakinya. Terpantau sering mengangkat sebelah kakinya.

    • untuk meringankan sakit birdcream bisa diberikan untuk mengompress urat kaki yang terkena radang pembuluh darah om, sedangkan untuk pengobatannya birdcream bisa dikombinasikan dengan obat-obatan apotik. Kalau untuk mengobati kaki kenari yang bengkak karena infeksi, penyakit, atau bakteri sebaiknya memang diberikan BirdCream, karena Birdcream cukup ampuh menyembuhkan kaki burung yang sakit.

Komentar ditutup.