Kenari Bomber merupakan gaco andalan Om Datuk Tanbaro, kicaumania yang mukim di Bekasi, dan dikenal pula sebagai pegiat Indonesian Love Bird (ILB). Bomber merupakan kenari lokal super (loper) yang telah mengoleksi sekitar 60 gelar juara di berbagai lomba, termasuk moncer dalam even akbar Presiden Cup III 2014.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Kenari Bomber sudah mengoleksi sekitar 60 gelar juara.

Sebelumnya Om Datuk Tanbaro lebih dikenal sebagai pemain lovebird dan membangun komunitas ILB. Hampir satu tahun ini dia kepincut main di kelas kenari. Kenari Bomber dan lovebird Gladiator kini menjadi amunisi andalannya di lapangan.

Bomber memiliki cengkok mewah. Kalau bertemu lawan-lawannya di lapangan, dia akan terus berkicau dengan durasi lumayan panjang. Itu dilakukannya sejak digantang hingga akhir penilaian, nyaris tanpa jeda.

Meski posturnya relatif kecil, kenari Bomber memiliki volume yang keras. “Sekali bunyi bisa sampai 50 detik hingga satu menit, kemudian bunyi lagi,” kata Om Datuk.

Berikut ini video kenari Bomber ketika sedang santai di rumah Om Datuk, Jl Jauhari No 100, RT 06 / RW 04, Jati Kramat, Jati Asih, Pondok Gede, Bekasi. Durasinya sekitar 54 detik.