Kacer Golden terbaik di PBI Kalsel Peduli

Golden milik H Surya dari Black Steel SF Martapura menjadi kacer terbaik dalam Lomba Burung Berkicau PBI Kalsel Peduli di Lapangan Pahlawan Amuntai, Kalimantan Selatan, Minggu (28/11). Kacer Golden meraih hattrick dan sekali juara 3, sekaligus mengantar Black Steel SF sebagai juara umum single fighter dalam even amal tersebut.

Burung terbaik di PBI Kalsel Peduli
Para pemilik burung terbaik di PBI Kalsel Peduli.

Menurut Ketua Pelaksana Ahmad Fanany SE, cuaca memang kurang bersahabat di Amuntai hari itu, karena terus dipayungi hujan. Meski demikian, even tetap diminati para kicaumania di Kalsel, bahkan ada juga peserta dari Samarinda (Kaltim).

Berdasarkan data pada bagian ticketing, kontes PBI Kalsel Peduli diikuti 635 peserta. Lomba pun berjalan lancar dan tertib. Hal ini tidak terlepas dari kinerja juri PBI dan Juri Independen Kalsel.

Panitia membuka enam kelas kacer, dua di antaranya kacer dada hitam. Kacer Golden empat kali turun, dan berhasil menjuarai tiga kelas: Executive, Sejati, dan Favorite.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Adapun di Kelas Bintang, Golden harus puas di urutan ketiga. Juara di kelas ini adalah kacer Margono milik Iwan (TBM BC Banjarbaru), diikuti Kulama Datu milik H Dian dari 999 BC Banjarbaru sebagai juara kedua.

Dua kelas kacer dada hitam dimenangi Macho, besutan Mr Andi dari Rantau. Macho menang di Kelas Executive dan Sejati. Juara kedua pada dua sesi masing-masing ditempati Rencong milik Lana (Banjarbaru) dan Cobra kepunyaan H Wahyu (Amuntai BC).

Kacer  Kemuning milik Agus Salim (Amandit BC) juga tampil stabil di dua kelas kacer dada hitam, dengan dua kali menjadi juara 3. Berdasarkan hasil ini, Macho ditetapkan sebagai kacer dada hitam terbaik.

Di kelas murai batu terjadi persaingan seru antara Ronggo Lawe milik Suwardi (Banjarbaru) dan Kidung Sakti milik H Moslem (Samarinda).

Dari lima kelas yang dilombakan, Kidung Sakti menjuarai Kelas Executive, juara 2 Bintang B, juara 3 Favorite, juara 4 Bintang A, dan juara 9 Sejati. Adapun Ronggo Lawe menjuarai Kelas Favorite, juara 2 Executive, juara 4 Bintang B, juara 5 Sejati, dan juara 6 Bintang A.

Jadi, kedua gaco tersebut selalu masuk daftar juara pada lima kelas yang dilombakan. Total nilai keduanya juga sama, sehingga Kidung Sakti dan Ronggo Lawe sama-sama menjadi murai tebaik dalam even PBI Kalsel Peduli.

Kelas cucak hijau yang selalu ramai di Kalsel maupun Kaltim juga berlangsung sengit. Grend Diamond milik Mr Ramon (TBM Banjarbaru) bertarung ketat melawan Pasopati kepunyaan Angga (Muara Teweh BC).

Muara Teweh BC
Muara Teweh BC: Unggul di kelas cucak hijau dan cucak gadang.

Grend Diamond meraih juara 1, 2, 2, dan 5 dari lima sesi yang dilombakan. Adapun Pasopati mengoleksi juara 1, 2, 4, 6, dan 7. Akumulasi poin Grend Diamond sedikit lebih banyak, dan ditetapkan sebagai cucak hijau terbaik.

Om Angga pun secara sportif menerima hasil ini. “Total poin Pasopati hanya selisih lima dari Grend Diamond. Insya Allah dalam even berikutnya, Pasopati bisa menjadi burung terbaik,” kata Om Angga. (Rahmad Hidayat)

TBM BC Banjarbaru dan Black Steel SF Martapura
TBM BC Banjarbaru dan Black Steel SF Martapura, juara team dan single fighter.

BURUNG TERBAIK DAN JUARA TEAM & SF

LovebirdChibi-ChibiLana Banjarbaru (Alay SF Birayang)
Kacer Dada HitamMachoMr Andi (Rantau)
KacerGoldenH Surya (Black Steel SF Martapura)
Murai BatuKidung SaktiH Moslem (Samarinda)
Ronggo LaweSuwardi (Banjarbaru)
Cucak HijauGrend DiamondMr Ramon (TBM BC Banjarbaru)
Juara TeamTBM BC Banjarbaru
Juara SF Black Steel SF Martapura
Alay SF Birayang
Alay SF Birayang: Chibi-Chibi lovebird terbaik.
Amuntai BC
H Iwan, Saed, dan kru Amuntai BC moncer di cucak hijau dan campuran bebas.

Hasil Lomba PBI Kalsel Peduli (klik di sini)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.