Pamor lovebird di arena lomba burung berkicau memang terus bersinar. Buktinya, hampir semua EO membuka kelas lovebird lebih banyak daripada jenis burung berkicau lainnya. Setiap blok juga punya jawara masing-masing, mulai dari lovebird Dewi Sri (Blok Timur), Kusumo (Blok Tengah), hingga Jalal di Blok Barat.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Lovebird Jalal menjadi rival terberat Kusumo dalam even-even nasional.

Secara keseluruhan, melihat prestasinya di sejumlah even nasional sejak awal tahun 2015, lovebird Kusumo milik H Sigit WMP Klaten masih yang terbaik di Indonesia. Burung ini kerap meraih hattrick, quattrick, quintrick, hingga pentatrick dalam even-even nasional.

Namun lovebird Jalal milik Om Ade Sulistio (KKLB Bandung) tak bisa dianggap remeh. Beberapa kali burung ini mampu mengalahkan lovehird Kusumo, misalnya dalam Asia Afrika Cup di Bandung (26/4) dan BnR Award 2015 di Jakarta (7/6).

Tanpa bermaksud menafikan eksistensi lovebird-lovebird jawara lainnya, boleh dibilang lovebird Jalal kini menjadi pesaing berat Kusumo dalam berbagai even nasional. Kendati rekornya masih di bawah Kusumo, Jalal termasuk segelintir lovebird yang pernah mengungguli Kusumo.

Bagi sobat kicaumania yang penasaran ingin melihat aksi lovebird Jalal di lapangan, berikut ini video yang direkam Om Ade Sulistio dalam Latber Exclusive BnR Pasadena, Bandung, 12 Juni 2015.

Video lovebird Jalal | Download