Rawatan burung di Bulan Puasa

Memasuki Bulan Ramadhan pastilah ada perubahan “pola hidup” harian para penghobi burung yang menjalankan ibadah Puasa. Karena itu pula, ada sedikit perubahan dengan pola rawatan harian burung-burung momongan. Ya tak masalah kalau begitu….

Justru selama Bulan Puasa ini, seharusnya burung-burung “sempat” menikmati pengembunan begitu sang majikan selesai sahur. Dengan pengembunan, burung bisa menjadi lebih fresh dan menjadikan burung semakin gacor. Meski demikian, dalam hal pengembunan perlu hati-hati dan perhatikan kondisi burung bersangkutan.

Oke sobat, berikut ini beberapa tips melakukan perubahan perawatan burung selama bagi Anda yang menjalankan ibadah puasa.

1. Keluarkan burung lebih dini dari biasanya dan usahakan mendapat sinar matahari sedini mungkin. Jadi, jangan karena kita langsung tidur setelah salat Subuh lantas burung terlambat dijemur atau dikeluarkan.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

2. Memandikan burung, membersihkan sangkar dan wadah pakan serta mengganti pakan bisa dilakukan pada sore hari. Namun pada pagi hari atau setelah kita bangun tidur kesiangan (hehehe) air minum tetap perlu diberi yang segar. Demikian pula halnya dengan EF buah, diberikan pada pagi hari dengan asumsi buah masih dalam kondisi segar.

3. Pemberian serangga, kroto, jangkrik, ulat dan cacing  bisa dilakukan dengan porsi lebih banyak pada sore sekitar satu jam sebelum kita berbuka puasa. Dan pemberian porsi pagi setelah kita bangun tidur bisa diberikan lebih sedikit ketimbang porsi sore.

4. Untuk mengurangi stress pada burung karena perubahan “pola hidup”, Anda bisa memberikan vitamin dan mineral, misalnya BirdVit dan BirdMineral.

5. Lebih dari semua, meski kita agak ogah-ogahan merawat burung, jangan lupa tetap melakukan sanitasi sangkar dan semua peralatan sekaligus burungnya dengan obat semprot antiparasit dan jamur seperti FreshAves. Pastikan pula pemberian obat cacing tidak kelupaan. Parasit, jamur dan cacing serta hama pengganggu burung lainnya, biasanya baru kita sadari bahayanya setelah burung menderita sakit atau malah sudah tidak tertolong lagi. Untuk referensi, ingat-ingat untuk melihat seluk beluk sumber penyakit burung di sini.

Tips pengembunan agar burung aman sentosa selama bulan Puasa:

1. Embunkan burung di bagian timur rumah atau di tempat burung bisa mendapat sinar matahari pagi seawal mungkin.

2. Embunkan hanya burung-burung yang benar-benar dalam kondisi sehat. Burung dengan gejala sakit, apalagi sakit pernafasan bagian atas, jangan diembunkan terlalu dini sebab udara dingin akan menyebabkan  sakit semakin menjadi-jadi.

3. Jika pengembunan sejak hari masih gelap, pastikan aman dari jarahan tangan-tangan jahil dan juga hewan predator seperti kucing, tikus,  anjing dan lain-lain.

Yang penting dan utama tentunya adalah boleh saja kita ubah pola hidup burung, tetapi jangan sampai mereka kita paksa juga untuk ikut berpuasa hehehehe….

Oke sobat, demikian sekelumit obrolan mengawali Bulan Puasa kita kali ini.

Salam burung sehat, salam dari Om Kicau.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

13 Comments

  1. hati2 sama tangan2 jail kalo pas ngembun-ngembunin burung pas subuh dan di tinggal tdr lagi, pengalaman tetangga taun lalu begitu, makasih

  2. merawat burung lebih menyenangkan saat ramadhan seperti saya yg nyangkul pulang lebih awal, jd bisa lebih menikmati perawatan sambil menunggu beduq buka puasa… selamat menunaikan ibadah puasa ramadhan 1431H buat rekan2 pengkicaumania…juga tim redaksi omkicau…

  3. salam burung sehat
    Saya puandu,
    Baru2 ini saya membuat blog dg url lestarikanburung.blogspot.com, mohon pencerahan agar blog saya banyak dikunjungi seperti OmKicau. Terima kasih

Komentar ditutup.