Berkunjung ke markas James Bond di TJM BF Bogor

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

James Bond yang satu ini memang bukan agen spionase karangan Ian Fleming yang amat kesohor, baik dalam novel maupun film spy. Meski sama-sama jagoan, James Bond yang dimaksud di sini adalah kenari yorkshire (YS) milik Om Joko TJM / Om Fahmi BJSF.

Om Joko TJM Bird Farm Bogor
Om Joko TJM sukses sebagai importir dan breeding kenari YS.

TJM Bird Farm milik Om Joko dikenal sebagai spesialis kenari YS. Selain beternak, dia juga kerap mendatangkan kenari YS impor unggulan.

Belum lama ini, dia bermitra dengan Om Fahmi Rukmana dari Bintang Jagad SF (BJSF) Depok untuk memboyong kenari Gladiator (YS jawara ring BOF 2012) dari Om Benny SP / Ko Ameng (Jakarta).

Burung inilah yang kemudian berganti nama jadi kenari James Bond, dan selalu moncer dalam setiap even yang diikutinya. James Bond sekarang disimpan di markas kawasan Pasar Anyar, Kota Bogor.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

( lihat juga Video dan audio kenari James Bond )

Kenari James Bond
James Bond, bintang baru TJM / BJSF

Di tempat ini juga ada beberapa kenari jawara lainnya, seperti Nakula dan Sadewa. Sama seperti James Bond, Nakula juga merupakan YS impor berkode ring BOF 2012.

James Bond, Nakula, dan Sadewa baru saja menjuarai even Imlek Cup 2566 di Lapangan Banteng Jakarta, Minggu (1/3). James Bond dua kali meraih juara 1 dan sekali juara 2, sementara Sadewa dan Nakula masing-masing juara 5 dan 6.

Kenari Nakula
Kenari Nakula, jawara lomba sekaligus pejantan tangguh.

Sejak dulu, TJM memang sering menghasilkan kenari jawara, termasuk Neymar dan Van Persie yang kini di tangan Om Fahmi. Ada lagi Janur Kuning yang juga berada di tangan pemain lainnya.

Khusus untuk burung-burung lomba, Om Joko kerap bermitra dengan Om Fahmi. Seperti halnya James Bond yang mana “sahamnya” menjadi milik berdua.

Sebulan sekali, TJM mendatangkan kenari YS dari berbagai negara. Ini untuk memenuhi permintaan para pemain lomba, agen kenari impor, hingga pedagang eceran.

Om Joko sudah lama menggeluti kenari YS, tepatnya sejak tahun 1996. “Ketika itu, harga YS masih sekitar enam ratus ribu rupiah,” ujarnya.

TJM Bird Farm Bogor
Kenari-kenari YS impor yang baru saja datang.

Silangkan YS dengan larquet dan scoth fancy

Selain menjadi importir kenari YS, Om Joko TJM juga sukses dalam breeding kenari. Ada ratusan pasang induk kenari, khususnya jenis YS dan F Series (F1, F2, F3, F4).

Sebagian induk YS dikawinkan dengan sesama YS, sebagian lagi dikawinkan dengan F Series. Tetapi ada juga induk YS yang disilangkan dengan kenari larquet dan scoth fancy.

Untuk silangan ini, Om Joko menggunakan YS betina, sedangkan larquet dan scoth fancy berjenis kelamin jantan. Seperti diketahui, larquet dan scoth fancy memiliki postur bagus.

Kenari larquet
Kenari jantan jenis larquet disilangkan dengan YS betina.

“Persilangan ini akan menghasilkan anakan istimewa. Sebab tidak hanya memiliki postur bagus seperti bapaknya, tetapi juga materi lagunya mewah seperti yorkshire,” tambah Om Joko.

Beberapa burung yang saat ini masih aktif dilombakan juga dijadikan indukan, misalnya Nakula dan Sadewa. Keduanya sudah mempunyai beberapa anakan. “Kenari James Bond nantinya juga bakal dikawinkan untuk menghasilkan anakan trah juara, “ kata Om Joko.

Jadi, bagi kenarimania yang ingin memiliki trah juara, silakan datang langsung ke markas TJM di Jl Sawojajar No 22 B, Pasar Anyar, Kota Bogor.

Puluhan kenari YS impor maupun hasil breeding sendiri memenuhi showroom tersebut. Anda bisa memantau dan mendengar lagu-lagunya secara langsung.

Stan TJM Bird Farm
Stan TJM dalam sebuah pameran burung berkicau.

Harga kenari di TJM BF bervariasi. Kenari YS impor jantan dan sudah bunyi dibanderol sekitar Rp 6 juta – Rp 8 juta per ekor. YS impor betina Rp 3 juta –  Rp 5 juta.

Adapun YS lokal dibanderol paling murah Rp 5 juta. Anakan F1 Rp 1 juta, F2 Rp 2 juta, dan F3 Rp 3 juta. “Harga tergantung postur,” tandasnya. (d’one)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.