Ibra, kacer milik Om Willy Belitung dengan gaya ngentrok

Selain memiliki kacer Monster yang baru ditransfernya, Om Willy Belitung masih menyimpan kacer unggulan lainnya, yaitu Ibra. Gaco ini merupakan simpanan lama yang sehari-hari dirawat Om Dedy di Depok.

Om Willy Belitung dan kacer Ibra
Om Willy Belitung dan kacer Ibra.

Minggu (22/10), kacer Ibra menjadi juara 1 dan 3 dalam even Independent Enterprise di Jakarta Selatan. Menurut Om Dedy, kacer Ibra merupakan hasil pilihannya di lapangan, dan sudah beberapa kali mencetak prestasi.

“Gayanya unik, ngentrok seperti cucak hijau, sambil menggetarkan sayapnya, bawa lagu, dan buka ekor,” jelas Om Dedy.

Ibra merupakan kacer tipe ngerol-nembak, dengan lagu blackthroat, yang diselingi tembakan dan tonjolan ngekek lovebird, kapas tembak, burung gereja tarung, dan tembakan lainnya.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM
Kacer Ibra
Kacer Ibra dengan gaya ngentrok seperti cucak hijau.

“Speednya rapat, didukung volumenya yang tembus, serta durasi kerjanya yang prima sejak awal digantang hingga akhir penilaian,” tambah Om Dedy.

Perawatan kacer Ibra

Perawatan kacer Ibra relatif mudah. Pagi hari buka kerodong, kemudian dijemur sebentar (sekitar 1 jam) sambil diberi 5 ekor jangkrik. Sorenya, burung kembali diberi 5 ekor jangkrik. Jadi, setiap hari Ibra mengkonsumsi 10 ekor jangkrik.

Menurut Om Dedy, Ibra tidak pernah menggunakan kandang umbaran. Sehari-hari berada dalam sangkar harian. “Pernah saya coba umbar, eh.. kerjanya di lapangan malah nggak benar, banyak loncat. Setelah tak pernah lagi diumbar, burung malah lebih anteng,” kata Om Dedy.

Om Dedy merawat kacer Ibra
Om Dedy merawat kacer Ibra di Depok.

Sehari menjelang lomba (H-1), porsi jangkrik dinaikkan menjadi 30 ekor per hari, ditambah lima ekor ulat hongkong, dan 1 sendok kroto segar. Pada Hari-H, atau Minggu pagi, burung diberi 5 ekor jangkrik dan 5 ekor ulat hongkong sebelum digantang.

Untuk main di Jabodetabek, Om Willy kini mengandalkan pada kacer Ibra dan Monster. Adapun untuk lomba di Belitung dan sekitarnya, dia punya jawara bernama Dewata. “Kacer Dewata baru saja selesai mabung. Ini khusus untuk main di Belitung,” tandasnya. (d’one)

Kacer Dewata
Kacer Dewata khusus untuk lomba di Belitung.

Semoga bermanfaat.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.