18 fakta unik dan menarik seputar burung merpati

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Merpati banyak diminati karena mempunyai kemampuan terbang dan daya ingat tinggi. Melalui kemampuan itu, merpati bisa terbang dan pulang kembali, meski harus melampaui jarak yang cukup jauh. Selain untuk tujuan lomba atau balapan, masih banyak hal menarik seputar burung merpati. Berikut ini 18 fakta unik dan menarik seputar burung merpati yang perlu Anda ketahui.

Fakta unik burung merpati
Fakta unik burung merpati

1. Merpati adalah burung peliharaan manusia yang paling lama

Burung merpati diketahui telah hidup berdampingan dengan manusia sejak ribuan tahun lalu. Hal ini dibuktikan dalam sebuah gambar pertama dari merpati yang ditemukan para arkeolog di Mesopotamia (Irak) yang telah ada sejak 3000 SM.

Semeria yang terletak di Mesopotamia dipercaya sebagai kota pertama yang berhasil mengembangkan merpati dan kini menyebar hampir ke seluruh negara di dunia.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Saat itu merpati yang berwarna putih dianggap sebagai burung suci yang kerap disembah. Dalam perkembangannya merpati telah berperan banyak dalam sejarah manusia, mulai dari simbol para dewa, hewan peliharaan, makanan, dan pahlawan perang.

2. Kotoran merpati adalah pupuk terbaik di dunia

Saat ini kotoran merpati kerap menjadi masalah utama bagi penduduk di kota-kota besar. Namun pada abad 16 hingga 18, kotoran merpati di Eropa justru dianggap sebagai sesuatu yang paling berharga.

Kotoran merpati bisa menjadi pupuk yang lebih ampuh daripada pupuk kandang. Pada masa itu, setiap peternakan merpati selalu dijaga ketat untuk mencegah pencurian kotorannya. Bahkan pada abad ke-16, kotoran merpati di Inggris dijadikan salah satu bahan sendawa yang merupakan unsur penting dari mesiu, sehingga menjadi komoditas bernilai ekonomi tinggi.

Yang lebih unik, masyarakat Iran dilarang mengkonsumsi merpati. Kandang-kandang merpati dibangun hanya untuk memproduksi kotoran yang digunakan sebagai pupuk untuk perkebunan melon. Di Prancis dan Italia, kotoran merpati banyak digunakan untuk menyuburkan perkebunan anggur dan rami.

3. Merpati adalah pembawa pesan

Di Suriah dan Persia, sekitar abad ke-5 SM, burung merpati mulai digunakan sebagai pembawa pesan. Pada masa itu, kebutuhan komunikasi yang cepat menjadi salah satu hal yang sangat dibutuhkan daripada menggunakan kurir berkuda.

Kemudian pada abad ke-12, merpati pos mulai banyak digunakan di Baghdad, serta kota-kota utama di Suriah dan Mesir.

Pada saat itu pula, pemanfaatan merpati sampai ke Romawi dan sering digunakan untuk membawa hasil pertandingan olahraga besar seperti Olimpiade. Karena itulah, sampai sekarang ritual melepas merpati putih selalu dilakukan pada pembukaan Olimpiade. Sementara di Inggris, yang lebih popular dengan sepakbola, merpati sering digunakan dalam setiap pertandingan untuk menyampaikan hasil pertandingan.

4. Merpati adalah pahlawan perang

Merpati di medan Perang
Pemanfaatan merpati di medan perang

Pada masa modern, merpati banyak digunakan selama Perang Dunia I dan II. Dalam peperangan yang melibatkan beberapa negara itu, merpati telah menyelamatkan ratusan ribu nyawa manusia dengan membawa pesan di garis musuh. Merpati juga sering dibawa kapal-kapal perang untuk memberi kabar atau lokasi jika mereka diserang kapal selam milik musuh.

Sejarah mencatat bagaimana merpati sanggup melintasi terjangan peluru dan gas-gas beracun hanya untuk pulang ke rumah dengan membawa pesan rahasia. Merpati punya peran penting dalam intelijen dan dunia militer. Terlebih saat itu komunikasi adalah sesuatu hal yang sangat penting, ketika dunia belum mengenal teknologi canggih seperti GPS dan radio satelit.

Hebatnya lagi,  merpati-merpati yang pernah berjasa dalam perang tersebut menerima bintang jasa dan dianggap pahlawan. Bahkan pada tahun 2004, India mendirikan layanan pensiun bagi burung merpati yang pernah berjasa untuk menjalani sisa-sisa harinya secara tenang.

5. Merpati paling terkenal di dunia

Merpati Cher Ami
Merpati Cher Ami

Selama masa Perang Dunia I, merpati Cher Ami menyelamatkan banyak tentara Prancis dengan membawa pesan dari garis musuh, di tengah-tengah pertempuran cukup sengit.

Saat itu Cher Ami sempat tertembak di bagian dada. Salah satu kakinya hampir putus, tetapi terus terbang selama 25 menit, melintasi pecahan peluru dan gas racun, untuk menyampaikan pesan. Atas jasa dan aksi heroiknya, Cher Ami mendapat anugerah Croix de Guerre dari Pemerintah Prancis.

Merpati pahlawan lainnya adalah GI Joe yang menyelamatkan nyawa ribuan tentara pada masa Perang Dunia II, ketika pasukan Inggris terjebak di sebuah kota di Italia yang saat itu dibom pesawat Sekutu.

Peralatan komunikasi hancur, dan satu-satunya cara menghentikan serangan tersebut adalah mengirimkan pesan di kaki GI Joe, yang menerbangkannya ke markas. Joe terbang hampir 33 kilometer, dan tiba di pangkalan udara 20 menit sebelum pesawat pembom meluncur di landasan pacu.

Karena jasanya itu, bencana besar berhasil dihindari. Seluruh pasukan bisa kembali dengan selamat. Joe kemudian menerima medali “Dickin” atas keberaniannya.

6. Keturunan merpati batu atau rock dove

Merpati liar yang selama ini kita lihat di setiap kota adalah keturunan merpati batu / rock dove (Columba livia) yang banyak ditemukan di tebing-tebing daerah pesisir. Sebutan pigeon atau merpati sebenarnya berasal dari kata latin “pipio” yang berarti “burung muda”.

Ucapan itu kemudian dilatahkan orang Prancis pada masa dulu sebagai “pijon”, sampai akhirnya masyarakat Inggris menyebutnya pigeon, dan resmi digunakan di seluruh dunia untuk menyebut spesies rock dove. Nama lainnya adalah domestic pigeon (merpati lokal) dan feral pigeon (merpati liar).  Namun pada tahun 2002, pada ahli burung di Inggris dan Amerika sepakat menggunakan kembali nama rock dove.

7. Merpati sering menganggukkan kepalanya

Merpati mempunyai sepasang mata yang berada di sisi kepala. Karena itu, merpati memiliki pandangan monokular daripada binokular. Ia akan mengangguk-anggukkan kepalanya agar penglihatannya lebih dalam / jelas.

Matanya bekerja jauh lebih baik pada gambar yang diam atau objek tidak bergerak. Karena itulah, ketika burung ini berjalan, kepalanya terkadang masih berada di belakang atau tertinggal, kemudian akan mengangkat kepalanya ke depan dan begitu seterusnya. Hal tersebut memungkinkan mereka untuk mendapatkan pandangan yang tajam.

8. Merpati sebagai burung pos

Layanan udara surat-menyurat dengan memanfaatkan merpati dimulai pada tahun 1896 antara Selandia Baru dan Great Barrier Reef. Peristiwa tenggelamnya Kapal SS Wairarapa di Great Barrier Reef yang menewaskan lebih dari 134 jiwa menjadi penyebab munculnya layanan merpati pos ini.

Berita mengenai bencana tersebut tidak diterima Selandia Baru selama 3-hari. Sejak itulah mereka mendirikan layanan merpat pos di kedua pulau tersebut.

Pesan pertama dilakukan pada Januari 1896, dan hanya butuh waktu 2 jam untuk mencapai Aukland. Lebih dari 5 pesan bisa dibawa oleh masing-masing merpati, dan untuk setiap pesannya dilengkapi perangko khusus “merpati-gram” yang bernilai 20 sen, yang dibayar tunai sebelum burung dilepaskan.

9. Merpati dalam bursa saham

Salah satu keluarga terkaya dan paling terkenal di dunia diketahui mengumpulkan sebagian harta kekayaannya dengan memanfaatkan merpati.  Pada awal tahun 1800-an, keluarga Rothschild mendirikan beberapa loft / kandang merpati di seluruh Eropa untuk membawa informasi antara rumah-rumah keuangan (financial house). Metode ini terbukti lebih cepat dan lebih efisien daripada menggunakan alat komunikasi lain yang tersedia saat itu.

Kecepatan layanan yang dikombinasi dengan kemampuan mengirim dan menerima informasi di tengah persaingan bisnis ternyata bisa membantu keluarga Rothschild mengumpulkan harta kekayaannya yang tidak akan habis tujuh turunan.

10. Perilaku merpati saat berbiak

Sepasang merpati liar akan hidup dan berkembang biak hingga 8 kali dalam setahun. Kondisi breeding ditentukan oleh kelimpahan makanan. Telur akan dierami kedua induknya selama 18-19 hari, lalu kedua induk memberi makan burung muda dengan susu dari temboloknya (crop milk). Dua bulan kemudian, burung muda siap menjadi dewasa dan akan meninggalkan sarangnya.

11. Merpati jadi ladang bisnis

Kita mungkin mengangaap merpati yang banyak ditemukan di taman kota sebagai burung liar yang selalu mengotori lingkungannya. Tapi banyak dari kita yang tidak menyadari, ada perputaran uang cukup besar dalam dunia merpati balap.

Beberapa waktu lalu, seekor merpati balap dijual dengan harga fantastis, 132.517 dolar AS (setara Rp 1,7 miliar). Dia merupakan juara dunia merpati balap, setelah mengalahkan 21.000 merpati lainnya.

12. Cara unik merpati mengetahui jalan tanpa tersesat

Dalam tulisan sebelumnya pernah diungkapkan bagaimana merpati bisa pulang ke rumahnya dalam jarak ratusan kilometer. Untuk itu silakan buka lagi tulisan berikut ini:

Mengapa burung merpati bisa mengetahui jalan pulang ke rumah?

13. Merpati dan orang-orang terkenal

Tahukah Anda, penggemar merpati tak hanya kalangan biasa saja. Merpati pun memiliki penggemar dari kalangan terkenal. Ratu Elizabeth dari Inggris memiliki beberapa kandang merpati (loft) di Sandringham, Norfolk. Begitu juga Elvis Presley, Mike Tyson, Paul Newman, dan Joanne Woodward. Bahkan percancang busana Maurizzo Gucci rela menghabiskan 10.000 dolar AS hanya untuk membeli seekor merpati Amerika.

14. Pembantaian masal burung merpati

Merpati passenger yang langka
Merpati passenger yang langka

Bencana paling besar dalam sejarah merpati adalah pembantaian massal merpati passenger (passenger pigeon) di Amerika Utara, awal abad ke-20. Diperkirakan populasi merpati passenger saat itu berjumlah 3 – 5 juta ekor.

Pada tahun 1914, sekitar 100.000 ekor merpati terbang bergerombol dan membuat langit menjadi hitam. Kalangan pemburu kemudian menembakinya tanpa tersisa.  Hal itu berlangsung setiap tahun, sehingga populasi merpati ini terus mengalami penurunan dan akhirnya menjadi spesies langka.

Hal yang sama menimpa puluhan ribu merpati balap yang dilepaskan dari Nantes, Prancis, dalam rangka ulangtahun ke-100 Perkumpulan Merpati Balap Kerajaan di Inggris. Dari 60.000 ekor merpati yang dilepas, hanya beberapa ekor saja yang kembali selamat.

15. Merpati sebagai penyelamat

proyek seahunt
Proyek Sea Hunt

Selama ini merpati dianggap sebagai burung yang banyak digunakan untuk tujuan olahraga, makanan, dan pembawa pesan. Namun sebuah tim peneliti menemukan bukti bahwa merpati bisa dilatih menyelamatkan nyawa manusia di laut, dengan tingkat keberhasilan tinggi.

Dalam sebuah proyek bernama Sea Hunt pada tahun 1940-an, sejumlah burung merpati dilatih mengenali jaket merah atau kuning saat mengambang di air. Ternyata merpati bisa menemukan para korban dari kapal / perahu yang terbalik lebih cepat daripada manusia.

Merpati bisa melihat warna seperti manusia. Selain itu, mereka memiliki kemampuan melihat warna ultraviolet, yang tidak bisa dilakukan mata manusia. Inilah alasan mengapa merpati bisa dilatih untuk menyelamatkan nyawa manusia.

16. Merpati dalam berita

Salah satu kantor berita yang paling terkenal di dunia, Reuters, memulai bisnisnya di seluruh Eropa dengan memanfaatkan merpati terlatih. Layanan ini dimulai tahun 1850, dengan 45 ekor merpati yang membawa berita dan informasi saham terbaru dari Aachen di Jerman ke Brusels di Belgia.

Meski saat itu telah ada layanan telegraf antarkedua negara, sering terjadi hambatan dalam jalur trasnmisi yang membuat komunikasi menjadi sulit dan lebih lambat.

17. Musuh alami burung merpati

Alap-alap kawah yang berburu merpati
Alap-alap kawah yang berburu merpati [natgeo]
Musuh alami merpati liar paling terkenal adalah manusia, yang mampu membantai jutaan ekor di seluruh dunia. Namun musuh nyata bagi merpati adalah burung peregrine falcon atau alap-alap kawah. Burung ini didatangkan dari habitat alaminya di sepanjang garis pantai ke kota-kota besar untuk mengontrol populasi burung merpati liar. Alap-alap kawah dikenal sebagai burung paling cepat di dunia, dengan kecepatan lebih dari 200 mph (sekitar 300 km/jam).

18. Merpati termasuk burung cerdas

Penelitian terhadap kecerdasan merpati
Penelitian terhadap kecerdasan merpati

Merpati dianggap salah satu burung paling cerdas di dunia, karena dapat melakukan tugas-tugas yang sebelumnya dianggap hanya bisa dipecahkan manusia dan primata.

Merpati berhasil melewati “ujian cermin” (mengenali refleksi cermin daripada burung dan satwa lain) dan termasuk salah satu dari 6 spesies (satu-satunya non-mamalia) yang memiliki kemampuan ini.

Merpati juga bisa mengenali 26 jenis huruf bahasa Inggris, serta mampu membuat konsep. Dalam sebuah penelitian ilmiah, burung ini bahkan bisa membedakan dan mengenali foto dari dua manusia yang berbeda.

Itulah beberapa keunikan dan fakta-fakta yang menarik seputar burung merpati, semoga dengan mengetahui hal-hal ini membuat kita akan semakin menghargai burung merpati dan merawatnya dengan penuh kasih sayang.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.