Duta Asia Cup juara umum di Telaga Sarangan

Duta Asia Cup I Nganjuk tampil sebagai juara umum bird club (BC) dalam Lomba Burung Berkicau Magetan The Beauty of Java Cup 2 di Telaga Sarangan, Kabupaten Magetan, Minggu (26/10). Juara umum single fighter (SF) diraih Fitri BKS Samarinda.

Magetan The Beautif of Java Cup 2
Suasana kontes Magetan The Beautif of Java Cup 2, Minggu (26/10).

Kontes ini merupakan kerja bareng antara Bidang Pemuda dan Olahraga Disparbudpora Kabupaten Magetan dan Paguyuban Penggemar Burung Berkicau Magetan (P2B2M).

Berbeda dengan kontes perdana tahun lalu yang diwarnai hujan dan turunnya kabut lebat, even kali ini berlangsung dalam cuaca cerah sepanjang hari.

Magetan The Beautif of Java Cup
Sensasi kabut tebal pada kontes perdana tahun 2013.

Menurut Kabid Pemuda dan Olahraga Disparbudpora Magetan, Ambar Setyanto, lomba burung bisa menjadi ajang promosi kepariwisataan. Even tahun lalu dan tahun ini saya kira berhasil, serta layak dijadikan agenda tahunan,” ujarnya.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Bahkan, Pemkab berniat menjadikannya sebagai salah satu program unggulan di Telaga Sarangan, di samping program unggulan lainnya seperti Sky Air.

Magetan The Beautif of Java Cup 2
Ambar Setyanto: Ini program unggulan Disparbudpora Magetan.

Lima burung double winner

Dalam even kali ini, lima burung meraih double winner atau dua kali juara 1. Kelimanya adalah kacer Batman milik H Bayu yang dikendalikan H Budi, cucak hijau Honda milik Cinyo (Magetan), anis merah Akasaka milik Mr Dana, cendet Mahadewa milik Fitri BKS, dan kenari The Blues milik Annas Naswa (Jogja).

Cucak hijau Honda nyaris hattrick. Sayangnya, di Kelas Waduk Gonggang, Honda berada di urutan kedua di bawah cucak hijau Revolusi yang hyper dan ngentrok.

Cinyo Po dan cucak hijau Honda
Cinyo Po (kiri): Cucak hijau Honda nyaris hattrick.

Namun pada Kelas Telaga Sarangan dan Telaga Wahyu, Honda selalu di urutan pertama. Sebaliknya, Revolusi dua kali harus menjadi juara kedua.

Cucak hijau Revolusi
Cucak hijau Revolusi: Hyper dan ngentrok abis.

Revolusi merupakan cucak hijau milik Benny AP yang sekarang dirawat Eko Jikamaka. “Alhamdulillah, sejak saya rawat, penampilannya makin bisa stabil. Sudah langganan juara. Di sini pun sekali juara dan dua kali runner-up,” tandas Om Eko.

Kacer Batman juga nyaris hattrick. Burung yang juga sering jawara di Blok Tengah ini menjuarai Kelas Telaga Wahyu dan Waduk Gonggang. Tapi di kelas utama, Telaga Sarangan, Batman berada di posisi ketiga di bawah Mandau Dayak milik Uchin (Duta Asia) dan Monster milik Wahyu Putra (Ngawi).

H Budi dan kacer Batman
H Budi (kanan) bersama kacer Batman.

Di luar burung-burung yang nyeri juara 1, sejumlah gaco juga tampil memukau. Misalnya lovebird Konslet milik Itok Solo. Meski hanya meraih runner-up, penampilannya mengundang decak kagum karena beberapa kali mengeluarkan tembakan ngekeknya yang panjang.

Itok LB Shop dan lovebird Konslet
Itok LB Shop bersama lovebird Konslet.

Rekannya, Puguh (Boyolali), yang lama tak muncul karena sibuk menjual bahan ke berbagai daerah, tampak turun lagi dengan jago anyarnya bernama White Liontin.

Puguh dan lovebird White Liontin
Puguh siap orbitkan lovebird White Liontin.

“Selama ini sibuk mengurus kiriman bahan-bahan lovebird, baik hasil pantauan lapangan maupun hasil breeding sendiri. Alhamdulillah lancar. Sekarang pun dapat jago baru yang prospek. Warna juga unik, putih bersih, mau tarung, dan ngekek panjang,” kata Om Puguh.

Di kelas lovebird, selain nama Mahadewa, ada pula nama gaco lawas Sengkelat milik Wowik-Vincent dari Duta Grebeg Suro Ponorogo. Sengkelat yang kondisi bulunya tua dan menjelang mabung masih mau tampil dan meraih juara 2 dan 3.

Wowik dan LB Sengkelat
Wowik (topi merah): Jelang mabung, LB Sengkelat tetap oke.

Annas Naswa, yang kali ini mengibarkan bendera Duta WMP Cup 28 Desember, meraih kemenangan melalui kenari The Blues. Burung ini bahkan menjuarai dua kelas.

Duta WMP Cup 28 Desember 2014
Annas Naswa (kanan) dan kawan-kawan dari Duta WMP Cup 28 Desember 2014.

Annas siap menurunkan kenari The Blues dalam even Putra IMI Cup di Pati (2/11), Liga Joglosemar di Pasar Seni Taman Gabusan Jogja (9/11), dan 2th Anniversary TKKM Jogja (16/11). (Waca)

Eko Jikamaka
Eko Jikamaka sukses orbitkan lagi cucak hijau Revolusi.
Duta Asia Cup I Nganjuk
Duta Asia Cup I Nganjuk juara umum BC.
Fitri BKS juara umum SF
Diko dan Tedy (kanan) mewakili Fitri BKS juara umum SF.

Hasil Magetan The Beauty of Java Cup

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.