Om Budi Herianto: Agen produk Om Kicau di Pekanbaru sukses beternak murai batu

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Gembira sekali Om Kicau, ketika semalam menerima email dari Om Budi Herianto, agen produk Om Kicau di Pekanbaru, sekaligus pemilik Dr.K Bird Shop, Jl Paus No 505 D Pekanbaru – Riau (0813 9651 8181 / Pin BB 524BA50A). Dia tak hanya menjual produk Om Kicau untuk sobat kicaumania di Pekanbaru dan sekitarnya, tetapi juga menggunakannya untuk breeding murai batu dan lovebird, dan menuai sukses.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

“Salam hangat buat redaksi Om Kicau. Saya ingin berbagi pengalaman, atau lebih tepatnya ingin mengungkapkan kegembiraan dan nikmat syukur yang saya dapatkan dari penangkaran murai batu dan lovebird yang sudah berjalan sejak tahun 2010,” begitu kata Om Budi dalam emailnya.

Awalnya, dia beternak sekadar coba-coba, untuk penyaluran hobi saja. Sebab bisnis utamanya ketika itu hanya mengelola Dr.K Bird Shop, dan kebetulan menjadi agen produk Om Kicau di Pekanbaru.

Agen produk Om Kicau di Pekanbaru
Dr.K Bird Shop, agen produk Om Kicau di Pekanbaru

Untuk mendukung produktivitas indukan, juga perawatan anakan dan calon indukan, Om Budi lantas mencoba langsung sejumlah produk Om Kicau seperti BirdMature, BirdVit, BirdMineral, FreshAves, dan lain-lain.

Dari petunjuk pemakaian yang ada dalam brosur, Om Budi faham betul kemanfaatan dari beberapa produk tersebur. BirdMature, misalnya, dapat meningkatkan produktivitas indukan, meningkatkan fertilitas, meningkatkan daya tetas (hatchability), serta meningkatkan daya tahan tubuh anakan yang baru menetas.

Kandang ternak murai batu ukuran 1x1x1 m3
Kandang ternak murai batu Dr.K Bird Shop ukuran 1 x 1 m2, tinggi 2 meter.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Adapun BirdVit dan BirdMineral merupakan multivitamin dan multimineral yang sangat diperlukan untuk burung-burung dalam sangkar / kandang. Sebab kecukupan vitamin dan mineral pada burung-burung peliharaan sangat tergantung dari pakan yang diberikan.

( lihat juga Sebagian besar burung piaraan kekurangan vitamin A, D, dan kalsium )

Vitamin dan mineral sangat diperlukan untuk burung-burung indukan, anakan, hingga burung remaja dan dewasa. Kecukupan vitamin sangat mempengaruhi kondisi fit atau tidak fit pada burung, dan itu menentukan pula kerajinan bunyi / kegacoran burung.

Kandang ternak murai batu ukuran 1 x 2 m2, tinggi 2 meter
Kandang ternak murai batu Dr.K Bird Shop ukuran 1 x 2 m2, tinggi 2 meter.

FreshAves juga sangat penting untuk burung-burung dalam sangkar / kandang. Produk ini termasuk desinfektan khusus burung, yang aman bagi manusia maupun burung itu sendiri, tapi sangat efektif dalam membasmi semua agen penyakit (kecuali virus).

Jadi jika ada agen penyakit seperti bakteri, jamur, dan parasit (cacing, kutu, tungau) masuk ke dalam kandang atau menyelinap ke bagian dalam bulu serta permukaan kulit, semprot saja dengan larutan FreshAves. Dosisnya 5 gram serbuk FreshAves dilarutkan dalam 1 liter air bersih.

“Hasilnya benar-benar ampuh. Meski baru memiliki 10 pasangan induk murai batu,  tapi semua sudah berproduksi. Setiap bulan saya bisa memanen rata-rata 25 ekor anakan yang sehat-sehat dan berkualitas,” tambah Om Budi.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

anakan murai batu
Setiap bulan memanen 25 ekor anakan murai batu.

Biasanya Om Budi menjual trotolan murai batu jika sudah berumur 1,5 bulan. Harga trotolan jantan bervariasi mulai Rp 2,5 juta / ekor, sementara betina mulai Rp 1,5 juta per ekor.

Semua trotolan murai batu di kandang ternak Om Budi memiliki postur besar dan ekor panjang. Hal ini tidak mengherankan, karena indukan yang digunakan merupakan murai batu dari Aceh, Medan, dan Pasaman.

induk murai batu jantan asal Medan
Induk murai batu jantan asal Medan

Produk anakan murai batunya laris-manis, bahkan banyak pembeli yang harus antre atau indent. Jika permintaan terlalu over, biasanya pembeli harus indent paling cepat satu bulan.

Kini Om Budi sedang membangun 8 petak kandang baru, karena tidak tega melihat antrean pembeli yang terlalu lama. Secara teknis, sebenarnya dia bisa saja membangun kandang baru hingga 20 petak atau lebih.

“Namun untuk sementara tidak saya lakukan, karena saya lebih mengutamakan kualitas indukan dan kualitas anakan, demi menjaga kepercayaan pembeli,” jelasnya.

induk murai batu jantan asal Aceh
Induk murai batu jantan asal Aceh

Keberhasilan Om Budi dalam beternak murai batu dan lovebird ternyata turut meningkatkan omzet Dr.K Bird Shop. Pasalnya, dia tak sekadar menjual produk Om Kicau, tetapi sudah menggunakan dan membuktikan sendiri manfaatnya.

“Semoga kisah saya ini bisa memotivasi teman-teman kicaumania lainnya uang ingin beternak murai batu, lovebird, dan jenis burung kicauan yang lain. Yang terpenting, gunakan produk Om Kicau sesuai dengan dosis atau aturan pakai yang dianjurkan,” tandas Om Budi.

Trotolan murai batu umur 3 minggu
Trotolan murai batu umur 3 minggu

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.